• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Untuk menemukan cara menghilangkan panu yang tepat, sebaiknya kamu memahami dahulu gangguan yang sering membuat malu ini. Gangguan akibat infeksi jamur ini kerap diderita oleh para remaja dan dewasa.

Pengobatan dengan segera, bisa menghilangkan panu. Namun bila tidak diteruskan, risiko kambuhnya amat tinggi. Oleh karena itu, pengobatan ini mungkin perlu diulang 1 kali setiap tahun atau 2 tahun.

Jamur yang Menyebabkan Panu

jamur penyebab panu

Jamur malassezia furfur yang bercampur dengan kelembapan tinggi dan perubahan sistem imun tubuh dapat menyebabkan munculnya panu - OkayDoc

Malassezia furfur merupakan jamur yang menyebabkan munculnya panu. Jika jamur ini berkolaborasi dengan kelembapan tinggi dan perubahan pada sistem kekebalan tubuh, panu kemungkinan besar akan tumbuh.

"Panu tidak menular, namun sering kambuh meskipun sudah diobati - DokterBabe"

Jamur akan menghasilkan zat kimia yang kemungkinan akan menghambat produksi pigmen kulit. Inilah kenapa bagian yang terkena panu menjadi lebih terang atau lebih gelap.

Beruntung, pemilik gangguan ini umumnya tidak memiliki kondisi kesehatan yang serius. Artinya, orang sehat pun bisa terkena gangguan ini. Panu juga bukanlah gangguan yang menular namun sering kambuh meskipun sudah diobati.

Kenali Gejalanya Terlebih Dahulu

cara menghilangkan panu OkayDoc

Bercak kulit berwarna cokelat juga bisa menjadi gejala panu - OkayDoc

Munculnya panu ditandai dengan perubahan warna kulit, baik terlihat lebih terang atau lebih gelap dari sekitarnya. Gejala ini mungkin akan memudar saat cuaca dingin, namun muncul dan kian parah ketika cuaca hangat serta lembap.

Gejala lain yang mungkin timbul adalah kulit menjadi kering, bersisik, dan gatal. Tanda-tanda berikut bisa pula menyertainya:

  • Bercak pada kulit, bisa berwarna putih, merah muda, merah, atau cokelat.
  • Bintik-bintik tanpa warna pada kulit,┬ápaling sering menimpa area bahu, punggung, dada, dan lengan. Area lipatan kulit, seperti di bawah payudara atau selangkangan, pun bisa diserang infeksi ini.
  • Pada anak-anak, bagian wajah juga bisa terkena gangguan ini.

Cara Menghilangkan Panu Butuh Bahan-bahan Ini

cara mengobati panu

Mengoleskan minyak kelapa pada kulit yang terkena diyakini dapat memberantasnya - OkayDoc

Agar panu hilang dari kulitmu, ada beberapa bahan yang harus kamu siapkan. Bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati gangguan akibat jamur ini antara lain:

Minyak Kelapa

Panu kemungkinan besar akan bisa hilang jika dioleskan minyak kelapa. Hal ini amat mungkin karena bahan ini mengandung asam lemak rantai menengah yang berfungsi layaknya fungisida alami.

Dengan kata lain, minyak ini akan membantu menghentikan pertumbuhan jamur penyebab infeksi. menghentikan pertumbuhan jamur yang bertanggung jawab atas infeksi.

Minyak Pohon Teh

Senyawa lain yang memiliki sifat antijamur adalah minyak tumbuhan teh. Mengoleskan minyak ini pada panu akan membantu menghentikan penyebaran infeksi serta mencegah kambuhnya gangguan ini. Manfaat lain yang diperoleh adalah hilangnya rasa gatal dan menjadi lebih nyaman.

Lidah Buaya

Kandungan protein bernama 14 kDa dalam lidah buaya bersifat antijamur dan antiradang. Kedua sifat tersebut membuat tanaman ini efektif mengobati panu serta mengurangi penyebarannya. Manfaat lain bahan ini adalah bisa membuat kulit yang rusak lebih cepat pulih.

Baca Juga: Manfaat Lidah Buaya Beserta Efek sampingnya

Yoghurt

Yoghurt tanpa pemanis adalah obat alami untuk panu yang layak dijadikan pilihan. Kandungan probiotik di dalamnya akan membuat pertumbuhan jamur terhambat sehingga tidak berkembang lebih banyak. Menghambat pertumbuhan jamur amat penting guna mempercepat kesembuhan dan mencegah kekambuhan panu.

Bawang Putih

Bahan yang juga bisa diandalkan untuk menyembuhkan panu adalah bawang putih. Kemampuan penyembuhan salah satu bumbu dapur ini diperoleh dari sifat antijamurnya. Dengan sifat tersebut, bawang putih efektif membantu menghentikan pertumbuhan jamur sekaligus mengurangi rasa sakit.

Baca Juga: Manfaat Bawang Putih untuk Wajah Cantikmu

Pastikan cara menghilangkan panu dengan bahan-bahan di atas dilakukan dengan benar. Langkah ini akan menghindarkanmu dari panu yang kambuh lagi.

Jika kondisi tidak mengalami perubahan dan kamu merasa tidak nyaman, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mendapat perawatan yang tepat.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Diet
Lezatnya Kacang dan Buah yang Mengandung Vitamin E Ini!
Annisa Trimirasti
07 Oct 2018
Gangguan Kesehatan
Kenali Gejala Saraf Kejepit agar Bisa Ditangani Secepatnya
Rabbani Haddawi
28 Jul 2018
Gangguan Kesehatan
Mengenali Ciri-ciri Kelenjar Getah Bening yang Bermasalah
Dedi Irawan
05 Oct 2018
Gigi
Ikuti Cara Merawat Gigi Palsu Ini untuk Hindari Komplikasinya!
Nina Hertiwi
12 Oct 2018
Kesehatan Ibu
Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil yang Tak Boleh Dilewatkan
Vivi Hermin
26 Aug 2018
Kebugaran
5 Manfaat Mendaki dan Tips Aman untuk Melakukannya
Rabbani Haddawi
28 Jul 2018
Memuat...
Tanya Dokter
Memuat...