• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Gigi berlubang sering tidak disadari karena tak menyakitkan di tahap awal. Namun, seiring berjalananya waktu, nyeri dan ngilu bisa muncul terutama saat makan sajian panas atau dingin. Karenanya, ketahui cara mengobati gigi berlubang dengan tepat.

Jangan pernah berpikir untuk mengabaikan lubang pada gigi. Pasalnya, lubang bisa terus membesar dan mengganggu kesehatan gigi dan gusi, bahkan organ lain.

Dengan melakukan pengobatan, kondisi ini bisa dicegah. Tak hanya itu, rasa ngilu atau nyut-nyutan yang mengganggumu saat makan pun dapat dihentikan.

Kenali Dahulu Penyebab Gigi Berlubang

cara mengobati gigi berlubang

Gigi berlubang terjadi saat enamel gigi tergerus oleh asam - OkayDoc

Gigi berlubang diawali dengan rongga kecil di permukaan gigi. Rongga ini terbentuk karena aktivitas bakteri Streptococcus mutans yang dapat mengubah gula sisa makanan yang menyangkut di gigi menjadi senyawa asam.

Senyawa ini kemudian dapat membentuk selaput di permukaan gigi yang disebut plak. Penimbunan plak pada gigi dapat menggerus lapisan luar (enamel) gigi hingga rongga terbentuk.

Kondisi yang dibiarkan bisa menyebabkan gigi berlubang bila asam akhirnya menembus lapisan gigi bagian dalam (dentin). Gigi berlubang tidak bisa diatasi secara mandiri dan perlu penanganan langsung dari dokter.

Terdapat beberapa cara mengobati gigi berlubang. Jadi, dokter gigi akan mengecek kondisimu terlebih dahulu. Pengecekan biasanya dilakukan dengan menggunakan alat pemeriksaan gigi dan rongga mulut, atau X-ray jika dibutuhkan.

Cobalah Cara Mengobati Gigi Berlubang Ini Secepatnya!

penambahan flourida

Flourida banyak ditemukan di pasta gigi, namun flourida dari dokter lebih kuat - OkayDoc

Pengobatan gigi berlubang memang sangat bergantung pada seberapa parah kondisi tersebut. Tapi, jangan coba-coba untuk membiarkannya membusuk di dalam mulut ya! Selain mengganggu penampilan karena warnanya yang menghitam, gigi berlubang juga dapat menjadi jalan masuk bakteri ke aliran darah dan menginfeksi organ dalam.

Agar tetap sehat dan cantik, terapkan 5 pilihan cara mengobati gigi berlubang sesuai tingkat keparahannya berikut ini:

1. Terapi Flouride

Pada tahap awal, saat lubang masih berukuran kecil, pilihan cara ini dapat digunakan. Flouride dapat membantu mengembalikan keutuhan lapisan enamel gigi.

Flouride akan dioleskan pada area pada gigi yang berlubang, baik ditaruh melalui wadah kecil sebesar ukuran gigi berlubang ataupun disikatkan pada gigi. Zat ini dapat berbentuk cairan, gel, ataupun busa.

Jenis flouride dari dokter ini berbeda dengan yang kamu temukan di obat kumur atau pasta gigi. Zat ini memiliki konsentrasi lebih tinggi. Meski begitu, pasta gigi dengan kandungan flouride juga sering direkomendasikan untuk mencegah gigi berlubang pada pasien yang rentan mengalami kondisi ini .

Konsultasi OkayDoc

"Dok, apakah gigi yang bolongnya sudah terlalu parah harus dicabut? Apa akibatnya jika tak dicabut? Terima kasih"

Jawaban Dokter

2. Penambalan Gigi

Bila lubang di gigi sudah mulai melebar, gigi perlu ditambal. Tambalan ini dapat dibuat dari gabungan porselen, resin, amalgam dan bahan lainnya. Bahan-bahan ini terhitung aman untuk gigi. Dan saat ini mayoritas tambalan yang digunakan pun tidak akan tampak karena berwarna seperti gigi.

crown gigi

Mahkota gigi dapat diganti dan biasanya terbuat dari emas, logam, resin dan bahan lain - OkayDoc

3. Crown Buatan

Crown (mahkota) gigi buatan mungkin dibutuhkan jika kerusakan semakin meluas di mana tidak banyak bagian gigi yang bisa diselamatkan. Pada pilihan penanganan ini, mahkota gigi yang rusak akan dibor dan diganti dengan crown buatan.

