• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Memiliki tinggi badan ideal tentu menjadi impian banyak orang. Beruntung, terdapat beragam cara meninggikan badan yang dapat dilakukan selagi kamu masih dalam masa pertumbuhan.

Harus diakui bahwa faktor genetik memang berkontribusi pada tinggi badan setidaknya 60 hingga 80 persen. Namun, jangan abaikan faktor seperti nutrisi dan olahraga karena hal ini masih dapat dikontrol agar pertumbuhan yang maksimal dapat tercapai.

Selain ketiga hal tersebut, faktor lain seperti produksi hormon dan waktu tidur juga dapat memengaruhi pertumbuhan seseorang. Semakin dini dimulainya usaha untuk menambah tinggi badan, maka hasil yang tercapai akan semakin maksimal.

Cara Meninggikan Badan Secara Alami

cara-meninggikan-badan-olahraga.jpg

Meninggikan badan bisa kamu lakukan dengan olahraga dan konsumsi makanan sehat - OkayDoc

Guna mendapatkan badan yang tinggi tanpa menggantungkan diri pada faktor genetik, beberapa langkah alami berikut ini bisa dilakukan:

Penuhi Asupan Senyawa Berikut

Salah satu nutrisi yang penting untuk pertumbuhan badan adalah protein. Senyawa ini penting guna meningkatkan pertumbuhan otot dan tulang sehat. Selain itu, kalsium yang berperan untuk meningkatkan kesehatan tulang juga perlu dicukupi.

Senyawa lain yang penting untuk dipenuhi adalah zinc yang jika tubuh mengalami kekurangan dapat menghambat pertumbuhan, terutama pada lelaki.

Selain itu, jangan lupa juga untuk memenuhi kebutuhan vitamin D. Vitamin tersebut penting untuk menunjang pertumbuhan tulang dan otot terutama pada anak-anak dan remaja. Makanan yang dapat menjadi sumber nutrisi ini antara lain adalah, ikan tuna dan kuning telur.

Mengonsumsi makanan seperti buah, sayur, serta susu juga penting untuk membantu memaksimalkan pertumbuhan tinggi badan. Asupan makanan dan minuman yang mengandung gula serta lemak berlebih juga sebaiknya dibatasi.

Baca Juga: Ini Dia Makanan yang Mengandung Kalsium Selain Susu! 

Olahraga

Olahraga pada masa remaja atau puber berperan penting dalam mempertinggi badan. Melakukan olahraga secara teratur setidaknya 30 menit per hari akan membuatmu lebih tinggi dibanding remaja seumuran kendati berasal dari orang tua yang tidak tinggi.

Tidak perlu memilih olahraga yang sulit, olahraga mandiri di rumah seperti lompat tali (skipping), bersepeda, lari, serta berenang bisa dilakukan. Jika perlu, kamu juga bisa berolahraga dengan bantuan instruktur seperti yoga.

Selain olahraga mandiri, masa puber juga bisa dihabiskan dengan bergabung pada salah satu klub olahraga di sekolahmu. Ini adalah sarana yang paling tepat untuk mempertinggi badanmu.

tidur-nyenyak-OkayDoc.jpg

Cukup tidur bisa juga menjadi cara meninggikan badan yang bisa kamu lakukan - OkayDoc

Cukupi Kebutuhan Tidur

Ketika tidur, tubuh sedang mengalami pertumbuhan yang optimal. Agar pertumbuhan tubuh berjalan dengan baik, usahakan hindari bergadang atau mengurangi waktu tidur. Bagi remaja, waktu tidur ideal adalah 8-10 jam.

Bukan hanya lamanya tidur, kualitasnya pun harus diperhatikan. Berdasarkan penelitian, hormon pertumbuhan manusia diproduksi secara alami saat tidur. Makin lelap tidur, makin optimal produksi hormon ini.

Hindari Perilaku Buruk

Mengonsumsi alkohol atau obat-obatan terlarang saat remaja adalah perilaku yang merugikan pertumbuhan tubuh sehingga pemakainya cenderung bertubuh kerdil.

Kafein juga sebaiknya dihindari karena bisa membuat kualitas dan kuantitas tidur berkurang. Rokok juga dianggap memberikan efek yang buruk terhadap pertumbuhan remaja sehingga menjauhinya adalah jalan terbaik.

cara meninggikan badan OkayDoc

Duduk tegak dengan kaki menempel pada lantai merupakan postur yang baik yang dapat membuatmu tampak lebih tinggi - OkayDoc

Mempraktikan Postur Tubuh yang Benar

Sering membungkuk dapat membuatmu tampak lebih pendek dari ukuran tinggimu yang sebenarnya. Bahkan kondisi ini bisa memengaruhi bentuk tubuhmu di kemudian hari.

Oleh karena itu, cobalah duduk dan berdiri dengan tegak. Hindari menyilangkan kaki saat berdiri maupun duduk. Bila kamu diharuskan duduk dalam jangka waktu lama, sanggahan seperti bantal di punggung bagian bawah bisa membantumu untuk duduk dengan tegak.

