• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Pernah mengalami kelelahan, batuk, sakit kepala, hidung tersumbat, demam, nyeri otot, sekaligus sakit tenggorokan? Mungkin kamu terkena flu. Kondisi ini bisa menghambat aktivitas sehingga cara mengobati flu secara alami penting untuk kamu ketahui.

Sebagian besar flu ditangani secara mandiri di rumah, kecuali bila gejala tak kunjung sembuh atau semakin parah. Pasalnya, infeksi saluran pernapasan atas ini disebabkan oleh virus sehingga penanganan dengan obat antibiotik kurang berpengaruh.

Cara Mengobati Flu Secara Alami

cara mengobati flu secara alami dengan istirahat

Cara mengobati flu secara alami adalah beristirahat - OkayDoc

Flu umumnya berlangsung selama 1 hingga 2 minggu, dengan gejala paling parah pada sekitar 3 hari pertama. Sebagai upaya untuk meringankan gejala sekaligus menguatkan sistem imun tubuh terhadap virus, berikut ragam hal yang bisa kamu lakukan:

1. Izin Sakit dan Perbanyak Waktu Istirahat

Flu merupakan infeksi menular sehingga kamu disarankan tidak masuk selama beberapa hari. Selain itu, virus flu dapat menyebar selama 1 hingga 4 hari pada lingkungan di sekitar orang yang telah terinfeksi.

Oleh karena itu, saat kamu sakit, beristirahatlah dan baru masuk kembali paling tidak 24 jam setelah demam dan gejala lain mereda. Istirahat membuatmu merasa lebih baik sekaligus menguatkan tubuh untuk melawan virus.

Pastikan juga kamu memiliki waktu tidur malam yang cukup. Orang dewasa disarankan untuk tidur selama 7-9 jam per hari.

2. Perbanyak Minum Air

Flu dapat memicu dehidrasi, apalagi jika disertai mual dan muntah. Maka dari itu, kamu perlu minum banyak air. Air di sini dapat berupa air mineral, jus, ataupun minuman isotonik.

Konsumsi air yang direkomendasikan adalah sekitar 8 gelas (2 Liter) per hari. Tetapi, hindari minuman yang bersifat diuretik, seperti kopi dan alkohol, karena justru memicu dehidrasi.

Kamu juga bisa minum air atau sup hangat. Tak hanya mencegah dehidrasi, sajian ini juga dapat membantu mengatasi hidung tersumbat serta melegakan rasa tak nyaman akibat peradangan pada selaput lendir hidung dan tenggorokanmu.

Setelah itu, untuk memastikan kamu telah cukup asupan air, coba periksa warna urin. Urin seharusnya berwarna kuning pucat hingga bening.

Baca Juga: Cara Mengeluarkan Dahak Membandel Secara Cepat

3. Konsumsi Makanan dan Minuman Ini

cara mengobati flu dengan jahe

Air jahe bisa meringankan gejala flu - OkayDoc

Beberapa makanan dengan bahan alami dikenal dapat membantu meredakan gejala flu. Bahan tersebut meliputi:

  • Jahe dikenal dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan batuk. Kamu dapat mencoba minum air hangat dengan menambahkan sedikit irisan akar jahe.
  • Bawang putih mengandung senyawa allicin yang memiliki sifat antibakteri. Saat flu, kamu bisa menambahkan bawang putih ke menu makan untuk membantu meredakan gejala.
  • Madu memiliki sifat antimikorba dan antibakteri. Maka dari itu, coba sesap teh dengan tambahan madu dan lemon (agar lebih segar). Cara ini dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan batuk.
  • Vitamin C yang bisa diperoleh dari jeruk, lemon, sayuran hijau dapat membantu kerja sistem imun tubuh. Kamu bisa menambahkannya ke menu makan atau minumanmu (air, teh).
  • Sup ayam dan sayuran yang hangat termasuk menu yang baik dikonsumsi ketika sakit. Makanan ini dikatakan dapat memperlambat pergerakan neutrofil (salah satu jenis sel darah putih) dalam tubuh, sehingga lebih terkonsentrasi pada bagian tubuhmu yang perlu dipulihkan. Namun ingatlah agar tidak menambahkan banyak garam ke dalam sup.
  • Probiotik. Selain terdapat dalam ususmu, bakteri baik ini juga bisa kamu temukan dalam beberapa makanan (seperti, yoghurt, tempe, dan kimchi) dan suplemen. Probiotik akan membantumu dalam menjaga sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penyakit, khususnya infeksi pada saluran napas bagian atas.
  • Akar echinacea yang bisa diseduh menjadi teh. Herba ini dikenal mengandung flavonoid yang dapat meningkatkan sistem imun dan mengurangi peradangan, sehingga bisa mempercepat kesembuhan pada penderita pilek. Risikomu untuk terkena pilek juga dikatakan akan menurun jika mengonsumsinya. Meski demikian, masih perlu penelitian yang lebih luas mengenai manfaat ini.

