• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Deretan kesibukan terkadang menyita banyak waktumu. Apalagi ketika mendekati deadline. Tak jarang, rasa cemas dan panik membuatmu sulit berkonsentrasi. Hadapi kondisi tersebut dengan cara meningkatkan fokus bekerja.

Ada berbagai cara sehat untuk meningkatkan fokus supaya kamu dapat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dengan performa yang maksimal. Namun, perhatikan dahulu beberapa penyebab di bawah ini yang membuatmu sulit berkonsentrasi.

Cari Tahu Penyebab Kehilangan Fokus Bekerja

cara-meningkatkan-fokus-bekerja-OkayDoc

Kebiasaan begadang dapat membuatmu sulit fokus saat bekerja - OkayDoc

Jika kamu memiliki masalah dalam berkonsentrasi, berikut beberapa hal yang mungkin menjadi faktor pemicunya:

  • Kurang tidur

Daya konsentrasi seseorang berhubungan erat dengan kualitas istirahat di malam hari. Orang dewasa pada umumnya membutuhkan waktu tidur 7-9 jam per harinya.

Ketika kamu kerap tidak mendapatkannya, hal ini akan memengaruhi kinerja otak dalam mencerna informasi dan memori. Kondisi ini tentunya akan mengganggu performa dalam bekerja.

Stres merupakan respon alami tubuh ketika berhadapan dengan hal yang dianggap berbahaya atau mengancam dirinya.

Hal ini dapat menyebabkan hormon kortisol diproduksi berlebihan jika kadarnya terus tinggi dalam jangka panjang, berisiko berakibat pada berbagai kondisi kesehatan. Contohnya seperti gangguan tidur, kekurangan energi, hingga melemahnya memori otak.

  • Pola makan tidak teratur

Kesibukan kerap membuat seseorang lupa makan. Membiarkan tubuhmu tanpa asupan makanan dalam waktu lama dapat memicu munculnya hipoglikemia.

Keadaan tersebut menandakan rendahnya kadar gula dalam darah. Padahal, otak bergantung pada glukosa untuk menjalankan fungsinya.

Baca juga: Sering Makan Tidak Teratur? Begini Dampaknya Pada Tubuh!

Cara Meningkatkan Fokus Bekerja

cara-meningkatkan-fokus-bekerja-OkayDoc

Cara meningkatkan fokus bekerja dapat dilakukan dengan memenuhi asupan makanan bergizi - OkayDoc

Meningkatkan konsentrasi dalam bekerja sebenarnya tidak sulit, namun memerlukan disiplin tinggi untuk menjalankannya. Kamu dapat memulai meningkatkan fokus bekerja dengan melakukan hal-hal sederhana ini.

1. Terapkan Sarapan Bernutrisi Setiap Hari

Menciptakan kebiasaan makan di pagi hari dapat memupuk kebiasaan sehat dan bisa membangun konsentrasi perlahan. Saat asupan nutrisi tercukupi dengan baik, maka kerja otak juga akan berfungsi secara optimal.

Karenanya, kamu perlu memenuhi asupan makanan pendukungnya. Biji-bijian, gandum utuh, ikan kaya omega 3, buah-buahan hingga secangkir teh hangat dapat menjadi pilihan.

Untuk memulai hari, kamu bisa mengonsumsi semangkuk oatmeal dengan buah-buahan kaya antioksidan seperti bluberi atau stroberi. Selain itu satu cangkir oatmeal berukuran 30 g hanya mengandung 117 kalori, 17 g protein dan 11 g serat yang cocok sebagai sarapan bernutrisi di pagi hari.

Alternatif menu sarapan sehat lainnya bisa kamu dapatkan dari buah alpukat. Alpukat kaya akan lemak baik yang membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Aliran darah yang lancar menuju otak memberi kontribusi pada kesehatan organ penting ini. Selain itu, alpukat termasuk tinggi kalori sehingga bisa memberimu cukup energi untuk bekerja di pagi hari.

2. Penuhi Kebutuhan Cairan

Upaya lain untuk manajemen fokus bisa kamu dapatkan dengan banyak mengonsumsi air mineral, yaitu sebanyak 8 gelas sehari. Ini karena ketika tubuh kekurangan cairan, maka akan berdampak pada kinerja otak yang melambat.

Di sisi lain, asupan cairan yang cukup juga membantu menurunkan risiko munculnya dehidrasi hingga batu ginjal. Oleh sebab itu, cukupi pasokan cairan dalam tubuh agar kamu jauh dari penyakit.

3. Buatlah Daftar Prioritas

Kadang, gagal fokus bisa disebabkan karena kamu dituntut mengerjakan banyak hal dalam satu waktu. Mengerjakan banyak hal dalam satu waktu atau multitasking memaksa otak untuk bekerja lebih keras memfokuskan pada hal yang berbeda-beda.

Agar hasilnya maksimal, kamu bisa mulai dengan tugas yang paling sulit dan mendesak. Kemudian diikuti dengan mengerjakan bagian yang mudah.

cara-meningkatkan-fokus-bekerja-OkayDoc

Berolahraga merupakan cara meningkatkan fokus bekerja yang efektif - OkayDoc

4. Alokasikan Waktumu untuk Berolahraga dan Meditasi

Olahraga memiliki banyak manfaat yang bisa membantumu meningkatkan fokus dalam bekerja. Kegiatan fisik ini dapat melancarkan peredaran oksigen ke seluruh tubuh, termasuk merangsang sel-sel baru di area hipokampus otak.`

Dengan peredaran darah yang lancar, maka kamu akan memiliki daya ingat yang lebih kuat dan tetap mampu berkonsentrasi saat bekerja. Dalam hal ini, kamu tidak perlu memilih olahraga yang berat. Jalan kaki sudah cukup untuk meningkatkan fokusmu dalam bekerja.

Selain olahraga, sisihkan waktu senggang untuk melakukan meditasi. Sudah sejak lama meditasi dipercaya dapat meningkatkan kekuatan memori dan konsentrasi. Cobalah istirahat sejenak dan tarik napas dalam-dalam di sela kesibukanmu.

Untuk mendukung aktivitas ini, carilah tempat yang tenang dan nyaman. Kamu bisa melakukan meditasi di ruangan atau lokasi yang sepi pengunjung sambil membayangkan indahnya deburan ombak di pantai atau tenangnya suasana di padang rumput. Lakukan aktivitas ini secara teratur dan lihat perubahannya!

Baca juga: 6 Manfaat Olahraga yang Bikin Tubuh Semakin Sehat

Memfokuskan diri dalam bekerja terkadang memang sulit, namun bukannya tidak mungkin dilakukan. Dengan mengetahui faktor penyebab dan menerapkan beberapa cara di atas, niscaya kamu akan tetap tenang dalam menyelesaikan pekerjaanmu.

Ayo, kembalikan semangat dan produktivitasmu dengan cara meningkatkan fokus bekerja yang efektif!

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...