• Penyakit
  • Obat
  • Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Konsultasi
  • Cari Rumah Sakit
  • Daftar
  • Masuk
  • Daftar
  • Masuk

Begini Cara Menghilangkan Uban di Usia Muda

Diverifikasi oleh dr. Bayu Adiputro

Uban tak hanya ditemukan pada lansia. Perubahan warna rambut menjadi abu-abu di usia muda ternyata mungkin terjadi. Jika terus didiamkan dan dicabut, bisa-bisa kepala menjadi botak! Apakah ada cara menghilangkan uban selain mencabutnya?

Uban di usia muda atau disebut juga premature grey hair bukan hal yang langka. Ini dapat terjadi pada siapa saja. Umumnya, rambut beruban banyak ditemukan pada orang tua berusia 50 tahun ke atas. Tetapi uban juga sudah bisa muncul meski baru memasuki usia 20 tahun. 

Mengapa Sudah Beruban di Usia Muda?

rambut beruban di usia muda

Beruban di usia muda jarang menandakan adanya masalah kesehatan - OkayDoc

Saat sel yang memproduksi warna pada rambut berhenti, warna rambut akan memudar sehingga muncullah uban. Namun proses ini seharusnya terjadi ketika usia seseorang tidak lagi muda.

Sebagian orang menganggap bahwa stres bertanggung jawab pada perubahan ini. Namun pernyataan tersebut masih menjadi perdebatan dalam dunia medis dan kebenarannya diragukan.

Konsultasi OkayDoc

Hi Dok, Saya ingin bertanya tentang rambut putih atau uban. Kebetulan semenjak usia belia, saya sudah memiliki rambut putih atau belia. Apakah ini faktor keturunan atau mungkin dari penggunaan shampo yang kurang cocok ya?

Jawaban Dokter

Saat menemukan uban di kepala, mungkin kamu khawatir adanya masalah kesehatan. Munculnya uban di usia muda dapat disebabkan oleh adanya penyakit pada kelenjar pituitari, khususnya tiroid, atau terjadi kekurangan vitamin B12. Tetapi ini jarang terjadi.

Penyakit lain yang sering dihubungkan dengan adanya uban pada usia muda yaitu risiko menurunnya kepadatan tulang di masa mendatang. Namun, tak perlu khawatir hal tersebut belum terbukti benar. 

Kemunculan uban ini dipercaya berhubungan erat dengan gen. Sebagian besar kasus tidak menunjukkan adanya keterkaitan uban dengan masalah kesehatan tertentu.

Baca Juga : Di Balik Terjadinya Rambut Rontok Berlebihan pada Pria

Bagaimana Cara Menghilangkan Uban?

Cara terbaik untuk menghilangkan uban yang muncul di usia muda adalah dengan mengetahui penyebab kemunculannya. Meski jarang berkaitan dengan masalah kesehatan, risiko dan kemungkinan ini tetap ada.

Konsultasikan dan bicarakan dengan dokter untuk mengetahui status kesehatanmu. Apabila uban diakibatkan oleh penyakit tiroid atau kekurangan vitamin B12, penyakit tersebut harus ditangani dulu agar uban bisa hilang.

Jika tidak terdapat masalah medis apapun, mungkin kamu bisa menerapkan beberapa cara berikut:

1. Warnai Si Rambut Abu-Abu

cara menghilangkan uban

Salah satu cara mudah menghilangkan uban adalah dengan mewarnai rambut, uban pun tidak terlihat lagi - OkayDoc

Mewarnai rambut merupakan cara cepat dan efektif untuk menghilangkan uban. Beragam pilihan juga tersedia. Jika tidak ingin cat yang permanen, cobalah spray-on airbrush hair makeup. Namun hasilnya akan hilang begitu rambut dicuci.

Ada juga cara lain yang dapat bertahan lebih lama, yaitu pewarnaan semi permanen. Ini cocok dilakukan apabila uban baru saja muncul dan jumlahnya sedikit.

Lalu, bagaimana jika uban sudah banyak? Pewarnaan permanen dapat diaplikasikan pada uban, khususnya jika uban telah menyebar sebanyak 50 persen pada rambutmu.

2. Cegah Uban Makin Banyak di Usia Muda

Apabila tumbuhnya uban baru memasuki awal kemunculan, mungkin kamu bisa mencegahnya agar tidak makin banyak. Cara terbaik dalam pencegahan diantaranya mengurangi styling rambut.

Disarankan tidak menggunakan bahan kimia yang keras pada rambut. Menghindari paparan panas secara langsung juga bisa diterapkan, baik dari alat kecantikan maupun sinar matahari.

