• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Rasa percaya diri yang berlebih tentu tidak bagus untuk seseorang. Meski begitu, kondisi kurangnya rasa percaya diri, apalagi jika cukup parah, tentu juga dapat menjadi penghambat dalam kehidupanmu.

Agar krisis percaya diri yang kamu alami tidak semakin larut, cobalah lakukan beberapa cara di bawah ini. Catat baik-baik, ya!

1. Hindari Membandingkan Diri dengan Orang Lain

cara meningkatkan kepercayaan diri OkayDoc

Sering membandingkan diri dengan orang lain dapat merusak rasa percaya dirimu - OkayDoc

Prinsip utama untuk menumbuhkan dan meningkatkan rasa percaya diri seseorang, yakni berhenti membandingkan diri dengan orang lain. Mengukur kemampuan dengan orang lain tidak akan ada habisnya.

Kebiasaan sering menyamaratakan kemampuan diri dengan orang lain dapat merusak harga diri dan mengecilkan rasa percaya dirimu. Dampak negatif lainnya bisa memicu stres berkepanjangan yang tidak baik bagi kondisi mental maupun fisik.

Jadi, sebaiknya sadarilah nilai positif dalam diri dan banggalah dengan kelebihan maupun kekurangan dalam dirimu. Percayalah jika kamu memang orang hebat yang pantas mencapai kesuksesan. Ketika kamu mulai mencintai kepribadianmu, niscaya rasa percaya diri itu akan berkembang dalam dirimu.

2. Cobalah Keluar dari Zona Nyamanmu

cara-meningkatkan-kepercayaan-diri--OkayDoc

Melakukan aktivitas di luar zona nyaman merupakan cara meningkatkan kepercayaan diri - OkayDoc

Menantang diri ke luar dari zona nyaman tentu bukan perkara mudah. Namun, belajarlah untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat dan berdampak baik bagi kehidupan, terutama di sekitarmu.

Kamu bisa memulainya dari hal kecil seperti membantu orang lain menyelesaikan pekerjaan rumah, bersosialisasi ke panti asuhan, atau membentuk komunitas untuk membantu para penyandang disabilitas dengan murah hati.

Ketika seseorang dapat memberi perubahan bagi dunia orang lain, secara tidak sadar hal ini juga akan membangun rasa percaya dirinya. Tidak hanya itu, membantu orang lain juga akan memberikan kepuasan jiwa dan menerbitkan empati yang berdampak positif bagi pribadi seseorang.

3. Mulailah Rutin Berolahraga

cara-meningkatkan-kepercayaan-diri-OkayDoc

Olahraga membantu mengeluarkan senyawa endorfin yang memberis semangat positif dalam dirimu - OkayDoc

Melakukan aktivitas fisik tidak hanya berdampak besar bagi kesehatan tubuh, namun juga dapat memberantas rasa pesimis dalam diri. Saat kamu terlibat dalam olahraga, tubuh melepaskan senyawa endorfin.

Senyawa endorfin berfungsi untuk menjaga suasana hati tetap bahagia. Para pakar menemukan jika produksi endorfin meningkat, hal ini dapat memicu semangat positif dalam diri seseorang yang berpengaruh pada rasa percaya dirinya.

Sebagai permulaan, kamu bisa mencoba olahraga ringan seperti jogging atau berolahraga di pusat kebugaran. Ketika kamu menjadikan olahraga sebagai rutinitasmu, tidak hanya energi, performa, dan kesehatan yang kamu dapatkan, namun juga kestabilan emosi yang membuatmu siap menghadapi hal baru.

Baca juga: 6 Manfaat Olahraga yang Bikin Tubuh Semakin Sehat

4. Perhatikan Penampilanmu

cara-meningkatkan-kepercayaan-diri--OkayDoc

Cara meningkatkan kepercayaan diri bisa dimulai dari penampilan - OkayDoc

Terkadang, seseorang sering minder karena penampilannya yang kurang menarik. Misalnya seperti bajunya yang lusuh, rambut acak-acakan atau munculnya jerawat di wajah.

Karenanya, cobalah untuk memerhatikan kebersihan dan merawat dirimu. Tidak perlu dengan cara yang rumit, mulailah dengan merapikan cara berpakaian, menjaga kebersihan tubuh, dan meluangkan waktu untuk memanjakan diri sebagai bentuk penghargaan kepada dirimu.

Sadarlah jika kamu berhak tampil menarik, namun pastikan untuk tidak menyiksa diri berlebihan. Dengan pemikiran tersebut, maka rasa percaya dirimu juga akan meningkat maksimal seiring berjalannya waktu.

5. Raih Kepercayaan Diri dengan Selalu Bersyukur

cara meningkatkan kepercayaan diri

Bersyukur atas hal-hal positif yang terjadi dalam hidupmu merupakan cara meningkatkan kepercayaan diri - OkayDoc

Bersyukur merupakan salah satu kunci utama percaya diri. Mensyukuri apa yang terjadi dan diberikan kepadamu bisa mendatangkan rasa optimis karena seseorang sadar bahwa apa yang dimilikinya saat ini merupakan anugerah untuk mencapai puncak kesuksesan di masa mendatang.

Baca juga: Menjadi Lebih Baik Berkat Kekuatan Berpikir Positif

Itulah beberapa cara meningkatkan percaya diri yang bisa kamu terapkan sehari-hari. Berawal dari kepercayaan diri, seseorang mampu mengembangkan citra diri dan membangun pribadi yang positif pula. Semoga tips di atas bermanfaat, ya!

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Psikologi
Coba Jawab 24 Pertanyaan Tes Psikopat Ini Kalau Berani
Veronica
21 Sep 2018
Psikologi
3 Tujuan Tes Psikologi Kejiwaan yang Perlu Diketahui
Raditya Wardana
03 Jul 2017
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...