• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Banyak cara menghilangkan kulit belang yang bisa ditempuh. Sebelum tahu cara mengatasi gangguan kulit yang umumnya tidak berbahaya ini, ada baiknya kamu mengetahui alasan di balik kemunculannya dulu.

Keberadaan kulit bagi tubuh memiliki fungsi yang penting. Sebab, kulit berfungsi membungkus seluruh tubuh manusia dan berguna sebagai garda terdepan tubuh dalam menerima rangsang panas, dingin, maupun sentuhan. Meski jarang menyebabkan gangguan fungsi, belang pada kulit kerap mengganggu penampilan.

 

Waspadai Penyebab Kulit Belang Berikut

penyebab kulit belang

Vitiligo dapat menjadi penyebab di balik kemunculan kulit belang - OkayDoc

Umumnya, cara menghilangkan kulit belang akan sangat tergantung pada kondisi yang mendasarinya. Adapun gangguan kesehatan yang bisa menjadi biang kerok masalah ini meliputi:

1. Vitiligo

Salah satu penyebab dari kulit yang belang adalah vitiligo. Kondisi ini terjadi ketika kulit kekurangan produksi warna atau hipopigmentasi.

Rusaknya sel-sel yang memproduksi pigmen kulit merupakan akar masalah dari terjadinya vitiligo. Kerusakan tersebut umumnya disebabkan oleh gangguan autoimun.

Tanda atau gejala dari masalah kulit ini bisa berupa bercak-bercak putih yang terasa halus pada permukaan kulit jika diraba. Hingga saat ini, gangguan ini dinyatakan belum ada obatnya.

2. Melasma

Hiperpigmentasi atau kelebihan pigmen bisa ditandai dengan kulit berwarna kecokelatan atau bintik-bintik biru keabu-abuan. Jika warna-warna tersebut muncul pada kulit wajahmu, mungkin saja itu termasuk gejala melasma.

Kondisi ini umumnya menyerang kaum Hawa yang berada di kisaran usia 20 hingga 50 tahun. Melasma juga mungkin menimpa wanita yang sedang hamil.

Kemunculan masalah kulit ini diduga berkaitan erat dengan gangguan hormon dan paparan sinar UV yang berlebih. Faktor keturunan juga diperkirakan dapat ikut berperan.

3. Solar Lentiginosis

Gangguan kulit belang ini disebabkan oleh paparan sinar matahari yang terlalu lama. Solar lentiginosis dikenal juga dengan istilah bintik matahari.

Solar lentiginosis umumnya menyerang area terbuka seperti tangan, wajah, bahu, punggung bagian atas, dan punggung kaki. Akibat kondisi ini, warna kulit kemungkinan akan berubah cokelat, hitam, atau abu-abu.

penyebab kulit belang di area wajah

Melasma dapat ditandai dengan munculnya bercak kecokelatan atau bintik-bintik biru keabu-abuan pada kulit wajah - OkayDoc

4. Albino

Kondisi lain yang bisa menyebabkan kulit belang adalah albino. Ini merupakan kondisi langka dimana seseorang terlahir tanpa memiliki enzim penghasil melanin yang merupakan pemberi warna kulit.

Pada penderita albino, ada seperangkat gen yang menghalangi tubuh dalam memproduksi melanin. Akibatnya, penderita akan kekurangan pigmen kulit, rambut, maupun mata. Kondisi ini menyebabkan penderita terlihat sangat pucat.

Karena kemunculannya berkaitan dengan genetik, belum ada obat untuk menangani albino. Penderita memiliki risiko lebih besar terkena kanker kulit dan kerusakan akibat paparan cahaya matahari.

5. Kerusakan pada Kulit

Kulit yang mengalami kerusakan, seperti lecet, luka, terbakar, infeksi, dan aneka luka terbuka lainnya bisa menimbulkan belang. Ini terjadi karena luka-luka tersebut mungkin mengakibatkan kulit kehilangan pigmen.

Hanya saja, kulit belang akibat keberadaan luka umumnya tidak bersifat jangka panjang. Namun tetap dibutuhkan kesabaran ekstra karena butuh waktu yang relatif lama untuk menghilangkannya.

