• Penyakit
  • Obat
  • Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Konsultasi
  • Cari Rumah Sakit
  • Daftar
  • Masuk
  • Daftar
  • Masuk

Ini Dia Cara Mengobati Sinusitis yang Perlu Anda Pahami

Diverifikasi oleh Tim DokterBaBe

Cara mengobati sinusitis harus disesuaikan dengan tingkat keparahannya. Berdasarkan lama dan tingkat keparahannya, penyakit ini bisa dikelompokkan menjadi 3, yaitu sinusitis virus, akut, dan kronis.

Infeksi sinus atau sinusitis adalah pembengkakan pada ruang sinus. Pembengkakan ini akan menurunkan kemampuan hidung untuk mengeringkan cairan. Sebagai dampaknya, terjadilah penumpukan lendir yang akan menyulitkan proses bernapas.

Cara Mengobati Sinusitis Virus

cara mengobati sinusitis akibat virus

Sinusitis akibat virus tidak dapat diobati dengan antibiotik - OkayDoc

Virus penyebab sinusitis pada umumnya sama dengan virus pemicu pilek. Pilek yang parah bisa menyebabkan pembengkakan yang akan menghalangi jalur aliran lendir ke tenggorokan. Jika kondisi ini berlangsung lebih lama, sinusitis virus bisa berkembang menjadi sinusitis akut atau kronis.

Karena disebabkan oleh infeksi virus, pemberian antibiotik tidak akan berguna. Pada tingkat yang ringan, sinusitis jenis ini akan sembuh dengan sendirinya seiring pilek mereda dan infeksi berhasil dikalahkan oleh sistem kekebalan tubuh.

"Karena sinusitis virus disebabkan oleh infeksi virus, pemberian antibiotik tidak akan berguna - OkayDoc"

Meski begitu, kamu bisa melakukan sesuatu untuk membantu meredakan gejalanya. Cobalah meletakkan handuk yang dibasahi dengan air hangat pada wajahmu dan diamkan selama 10 menit.

Kamu juga bisa mengonsumsi obat bebas dari apotek untuk meredakan rasa nyeri pada hidung dan sakit kepala. Namun pastikan membaca dan mengikuti aturan pakai yang tertera pada kemasan. Jangan lupa, minum air secukupnya untuk mencegah dehidrasi.

Cara Mengobati Sinusitis Akut

cara mengobati sinusitis akut

Paracetamol dapat digunakan untuk mengobati sinusitis akut - OkayDoc

Pada umumnya, sinusitis akut disebabkan oleh infeksi virus yang berlangsung lebih lama. Sinusitis jenis ini biasa terjadi pada kurun waktu di bawah 3 bulan.

Meski kondisi sinusitis akibat virus dapat pulih dengan sendirinya, disarankan bagimu yang mengalami sinusitis akut untuk melakukan tindakan pengobatan. Konsultasikan dengan dokter mengenai kondisimu ini dan dokter biasanya akan memberikan penanganan dengan beberapa teknik.

Obat-obatan Bebas

Sebagai penanganan pertama untuk meredakan rasa nyeri akibat sinusitis, kamu bisa mengonsumsi obat berbahan paracetamol atau ibuprofen.

Kamu juga bisa mengonsumsi aspirin untuk meredakan sakit kepala, namun hindari penggunaannya untuk penderita di bawah usia remaja. Konsumsi aspirin oleh bayi, anak-anak, dan remaja dikaitkan dengan peningkatan risiko sindrom Reye.

Baca Juga: Kegunaan Paracetamol dan Tips agar Efeknya Maksimal

Obat-obatan Dekongestan

Penggunaan dekongestan sebagai obat semprot hidung disarankan melalui konsultasi dengan dokter terlebih dulu. Obat semprot ini berisiko mengakibatkan kondisi yang dialami bertambah parah jika digunakan dalam jangka panjang.

Obat Semprot Saline atau Kortikosteroid

Obat ini disemprotkan ke dalam lubang hidung beberapa kali dalam sehari untuk membersihkannya. Cairan yang digunakan bisa dibuat sendiri. Cukup campurkan 1 sendok teh garam, 1 sendok teh soda bikarbonat, dan 400 ml air putih matang.

