• Penyakit
  • Obat
  • Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Konsultasi
  • Cari Rumah Sakit
  • Daftar
  • Masuk
  • Daftar
  • Masuk

Alami dan Medis, Ini 5 Cara Menghilangkan Kutil di Wajah!

Biasa muncul di tangan yaitu pada jari atau area dekat kuku, kutil juga bisa terjadi di wajah. Kondisi ini bisa mengganggu penampilanmu sehingga penting untuk mengetahui cara menghilangkan kutil di wajah berikut.

Berupa kulit tumbuh yang disebabkan oleh HPV (Human papillomavirus), kutil yang biasa muncul di wajah sedikit berbeda. Kutil pada area ini biasanya lebih kecil, datar dan halus sehingga bisa tidak langsung disadari. Tipe kutil ini disebut flat warts.

cara menghilangkan kutil di wajah

Kutil pada wajah sering tidak disadari karena cenderung kecil dan halus - OkayDoc

Namun sama seperti kutil lain, flat warts tetap menular baik lewat kontak langsung dengan penderita maupun kontak dengan barang yang digunakan penderita. Karenanya, kamu perlu tahu cara penanganannya yang tepat.

Penanganan secara medis merupakan cara menghilangkan kutil di wajah yang lebih disarankan. Tetapi kamu juga bisa membantu proses penyembuhan dengan bahan alami di rumah.

Cara Menghilangkan Kutil di Wajah Secara Medis

cara menghilangkan kutil di wajah secara medis

Kamu bisa menggunakan krim retinoid untuk menangani kutil di wajah - OkayDoc

Beberapa lokasi terjadinya kutil seperti pada bibir, alat kelamin, juga wajah membutuhkan penanganan dokter secara langsung. Penderita kutil tipe ini juga tidak disarankan mengobati kondisi dengan obat-obatan yang dijual bebas.

Berikut adalah beberapa pilihan penanganan yang mungkin dokter sarankan untuk kondisi kutil di wajah.

Cryotheraphy

Cryotheraphy adalah cara menghilangkan kutil dengan membekukannya menggunakan cairan nitrogen. Melalui cara ini, kulit pada sekitar kutil akan melepuh dimana jaringan yang mati akan gugur dalam seminggu.

Cryotheraphy hanya berlangsung dalam beberapa menit dan bisa tidak menimbulkan bekas luka sama sekali. Selain itu, teknik penghilangan kutil ini pun dinilai tidak menyebabkan kutil menyebar ke area tubuh lain di kemudian hari.

Retinoid

Bisa menghambat pertumbuhan kutil, krim retinoid sesuai resep dokter juga bisa menjadi solusi untuk menghilangkan kutil di wajah. Pakailah krim sesuai petunjuk yang diberikan karena penggunaannya cukup berisiko.

Ragam risiko seperti berubahnya warna kulit, iritasi, serta menjadi sensitif akan sinar matahari bisa terjadi. Meski begitu, cara ini mungkin perlu dilakukan bila penanganan lainnya tidak berhasil.

Karenanya, untuk meminimalisasi efek samping, kamu bisa menggunakan pelembap, tabir surya dan baju tertutup saat menggunakan krim retinoid. Juga ingat untuk tidak menggunakan krim lebih sering dari yang diresepkan karena bisa memperparah efek samping.

Bila kutil tak juga hilang, immunotheraphy bisa disarankan. Di mana zat kimia mungkin dioleskan pada kutil untuk memicu sistem kekebalan tubuh melawan kutil. Cara menghilangkan kutil dari dalam ini diharapkan membuatnya tidak muncul kembali.

Baca Juga : 3 Cara Menghilangkan Kutil yang Aman Dilakukan di Rumah!

Cara Menghilangkan Kutil di Wajah Secara Alami

cara menghilangkan kutil di wajah secara alami

Asam sitrat pada lemon dipercaya dapat membunuh virus HPV - OkayDoc

Selain dengan penanganan medis, kamu juga bisa mencoba cara menghilangkan kutil di wajah dengan beberapa bahan alami seperti berikut.

Lemon

Lemon dipercaya dapat melembutkan kutil sehingga lebih mudah dihilangkan. Hal tersebut berkat kandungan asam sitratnya. Asam ini dapat membantu membunuh virus HPV.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu dapat menempelkan perasan lemon pada kutil paling tidak 3 kali sehari.

Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat antivirus, termasuk untuk HPV. Selain itu, olesan bawang putih pada kulit dapat menyebabkan efek kaustik. Efek ini bisa menyebabkan kutil melepuh dan lepas dalam seminggu.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, cukup remukkan siung bawang putih, tempelkan pada kutil di wajah dan biarkan selama 24 jam. Agar bawang tidak jatuh bertebaran, silakan menempelkan plester di atasnya.

Lakukan cara ini selama beberapa kali hingga kutil hilang. Ingat untuk selalu mengganti masker dengan bawang putih baru setiap harinya.

cara menghilangkan kutil di wajah memakai pisang

Enzim proteolitik pada kulit bisan dipercaya dapat menghilangkan kutil - OkayDoc

Kulit Pisang

Kutil di wajah dipercaya dapat dihilangkan dengan pisang karena buah ini mengandung enzim pemecah protein, enzim proteolitik.

Caranya mudah, cukup dengan menempelkan bagian dalam kulit pisang selama semalam. Lakukan selama satu hingga dua minggu agar hasil optimal.

Baca Juga : Cantik dengan 4 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah

Bila mengalami kutil di wajah, segera hubungi dokter agar dapat ditangani dengan tepat. Pilihan penanganan seperti krim oles atau dengan menjalani prosedur tertentu mungkin dilakukan.

Ingat, penanganan sedini mungkin memberikan hasil terbaik. Tidak mau kan kecantikan atau ketampananmu jadi berkurang gara-gara kutil?

Komentar
Artikel Terkait
Penyakit Seksual
21 Dec 2017
Ketahui Penyebab Kutil di Kelamin untuk Hubungan Seksual yang Aman!
Maya Ligina
Pengobatan
18 Feb 2018
5 Cara Menghilangkan Kutil yang Aman Dilakukan di Rumah!
Veronica
Penyakit Seksual
01 Jun 2018
Ini Dia Gejala Kutil Kelamin yang Bisa Membunuhmu
Dedi Irawan
Wajah
06 Mar 2018
10 Masker untuk Wajah Kusam dan Tips Membuatnya (Alami)
Asa Citra
Wajah
27 May 2018
9 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Mudah Dilakukan
Veronica
Wajah
25 Feb 2018
Layak Dicoba, Ini 8 Cara Mengecilkan Pori-pori di Wajah!
Annisa Trimirasti
Memuat...
Konsultasi
Memuat...