• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Deretan kesibukan kadang membuat jam tidurmu terpangkas habis, tapi kamu tetap harus fokus bekerja di keesokan harinya. Hadapi kondisi tersebut dengan cara menghilangkan rasa ngantuk yang jitu.

Orang dewasa rata-rata membutuhkan waktu tidur sekitar 8 jam per hari agar tetap fit. Kurang tidur hingga gangguan insomnia akan menjadikan seseorang lelah, mengantuk, dan kurang konsentrasi. Meski begitu, terkadang ada beberapa saat di mana kamu harus begadang.

Bila situasi tersebut terjadi, inilah beragam cara menghilangkan rasa kantuk berat yang perlu kamu terapkan untuk menjagamu tetap fokus menjalani aktivitas.

1. Berada di Tempat Terang

cara menghilangkan rasa ngantuk

Coba nyalakan lampu dan buka jendela, hal tersebut dapat menjadi sinyal untuk tubuh agar terjaga - OkayDoc

Tubuh telah terbiasa dengan siklus gelap dan terang. Kondisi gelap merupakan saat istirahat dan terang menjadikanmu terjaga. Oleh karena itu, agar tidak mengantuk, beradalah di tempat yang terang.

Kamu bisa berjalan di bawah sinar matahari saat berangkat kerja. Kondisi tempat kerjamu juga perlu disesuaikan agar terang, misalnya dengan menyalakan lampu atau membuka tirai jendela.

2. Manfaatkan Suhu yang Dingin

manfaatkan suhu yang dingin

Mandi dengan air dingin di pagi hari sebelum beraktivitas dianggap mampu melenyapkan rasa kantuk - OkayDoc

Tubuh menjadi lebih terjaga saat lingkungan bersuhu dingin. Cara menghilangkan rasa ngantuk ini bisa kamu terapkan dengan memetik manfaat dari mandi di pagi hari dengan air dingin.

3. Membuat Daftar Kegiatan yang Harus Dilakukan

membuat daftar kegiatan yang ingin dilakukan

Menggerakan otot misalnya berjalan kaki keliling ruangan dapat membuatmu terjaga- OkayDoc

Kurang tidur menjadikan memorimu terbatas dan sulit fokus. Karena itu, ada baiknya kamu membuat daftar kegiatan yang harus kamu lakukan pada hari tersebut.

Urutkanlah dari aktivitas termudah. Menyelesaikan tugas satu per satu dengan lebih cepat, dapat menjadikanmu bersemangat dan berenergi untuk melanjutkan ke tugas selanjutnya.

Cara ini akan membantumu mengatur dan membagi waktu dalam jadwalmu, sekaligus memastikan produktivitasmu tetap terjaga.

4. Cobalah Bergerak

cobalah bergerak

Menggerakan otot misalnya berjalan kaki keliling ruangan dapat membuatmu terjaga - OkayDoc

Meski lelah, aktivitas otot dapat memperlancar aliran darah sehingga membuatmu awas. Berjalan kakilah saat ke kantor atau melakukan gerakan-gerakan sederhana saat kantuk menyerang. Misalnya berjalan kaki keliling ruangan saat mengangkat telepon.

Tetapi ingat, bila kamu ingin berolahraga sebagai untuk mengatasi kantuk. Lakukanlah di pagi atau menjelang siang. Olahraga mendekati jam tidur justru membuatmu terjaga di malam hari.

5. Perbanyak Minum Air Putih

perbanyak minum

Dehidrasi dapat menambah kantuk, hindari dengan banyak minum air - OkayDoc

Dehidrasi adalah faktor lain pemicu seseorang menjadi lesu dan sulit berkonsentrasi. Bila kamu memang kurang tidur, pastikan untuk minum air putih yang cukup agar efek kurang tidur tidak makin parah.

Manfaat minum air putih sangat baik untuk mengembalikan kesegaran tubuh. Anjuran volume air yang sebaiknya diminum adalah 6 hingga 8 gelas per hari.

6. Mengonsumsi Camilan yang Sehat

mengonsumsi camilan yang sehat

Buah dan sayuran termasuk jenis camilan sehat yang bisa kamu pilih - OkayDoc

Makan memang bisa menjadi salah satu cara menghilangkan rasa ngantuk. Namun meningkatnya kadar gula darah secara drastis setelah makan dapat pula menambah rasa kantuk.

Untuk mengatasinya, kamu bisa memilih camilan sehat yang akan meningkatkan energimu. Contohnya, buah, yoghurt, kacang-kacangan, serta biskuit gandum. Camilan ini tidak hanya memberikan energi, tapi juga membantumu menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

Baca Juga: 4 Manfaat Tidur Siang untuk Jiwa dan Ragamu

7. Mungkin Kamu Perlu Minum Kopi

minum kopi

Meski sementara, kafein dalam kopi dapat membantu menghalau kantuk - OkayDoc

Minuman berkafein seperti kopi bisa memberikan sentakan sementara saat kantuk menyerang. Kantuk bisa berkurang sebab kafein dapat menstimulasi produksi hormon adrenalin dan memberi tambahan energi meski efeknya tidak permanen.