Di samping itu, kortikosteroid cair bisa pula diandalkan. Penggunaan kortikosteroid seperti budesonide, prednisone atau dexamethasone bertujuan menangani pembengkakan sekaligus mencegahnya terjadi kembali. Konsultasikan pada dokter mengenai obat-obatan yang bisa digunakan.

Cara Mengobati Sinusitis Kronis

cara mengobati sinusitis kronis

Gunakan kortikosteroid untuk menangani sinusitis kronis - OkayDoc

Seseorang dinyatakan menderita sinusitis kronis jika sinusitis yang dialami telah berlangsung lebih lama dari 3 bulan dengan kondisi yang parah. Dokter bisa merekomendasikan pembedahan untuk menanganinya bila obat-obatan tidak memberikan dampak positif.

Pada dasarnya, tujuan pengobatan adalah meredakan pembengkakan dan gejala-gejala lain yang mengakibatkan terjadinya penumpukan lendir. Saluran untuk aliran lendir ke tenggorokan juga menjadi perhatian pada cara mengobati sinusitis kronis. Cara-cara pengobatan yang dilakukan meliputi:

Obat Kortikosteroid Minum

Obat minum kortikosteroid hanya bisa didapatkan melalui resep dokter. Penggunaannya untuk jangka panjang berisiko menimbulkan efek samping yang parah.

Meski begitu, obat jenis ini dinilai ampuh untuk mengobati pembengkakan akibat sinusitis parah yang disertai munculnya polip pada saluran sinus.

Obat Semprot Saline atau Kortikosteroid

Konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan cairan saline atau obat cair kortikosteroid untuk disemprotkan pada lubang hidung. Sebagai alternatif yang lebih kuat, dokter bisa menambahkan obat budesonide pada cairan saline.

Aspirin

Penggunaan obat aspirin guna menangani sinusitis kronis harus diberikan di bawah pengawasan dari dokter. Langkah ini bertujuan untuk mencegah overdosis atau efek samping yang berbahaya.

Baca Juga: Penyebab Hidung Tersumbat

Penggunaan antibiotik mungkin diperlukan bila hasil pemeriksaan dari dokter menunjukkan adanya infeksi bakteri yang menyebabkan sinusitis dan berisiko berkembang lebih jauh. Ingatlah untuk senantiasa menghabiskan antibiotik sesuai anjuran dari dokter guna memastikan bakteri telah mati seluruhnya.

Bagimu yang mengalami sinusitis akibat alergi, dokter akan memberikan suntik imunoterapi sebagai cara mengobati sinusitis paling tepat. Diharapkan, obat suntik imunoterapi dapat mengurangi reaksi alami tubuhmu terhadap alergen.

Dengan mengetahui beragam cara mengobati sinusitis di atas, kamu diharapkan lebih waspada dan tidak sembarangan memakai obat. Konsultasi dengan dokter sangatlah penting agar penyebab sinusitis bisa diketahui secara akurat dan pengobatannya tepat guna.

Diverifikasi oleh Tim DokterBaBe
Komentar
Artikel Terkait
Gangguan Kesehatan
13 Jul 2018
7 Ciri-Ciri Sinusitis dan Cara Mengobatinya agar Kembali Lega
Rabbani Haddawi
Gangguan Kesehatan
05 May 2018
Kenali Beda Gejala Sinusitis dan Flu agar Tak Salah Tanggap
Diah Ayu Lestari
Gangguan Kesehatan
15 Jul 2018
Bahaya Sinusitis: Mulai dari Infeksi Hingga Mengancam Nyawa
Vivi Hermin
Gangguan Kesehatan
19 Jul 2018
Ketahui Kapan Jenis Operasi Sinusitis Diperlukan dan Risikonya
Rabbani Haddawi
Pengobatan
13 Dec 2017
Ingatlah Cara Mengobati Kelenjar Getah Bening yang Membengkak Ini
Dedi Irawan
Pengobatan
10 Jan 2018
Gondok? Ini Cara Mengobati Kelenjar Tiroid yang Membengkak!
Maya Ligina
Memuat...
Konsultasi
Memuat...