• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Sariawan bisa munculnya di sekitar dinding mulut, bibir, atau bahkan lidah. Meski tidak berbahaya, sariawan bisa sangat mengganggu dan mengurangi kemampuanmu untuk merasakan makanan. Kenali cara mengobati sariawan di lidah berikut ini.

Sariawan merupakan kondisi di mana bagian mulut mengalami peradangan, yang sering disebabkan oleh infeksi jamur. Makanan pedas, terlalu asin, panas, stroberi, tomat, nanas, lemon, dan jeruk perlu dihindari agar sariawan tidak datang kembali atau bertambah parah.

9 Cara Mengobati Sariawan pada Lidah

cara mengobati sariawan di lidah OkayDoc

Sariawan di lidah dapat diatasi dengan rajin membersihkan gigi dan mulut dengan berkumur - OkayDoc

Agar kamu dapat mengatasi sariawanmu dan kamu dapat kembali makan dengan nyaman, catat cara mengobari sariawan di lidah berikut ini!

1. Gunakan Sikat Gigi Berbulu Halus

Selain menyikat gigi agar mulut tetap bersih, sikat gigi berbulu halus juga akan mencegah terjadinya iritasi pada sariawan. Dengan ini, sariawan akan pulih lebih cepat.

Gunakan juga pasta gigi yang tidak mengandung SLS (sodium lauryl sulfate). Bahan inilah yang menyebabkan pasta gigi mengeluarkan banyak busa.

2. Rajinlah Berkumur

Kamu bisa menggunakan larutan kumur yang kamu buat sendiri di rumah. Caranya mudah. Cukup campurkan 1 sendok teh garam ke dalam segelas air.

Kamu dapat pula memakai obat kumur dalam kemasan yang dijual bebas. Pilihah jenis obat kumur yang mengandung antiseptik. Selain mengobati, kandungan tersebut juga akan melindungi sariawan dari infeksi.

3. Kompres dengan Es Batu

Cara ini dilakukan untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada sariawan. Tetap ingat agar tidak langsung menempelkan es yang baru dikeluarkan dari lemari pendingin. Biarkan permukaan es sedikit cair terlebih dulu.

4. Konsumsi Yoghurt

Dengan kandungan bakteri Lactobacillus acidophilus di dalamnya, mengonsumsi yoghurt dipercaya dapat mengembalikan bakteri baik dalam tubuh. Tapi ingatlah untuk memlih produk yoghurt tanpa pemanis karena makanan atau minuman manis diyakini dapat mendorong perkembangan jamur.

5. Gunakan Salep untuk Sariawan

Selain beberapa cara di atas, kamu juga bisa menggunakan salep, gel, atau cairan obat sariawan yang mengandung beberapa bahan. Misalnya, triamcinolone atau benzokain.

aspirin-OkayDoc-pil-obat.jpg

Bila obat oles tidak mempan, obat minum bisa membantu mengatasi sariawan - OkayDoc

6. Obat Minum

Saat obat oles tidak memberikan hasil yang nyata pada sariawanmu, obat minum dapat digunakan. Misalnya, menggunakan obat dengan kandungan steroid sebagai antiinflamasi.

Meski demikian, karena risiko efek samping yang tinggi, penggunaan steroid adalah pilihan terakhir. Obat ini biasanya diberikan oleh dokter hanya pada sariawan yang parah dan tidak sembuh dengan terapi lain.

7. Suplemen Vitamin

Kamu bisa mengonsumsi vitamin B12 yang disebut dapat mengurangi rasa nyeri dan jumlah sariawan. Selain itu, vitamin B kompleks atau vitamin C juga bisa kamu coba. Kedua vitamin ini dikatakan mampu mempercepat proses penyembuhan bila dikonsumsi tidak lama setelah sariawan muncul.

8. Lidah Buaya

Tanaman ini bisa kamu oleskan pada area sariawan. Gel alami lidah buaya diyakini dapat membantu mengatasi iritasi sekaligus mengurangi radang serta rasa nyeri akibat sariawan. Penggunaan lidah buaya untuk sariawan dianggap aman meski penelitiannya masih terbatas.

9. Suplemen Zinc

dalam bentuk tablet hisap dapat kamu konsumsi untuk membantu meredakan sekaligus mempercepat proses penyembuhan sariawan. Tetapi ingat, tablet hisap ini tidak untuk anak di bawah usia 4 tahun karena tingginya risiko tersedak.

Baca Juga: Cara Tahu Arti di Balik Lidah Terasa Pahit

Jangan Biarkan Sariawan Datang Kembali

hindari makan pedas

Hindari makanan pedas, dan asam bisa memperburuk kondisi sariawanmu - OkayDoc

Setelah kamu berhasil mengatasi sariawan di lidah dengan beragam cara di atas, jangan biarkan sariawan datang kembali. Berikut ini adalah tips mencegah kembalinya sariawan yang perlu kamu ketahui.

  • Hindari makanan yang dapat mengiritasi mulut seperti makanan yang disebutkan di atas, serta keripik dan kacang-kacangan.
  • Mulai rutin mengonsumsi multi-vitamin dan ragam makanan sehat untuk menjaga kesehatan tubuh dan mulutmu.
  • Jaga kesehatan gigi dan mulut.
  • Hindari stres dan tidur yang cukup. Cara ini tidak hanya melindungimu dari sariawan, tapi juga dapat menjaga kesehatan tubuhmu.

Selain kurang terjaga kesehatan mulut, bicara saat makan juga dapat menjadi penyebab sariawan.

Pasalnya, bicara saat makan bisa membuat tidak sengaja menggigit lidah atau dinding mulut. Hal ini bisa menimbulkan risiko lidah atau bagian mulut lainnya terkena sariawan. 

Baca Juga: Cara Mengatasi Sariawan pada Bayi dengan Obat dan Alami

Meski sariawan di lidah nampak  tidak berbahaya, jangan meremehkannya. Sariawan juga bisa menjadi tanda suatu kondisi kesehatan.

Oleh karena itu, jika setelah melakukan beberapa cara mengobati sariawan di lidah sariawanmu tidak kunjung membaik, segera konsultasikan dan periksakan ke dokter.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Gangguan Kesehatan
Kenali Penyebab Kepala Sering Pusing dan Cara Mencegahnya
Vivi Hermin
19 Aug 2018
Gangguan Kesehatan
Cepat Pulih dengan 5 Tips Selama Masa Penyembuhan Amandel
Maya Ligina
19 Nov 2017
Pencegahan
Sebelum Terkena, Kenali Penyebab dan Cara Mencegah Sariawan!
Annisa Trimirasti
15 Nov 2017
Pengobatan
5 Obat Sariawan yang Ampuh dan Tanpa Repot (Alami)
Kevin Jonathan
21 Mar 2018
Anak-anak
Pentingnya Tambal Gigi Susu pada Anak
Tyas
13 Sep 2017
Gangguan Kesehatan
Sakit Gigi: Penyakit yang Menjengkelkan dan Bisa Mengancam Jiwamu
Dedi Irawan
03 Aug 2017
Gangguan Kesehatan
4 Manfaat Terapi Urine dan Fakta Sebenarnya
Dedi Irawan
24 Aug 2017
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...