Selalu mempraktikkan posisi berdiri, duduk, ataupun tidur dengan baik dan benar tidak hanya memperbaiki postur tubuhmu, namun juga dapat mencegah sakit kepala ataupun sakit punggung akibat suka membungkukkan badan.

Melakukan Beberapa Trik Agar Tampak Lebih Tinggi

Apa yang kamu kenakan bisa memengaruhi bagaimana orang lain menilai tinggi badanmu. Berikut beberapa trik yang dapat kamu terapkan agar tampak lebih tinggi.

Pakaian yang Pas dengan Badan. Pakaian ini akan menonjolkan garis-garis tubuhmu sehingga kamu tampak lebih tinggi. Namun ingat, tetap gunakan pakaian yang menurutmu nyaman.

Pakaian Berwarna Gelap. Pakaian ini dapat membuatmu tampak lebih langsing sehingga secara tidak langsung membuatmu terlihat lebih tinggi. Warna-warna gelap seperti hitam, biru atau hijau tua dapat kamu pilih.

Pakaian Berpola Garis Vertikal. Pakaian ini membuatmu tampak lebih tinggi dari tinggimu yang sebenarnya. Namun ingat, jangan kenakan pakaian bergaris horizontal karena justru akan membuatmu tampak lebih gemuk dan pendek.

Tinggi Badan dan Pengaruh Hormon Pertumbuhan

cara-meninggikan-badan-terapi-hormon.jpg

Terapi hormon bertujuan untuk mengatasi kurangnya produksi HGH dalam tubuh seseorang - OkayDoc

Human Growth Hormone (HGH) memiliki peran penting dalam masa pertumbuhan anak-anak. Pada beberapa kasus, seseorang dapat mengalami kekurangan hormon ini sehingga pertumbuhan tinggi badannya terhambat.

Jika dirimu terbukti mengalami defisiensi hormon pertumbuhan ini, hal ini dapat diatasi dengan melakukan terapi hormon, tentunya setelah mendapat rekomendasi dari dokter. Terapi dapat dilakukan dengan cara menyuntikkan HGH sesuai dengan dosis yang dibutuhkan.

Penyuntikkan hormon ini dapat dilakukan beberapa kali dalam seminggu atau setiap hari tergantung dari seberapa parahnya kekurangan hormon pertumbuhan yang dialami. Terapi hormon umumnya dilakukan selama beberapa tahun.

Orang yang menjalani terapi hormon perlu melakukan kunjungan rutin ke dokter setiap bulannya. Dokter akan melakukan pemeriksaan darah, kadar kolesterol, kadar gula darah, serta kepadatan tulang untuk melihat kondisi kesehatan tubuh.

Semakin dini terapi ini dilakukan pada anak, semakin besar kemungkinan anak tersebut akan tumbuh sesuai dengan tinggi badan idealnya saat dewasa. Selama 3 tahun pertama, tinggi badan dapat tumbuh hingga 10 cm dan 8 cm pada 2 tahun berikutnya.

Cegah Pengurangan Tinggi Badan di Usia Tua

cara-meninggikan-badan-cegah.jpg

Cegah pengurangan tinggi badan di usia tua dengan rutin berolahraga - OkayDoc

Tak hanya bisa bertambah, tinggi badan seseorang juga bisa berkurang seiring bertambahnya usia. Pasalnya, saat seseorang mencapai usia 40 tahun, muncul kemungkinan tinggi badan akan berkurang sekitar 1 cm setiap 10 tahun. Hal ini disebabkan beberapa kondisi seperti osteoporosis dan tertekannya tulang belakang.

Memang tidak banyak hal yang dapat dilakukan untuk menambah tinggi badan saat dewasa. Tapi ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah berkurangnya tinggi badan.

Adapun beberapa cara di antaranya seperti, menjaga kecukupan nutrisi seperti kalsium, olahraga teratur untuk tetap menjaga kesehatan otot, konsumsi cukup cairan, hindari rokok dan istirahat yang cukup.

Baca Juga: Jenis Kelainan Tulang Belakang yang Perlu Dimengerti

Karena masa pertumbuhan memiliki waktu yang relatif singkat, sebaiknya manfaatkan waktu tersebut sebaik mungkin. Jangan sia-siakan waktumu karena cara meninggikan badan di atas akan sangat efektif jika dilakukan saat remaja atau masa puber.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Kebugaran
Disebut Baik untuk Kulit, Ini Fakta Seputar Fungsi Vitamin E!
Annisa Trimirasti
28 Nov 2017
Kebugaran
3 Manfaat Mandi Pagi untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui
Laila Adila
11 Aug 2017
Wajah
9 Bahan Efektif untuk Mengobati Jerawat Batu
Arif Gunawan
05 Nov 2017
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...