cara mengobati flu secara alami

Melembapkan area tempat tinggal bisa jadi cara mengobati flu secara alami - OkayDoc

4. Buat Udara Tempat Tinggal Lebih Lembap dan Hangat

Virus flu lebih mudah menyebar di lingkungan yang kering. Oleh karena itu, coba buat ruang tempat tinggalmu lebih lembap.

Kelembapan juga dapat mengurangi radang pada saluran hidung sehingga kamu menjadi lebih mudah bernapas. Sebagai saran, kamu bisa memasang alat pelembap udara (humidifier) atau cukup menghirup uap dari air panas.

Selain itu, bila kamu demam, coba buat tubuhmu menjadi lebih hangat, misalnya dengan mandi atau mengompresnya dengan air hangat. Cara ini akan membuatmu merasa lebih nyaman. Kompres hangat pada area dahi dan hidung juga bisa meringankan sakit kepala.

5. Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan hidung tersumbat. Pasalnya, air garam membantu mengencerkan lendir kental yang mungkin menumpuk di bagian belakang tenggorokanmu.

Kamu bisa mencampurkan 1 sendok teh garam dalam segelas air hangat dan berkumur dengan larutan tersebut. Kamu juga boleh berkumur lagi dengan teh atau campuran air, lemon dan madu, agar tenggorokan tidak terlalu gatal setelah berkumur dengan air garam.

Tips untuk Mempercepat Kesembuhan Flu

lozenges-OkayDoc.jpg

Coba hisap permen lozenges saat flu - OkayDoc

Selain lima hal di atas, beberapa saran berikut juga dapat membantu meredakan gejala flu sehingga bisa membuatmu merasa lebih baik.

  • Buanglah ingus secara teratur, jangan disedot kembali. Namun jangan buang terlalu keras hingga telinga terasa sakit. Cukup hembuskan ingus perlahan dan selalu bersihkan dengan tisu (sekali pakai) setelahnya.
  • Tidur dengan bantal tambahan sehingga posisi sedikit miring seperti setengah duduk. Cara ini bisa kamu lakukan bila tidurmu terganggu akibat batuk. Cara ini juga membantu mengatasi hidung tersumbat
  • Konsumsi permen pelega tenggorokan (lozenges) untuk memperpendek durasi pilek. Sebaiknya pilih produk dengan kandungan zinc.
  • Berhenti merokok ataupun terpapar asap rokok. Kebiasaan ini bisa memperparah gejala
  • Oleskan salep dengan kandungan petroleum jelly bila kulit sekitar hidung dan bibir nyeri akibat terlalu sering tergosok tisu.

Kamu juga disarankan untuk selalu menggunakan masker atau menutupi mulut dan hidung saat bersin untuk mencegah virus flu menyebar di udara.

Cara Mengobati Flu

Baca Juga: Trik dan Cara Mengatasi Flu Pada Bayi Agar Cepat Sembuh!

Cara mengobati flu secara alami sangatlah mudah. Beberapa mungkin sudah kamu ketahui seperti beristirahat dan perbanyak minum air. Beberapa yang lain mungkin terdengar baru. Misalnya, seperti berkumur air garam atau menambahkan bahan alami ke menu sajian.

Tetapi ingat, bila setelah melakukan cara-cara di atas kondisi tidak juga membaik, segeralah memeriksakan diri ke dokter. Pasalnya, flu mungkin saja menjadi gejala penyakit lain. Ingat selalu, penanganan sedini mungkin memberikan hasil terbaik!

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Gangguan Kesehatan
Cari Tahu Arti di Balik Lidah Terasa Pahit
Maya Ligina
01 Jan 2018
Kesehatan Bayi
Panduan Cara Mengobati Batuk pada Bayi, Andalan para Ibu
Annisa Trimirasti
30 Oct 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...