3. Menghindari Rokok

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kebiasaan merokok dengan munculnya uban sebelum usia 30 tahun. Temuan ini semakin menguatkan fakta bahwa merokok tidak memberikan manfaat apa pun.

Selain itu, kamu yang tidak merokok pun masih berisiko menjadi perokok pasif. Asap rokok bisa membuatmu terpapar nikotin. Bahan kimia berbahaya ini tetap dapat masuk ke dalam darah dan berdampak pada kesehatanmu.

4. Mengonsumsi Makanan yang Menyehatkan Rambut

Munculnya uban dapat dipengaruhi oleh kekurangan zat gizi tertentu. Jadi, kamu perlu mencukupi kebutuhan zat-zat gizi tersebut dengan bahan makanan berikut:

  • Kacang kenari
  • Ikan
  • Biji-bijian
  • Sayuran berdaun hijau
  • Ayam

Jika dibutuhkan, kamu juga dapat mengonsumsi suplemen vitamin B6, B7, B12, D, dan E untuk mencegah munculnya uban. Namun, jangan mengonsumsinya secara berlebihan. Tetaplah jaga pola makanmu bervariasi dan imbangi dengan minum air yang cukup.

5. Berikan Perawatan pada Rambut

cegah uban tumbuh

Berikan perawatan pada rambut dan kurangi paparan panas dari alat kecantikan pada rambut agar uban tidak semakin banyak - OkayDoc

Cara menghilangkan uban yang satu ini juga dapat membuat rambutmu semakin sehat. Kamu dapat memangkas rambut hingga rapi dan memotong ujung yang rusak. Cuci rambutmu secara teratur dan jagalah kulit kepalamu tetap bersih. Cara ini membuat rambutmu tetap terawat dan penampilanmu senantiasa terjaga.

Hindari pula penggunaan sampo secara berlebihan. Terlalu sering menggunakan sampo dapat menjadikan rambut kering dan rapuh. Cukup keramas setidaknya satu kali seminggu atau sesuai kebutuhanmu. Untuk hasil yang lebih optimal, gunakan sampo yang memiliki kandungan pelembap.

6. Jauhi Radikal Bebas

Penyebab utama munculnya uban memang berasal dari faktor genetik, tetapi stres oksidatif akibat radikal bebas turut andil dalam merusak sel dan menyebabkan timbulnya uban lebih cepat.

Pasalnya, radikal bebas dapat memicu timbulnya sejumlah penyakit, salah satunya vitiligo. Vitiligo menyebabkan kerusakan pigmen melanin sehingga uban muncul lebih awal.
Karena itu, salah satu cara menghilangkan uban adalah dengan menghindari sumber radikal bebas seperti:

  • Asap rokok
  • Polusi
  • Pola makan tinggi lemak dan gula
  • Konsumsi alkohol berlebihan
  • Radiasi
  • Jenis pestisida dan produk pembersih tertentu

Uban pada usia muda menjadi masalah tersendiri bagi sebagian besar orang, terutama dampaknya yang mengurangi penampilan dan daya tarik. Mengenali penyebab uban akan membantumu dalam mengatasinya.

Baca Juga : Kenali Ragam Alergi Cat Rambut dan Cara Mengatasinya

Ketika menentukan cara menghilangkan uban, misalnya dengan pewarnaan, sebaiknya pastikan terlebih dulu komposisi bahan yang digunakan aman bagi rambut. Perhatikan jenis-jenis senyawa kimia yang tertera pada kemasan.

Menggunakan bahan pewarna secara sembarangan bukannya menghilangkan uban, tapi malah membuat rambutmu bertambah rusak! Jika kamu ragu, tanyakanlah pada dokter, pewarna seperti apa yang efektif untukmu.

Diverifikasi oleh dr. Bayu Adiputro
Komentar
Artikel Terkait
Rambut
24 Aug 2018
Penyebab Uban di Usia Muda yang Jarang Diketahui
Vivi Hermin
Rambut
20 Dec 2017
Cara Mengatasi Uban Ini Membuat Rambut Kembali Hitam nan Sehat
Dedi Irawan
Gangguan Kesehatan
19 Apr 2018
Ciri Penyakit Jantung di Usia Muda yang Perlu Diwaspadai
Dedi Irawan
Gangguan Kesehatan
07 Apr 2018
Ini Ciri-ciri Alzheimer pada Usia Muda yang Patut Diwaspadai
Dedi Irawan
Kesehatan Kandungan
17 Jul 2018
Wajarkah Perdarahan Saat Hamil Muda? Ini 6 Penyebabnya!
Diah Ayu Lestari
Dewasa
27 Apr 2018
Wanita, Kenali Ciri-ciri Menopause Dini di Sini!
Diah Ayu Lestari
Memuat...
Konsultasi
Memuat...