Ukuran crown ini akan disesuaikan dengan bagian yang rusak. Crown dapat terbuat dari dari porselen, emas, logam, resin, dan bahan lainnya.

4. Perawatan Akar Gigi

Bila kerusakan telah mencapai akar gigi, cara ini perlu dilakukan untuk memperbaiki dan menyelamatkan gigi yang terinfeksi atau rusak. Bagian dalam gigi yang rusak akan diangkat guna mencapai saraf akar gigi yang mau diobati. Kamu mungkin membutuhkan penambalan di atas akar gigi pasca perawatan ini.

Konsultasi DokterBabe

"Dok, saya punya gigi yang sudah berlubang 8 tahun lalu, sampai sejauh ini saya belum memutuskan untuk mencabutnya, saran baiknya gimana yah dok?"

Jawaban Dokter

5. Mencabut Gigi

Bila gigi berlubang telah parah dan tidak bisa dipertahankan lagi, gigi harus dicabut. Namun, adanya celah di antara barisan gigi setelah gigi berlubang dicabut memungkinkan gigi bergeser.

Oleh karena itu, kamu bisa mempertimbangkan pemasangan implan gigi untuk mengisi kekosongan tersebut.

Baca Juga: Ragam Obat Sakit Gigi Alami Paling Ampuh dan Mudah Dibuat!

Komplikasi Akibat Tidak Mengobati Gigi Berlubang

Bila gigi berlubang sudah parah, gigi sebaiknya segera ditangani oleh dokter gigi sebelum timbul komplikasi - OkayDoc

Membiarkan gigi berlubang tanpa perawatan dapat menimbulkan beragam komplikasi, seperti:

Gigi yang menghitam dan lemah. Pasalnya, lubang yang terus membesar juga dapat membuat mahkota gigi menjadi rapuh, mudah patah, hingga terkikis habis sampai hanya menyisakan akar yang tertancap dalam gusi.

Menyebabkan bau mulut tak sedap yang dapat menurunkan penampilan dan kepercayaan diri kamu.

Menderita penyakit pada gusi. Misalnya, gusi memerah dan bengkak karena mengalami peradangan. Gusi juga mungkin mengeluarkan darah atau nanah. Kondisi ini biasanya disertai dengan gejala demam.

Menurunkan nafsu makan karena kesulitan mengunyah. Hal ini bisa membuat asupan gizi berkurang dan dapat berisiko terutama pada anak. Selain itu, gigi berlubang pun dapat mengganggu proses pencernaan secara kimiawi di mulut

Infeksi bakteri yang menyebar ke sistem peredaran darah. Bila infeksi pada gigi berlubang sudah pada tahap parah, hal ini bisa meningkatkan risiko infeksi hingga ke jantung seperti endokarditis.

Meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat kurang bila kondisi diderita oleh wanita hamil dan sudah pada tahap menimbulkan infeksi parah.

Cara Mencegah Gigi Berlubang Secara Mandiri

Menyikat gigi setidaknya dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride- Okaydoc

Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati. Pasalnya, beberapa kondisi akibat gigi berlubang hanya dapat ditangani dengan mencabut gigi. Karenanya, penting bagimu untuk menerapkan berbagai cara pencegahan sebagai berikut:

Sikatlah gigi setidaknya dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung flouride.

Rajin membersihkan gigi dengan benang gigi atau dengan menggunakan obat kumur

Membatasi makanan dan minuman tinggi gula maupun asam termasuk dalam camilan.

Melakukan pemeriksaan ke dokter gigi secara berkala, setidaknya setiap 6 bulan sekali.

Sebelum gigi berlubang, selalu jaga kesehatan mulut dan gigi dengan baik, misalnya dengan membatasi asupan makanan tinggi gula, rajin menyikat gigi, hingga memilih pasta gigi dengan kandungan flouride.

Namun, pastikan, jika kamu sudah merasa ada lubang kecil pada gigi segeralah terapkan cara mengobati gigi berlubang di atas dengan bantuan dan rekomendasi dokter gigi.

Selain itu, periksakan juga gigi secara berkala ya agar segala masalah gigi dapat ditangani sedini mungkin.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Pengobatan
12 Obat Sakit Gigi Alami untuk Hilangkan Nyeri Berdenyut
Ayu Winarni Lanjani
30 Jul 2018
01 Jan 1970
Gangguan Kesehatan
Mengerikan, Ini Bahaya Makanan Manis Bagi Tubuh!
Vivi Hermin
08 Jul 2018
01 Jan 1970
01 Jan 1970
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...