Efek terjaga dari kafein akan muncul sekitar 15 sampai 30 menit setelah kamu meminumnya dan dapat bertahan hingga 8-12 jam kemudian. Maka dari itu, hindari minum kopi menjelang malam hari karena bisa saja mengganggu waktu tidurmu.

Konsumsi kopi juga tidak boleh terlalu banyak, apalagi bila kamu tidak terbiasa meminumnya. Kafein dapat menyebabkan detak jantung meningkat, rasa cemas dan gelisah. Cukup konsumsi sekitar 100 mg atau secangkir kopi berukuran kecil.

8. Mendengarkan Musik

mendengarkan musik

Mendengarkan musik bisa pula membangkitkan semangat dan energimu - OkayDoc

Musik juga dapat membangunkanmu dari hipnotis rasa kantuk. Pilihlah jenis musik yang akan membangkitkan semangat dan energimu, misalnya musik rock atau pop.

Namun jangan sampai musikmu mengganggu orang-orang di sekitarmu, ya. Sebagai alternatif, kamu bisa mendengarkannya melalui headset dan tetap merasakan manfaat musik.

9. Fokus dan Sibukkan Diri dengan Aktivitas Menyenangkan

asik beraktivitas sebagai cara menghilangkan rasa ngantuk.jpg

Menyibukkan diri dengan aktivitas yang menyenangkan bisa menjadi cara menghilangkan rasa ngantuk - OkayDoc

Menyibukkan diri dengan pekerjaan juga dapat membantumu mengalihkan rasa kantuk yang timbul. Usahakan untuk tetap fokus terhadap pekerjaan atau aktivitas yang sangat menarik atau sangat ingin kamu kerjakan terlebih dahulu. Hindari multitasking atau mengerjakan banyak pekerjaan dalam satu waktu.

Setelah bergadang semalaman, kemampuan mengingat otak bisa saja menurun di siang harinya. Untuk menghindari kantuk kala pagi datang, cobalah buat catatan sederet tugas atau aktivitas yang perlu kamu lakukan. Selesaikanlah satu per satu agar membuat kamu lebih fokus. Rencanakan harimu dengan baik sehingga kamu cukup sibuk dan tidak bosan.

Tanpa sadar, hari bisa berlalu begitu cepat dan kamu sudah menghadapi waktu malam untuk bergegas istirahat. Ingat, jangan bergadang terlalu sering karena tidur adalah kebutuhan tubuh yang tidak boleh diabaikan!

10. Segeralah Tidur Siang Sejenak

tidur siang yg cukup

Tidurlah sekitar 20 menit di siang hari sebagai sentakan energi - OkayDoc

Tidak ada yang lebih baik untuk menghilangkan kantuk selain tidur. Selain itu, kamu juga perlu menyadari bahwa kantuk adalah sinyal dari tubuh bahwa tubuhmu sangat membutuhkan istirahat. Tidak perlu lama, kamu cukup terlelap selama 15 hingga 20 menit di tengah jam kerjamu. Cara ini akan memberimu energi ekstra sehingga membuatmu kembali terjaga.

Jangan biarkan durasi tidur siangmu terlalu lama karena justru bisa menyebabkan sleep inertia, ditandai dengan kondisi tidak nyaman dan cemas setelah bangun tidur. Hal ini dapat memperburuk kondisimu yang sudah lelah akibat kurang tidur.

cara menghilangkan rasa ngantuk okaydoc

Baca Juga: Awas, Akibat Kurang Tidur Membuatmu Tampak Tua dan Pelupa!

Cara menghilangkan rasa ngantuk ini hanya dapat bertahan sementara. Tidur cukup tetap dibutuhkan supaya tubuh berfungsi dengan normal. Pastikan juga tidurmu nyenyak agar tubuhmu kembali bugar di keesokan harinya.

Yuk, kembalikan seluruh energimu dengan tidur tanpa alarm. Dengan begitu, tubuhmu bangun secara alami. Kamu pun akan merasa segar.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Kebugaran
Disebut Baik untuk Kulit, Ini Fakta Seputar Fungsi Vitamin E!
Annisa Trimirasti
28 Nov 2017
Kebugaran
3 Manfaat Mandi Pagi untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui
Laila Adila
11 Aug 2017
Herba
Konsumsi 12 Buah yang Mengandung Vitamin C agar Tetap Sehat
Annisa Trimirasti
10 Oct 2018
Psikologi
Semangat Belajar Menurun? Kembalikan dengan 5 Cara Jitu Ini!
Annisa Trimirasti
12 Nov 2017
Kebugaran
Cara Mengatasi Susah Tidur Secara Alami dan Medis
Asa Citra
20 Sep 2017
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...