6. Faktor Kesehatan Lain

Kulit belang berupa hiperpigmentasi maupun hipopigmentasi bisa pula disebabkan oleh faktor lain. Kondisi hiperpigmentasi mungkin dapat dipicu oleh pemakaian obat tertentu (seperti minosiklin), penyakit endokrin (seperti penyakit Addison), dan kondisi hemokromatosis alias kelebihan zat besi dalam tubuh.

Baca Juga: Rahasia Merawat Kulit agar Sehat Tanpa Celah

Bagaimana Cara Menghilangkan Kulit Belang?

cara menghilangkan kulit belang

Gunakan tabir surya setidaknya SPF (sun protection factor) 30 agar terhindar dari kulit belang - OkayDoc

Sebagian besar kulit belang sukar dihilangkan. Bila bisa diatasi pun, butuh kesabaran ekstra karena prosesnya memerlukan waktu yang lama.

Penyebab di balik kemunculan kulit belang pun harus diketahui dulu sebelum kamu memilih cara untuk mengatasinya. Jika disebabkan oleh gangguan kesehatan tertentu, kondisi itulah yang sebaiknya ditangani. Berikut metode penanganan kulit belang berdasarkan penyebabnya:

  • Vitiligo dapat diobati dengan krim kortikosteroid atau salep yang menekan sistem imun kulit. Selain itu, terapi sinar atau terapi depigmentasi juga dapat membantu dalam menghilangkan belang. Jika cara-cara ini tidak berhasil, operasi mungkin bisa menjadi alternatif.
  • Melasma. Kondisi kulit belang ini bisa ditangani dengan krim pencerah kulit yang diresepkan oleh dokter. Selain itu, prosedur pengelupasan lapisan kulit terluar dapat pula dilakukan bila perlu.
  • Solar lentiginosis merupakan kondisi belang yang juga dapat diobati dengan menggunakan krim pencerah kulit. Di samping itu, terapi sinar dan cryotherapy mungkin bermanfaat. Demikian pula dengan proses pengelupasan kulit baik secara kimia maupun mekanik (dermabrasi).
  • Kerusakan pada kulit yang menciptakan kondisi belang dapat dihilangkan dengan bantuan kosmetik untuk menutupi area tersebut.
  • Infeksi jamur. Dalam mengobati gangguan kulit ini, cara paling ampuh adalah dengan obat antijamur dalam bentuk oles maupun minum.

Meski kebanyakan belang pada kulit dapat dihilangkan dengan mengetahui penyebabnya, beberapa kondisi penyakit seperti albino tidak bisa disembuhkan. Untuk mengetahui pengobatan yang tepat untukmu, kamu harus mendiskusikannya dengan dokter.

Di samping metode medis di atas, cara menghilangkan kulit belang yang dinilai paling efektif adalah dengan menggunakan kosmetik. Terdapat berbagai produk kecantikan yang bisa kamu dapatkan guna menyamarkan kulit belangmu.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Belang di Kulit Akibat Sinar Matahari

Tentukanlah produk mana yang paling cocok dengan jenis serta warna kulitmu. Namun harus diingat bahwa jangan sampai produk tersebut memperparah kondisi kulitmu. Jangan lupa baca artikel kandungan kosmetik berbahaya yang bisa merusak kulitmu.

 

Oleh sebab itu, konsultasikan dan periksakan kondisi kulit yang kamu alami sebelum kamu melakukan pengobatan maupun menjalani prosedur apapun. Semoga berhasil!

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Wajah
Cara Menghilangkan Bintik Putih di Wajah Sesuai Penyebabnya
Riani Sjarief
02 Jun 2018
Rambut
Penyebab Uban di Usia Muda yang Jarang Diketahui
Vivi Hermin
24 Aug 2018
Rambut
Penyebab Uban di Usia Muda yang Jarang Diketahui
Vivi Hermin
24 Aug 2018
Wajah
Cara Menghilangkan Flek Hitam di Hidung dengan Aman
Vivi Hermin
02 Aug 2018
Gangguan Kesehatan
Waspada Kanker, Ini Penyebab Bintik Hitam di Bibir!
Vivi Hermin
27 Jun 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...