• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Munculnya ketombe mungkin membuatmu malu. Jika kamu sudah mencoba gonta-ganti sampo, namun hasilnya masih nihil, cobalah beragam cara menghilangkan ketombe secara alami di bawah ini. Mudah dan dipercaya ampuh usir ketombe.

Ketombe adalah kondisi di mana kulit kepala mengelupas menjadi serpihan yang jatuh. Ketombe dapat disebabkan oleh beragam hal, mulai kulit kepala kering, hingga adanya penyakit tertentu.

Berikut merupakan 6 cara menghilangkan ketombe secara alami yang wajib kamu ketahui.

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

cara menghilangkan ketombe secara alami

Oleskan minyak zaitun 10 menit sebelum keramas - OkayDoc

1. Pijat Kulit Kepala dengan Minyak Kelapa

Memijat kulit kepala dengan minyak kelapa dipercaya dapat mengurangi ketombe. Pastikan minyak kelapa mengenai bagian kulit kepalamu. Selain minyak kelapa, kamu juga bisa menggunakan minyak jojoba dan almond.

2. Gunakan Minyak Zaitun

Sebelum mencuci rambut, kamu bisa mengoleskan minyak zaitun di bagian kulit kepala, lalu diamkan selama kurang lebih 10 menit. Menggunakan minyak zaitun sebelum mencuci rambut juga dipercaya dapat menghilangkan ketombe.

3. Gunakan Lemon

Asam yang terkandung di dalam lemon dipercaya efektif untuk menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala dan mengatasi serpihan ketombe. Caranya, campurkan 250 ml air dengan satu sendok teh perasan jeruk lemon.

Setelah itu, oleskan ke bagian kulit kepala dan diamkan selama tidak lebih dari 2 menit. Membiarkan campuran lemon lebih lama di kulit kepalamu dapat merubah warna rambut.

minyak tea tree

Pertimbangkan untuk menggunakan minyak tea tree guna mengatasi ketombe pada kepalamu - OkayDoc

4. Oleskan Cuka Sari Apel

Selain lemon, cuka sari apel juga dipercaya dapat mengatasi masalah ketombe. Caranya, cukup dengan mencampurkan 2 sendok makan cuka sari apel dengan segelas air. Lalu, gunakan setelah kamu mencuci bersih rambut mu. Kemudian, diamkan beberapa saat, lalu bilas hingga bersih.

5. Gunakan Masker Lidah Buaya

Kandungan di dalam lidah buaya tidak hanya dipercaya dapat menghilangkan ketombe, tapi juga gatal pada kulit kepala. Caranya adalah dengan mengoleskan lendir lidah buaya langsung ke kulit kepalamu. Diamkan beberapa saat, lalu bilas hingga bersih.

6. Pertimbangkan untuk Memakai Minyak Tea Tree

Sampai saat ini, para ahli masih memperdebatkan khasiat minyak tea tree (Melaleuca alternifolia) dalam menghilangkan ketombe. Sampo berbahan dasar minyak tea tree sebanyak 5% juga telah dikembangkan dan dipasarkan dengan beberapa merk yang berbeda.

Jika sampo yang mengandung minyak tea tree terasa sulit sekali didapatkan, kamu bisa mencampurkan sekitar 10 tetes minyak tea tree ke dalam botol sampo yang kamu gunakan secara rutin.

Saat menggunakan sampo, jangan lupa juga untuk memijat lembut kulit kepalamu dan membilas rambutmu sampai bersih setelahnya.

Baca Juga: Penyebab Ketombe yang Menghalangimu Kibarkan Rambut

Senyawa Anti Ketombe yang Perlu Kamu Catat!

cara menghilangkan ketombe dengan sampo

Cobalah lebih jeli mengenali kandungan sampo yang akan kamu gunakan - OkayDoc

Selain beberapa cara menghilangkan ketombe yang telah disebutkan di atas, kamu juga dapat menghilangkan ketombe dengan memilih kandungan sampo yang tepat.

Pahamilah beberapa kandungan sampo berikut sehingga saat berbelanja kamu menemukan produk yang bertujuan untuk menghilangkan ketombe di kulit kepalamu.

  • Zinc pyrithione: Senyawa ini berfungsi untuk menurunkan laju pertumbuhan jamur penyebab ketombe, membuat kulit kepala lebih bersih, serta menjaga kelembutan dan kesehatan rambut kamu.
  • Selenium sulfide: Senyawa ini berfungsi untuk meredakan gatal yang biasanya terjadi saat kepala berketombe dan menurunkan risiko pengelupasan kulit kepala. Senyawa ini termasuk obat antijamur yang juga terkandung pada obat panu atau infeksi jamur pada kulit lainnya.
  • Coal tar: Salah satu jenis senyawa tar ini merupakan antijamur alami yang banyak dicampurkan ke dalam sampo antiketombe. Senyawa ini berfungsi untuk memperlambat pengelupasan sel kulit kepala yang berketombe.
  • Ketoconazole atau Climbazole: Kedua senyawa tersebut merupakan obat antijamur yang mungkin saja terkandung dalam beberapa jenis sampo.

Tips Tambahan agar Ketombemu Cepat Hilang

yoga sebagai cara menghilangkan ketombe

Terapkan tips sehat seperti rutin melakukan yoga agar ketombe di kepalamu segera mereda - OkayDoc

Selain memilih bahan sampo dengan lebih teliti, kamu juga dapat menghilangkan ketombe dengan menerapkan beberapa tips agar ketombemu segera hilang. Kamu bisa melakukan yoga secara rutin, melatih kemampuan mengelola stress, dan mengonsumsi makanan yang kaya akan zinc serta vitamin B.

Kamu mungkin sedikit mempertanyakan, mengapa harus rutin melakukan yoga? Beragam kondisi di kulit kepalamu, termasuk ketombe, dapat disebabkan oleh stres atau depresi, sehingga penting bagimu untuk menenangkan pikiran dan menjaga agar tubuh tidak terkena dampak dari depresi.

Jika kamu merasa ketombemu mulai muncul di saat kamu stres, cobalah untuk melakukan cara tersebut secara konsisten.

Baca Juga: Penyebab Kulit Kepala Gatal, Tak Hanya Karena Ketombe!

Menghilangkan ketombe sebenarnya bukanlah hal yang sulit jika kamu tahu cara tepatnya. Catat beberapa cara menghilangkan ketombe secara alami di atas, dan mulailah dapatkan manfaatnya.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Diet
Lezatnya Kacang dan Buah yang Mengandung Vitamin E Ini!
Annisa Trimirasti
07 Oct 2018
Gangguan Kesehatan
Kenali Gejala Saraf Kejepit agar Bisa Ditangani Secepatnya
Rabbani Haddawi
28 Jul 2018
Gangguan Kesehatan
Mengenali Ciri-ciri Kelenjar Getah Bening yang Bermasalah
Dedi Irawan
05 Oct 2018
Gigi
Ikuti Cara Merawat Gigi Palsu Ini untuk Hindari Komplikasinya!
Nina Hertiwi
12 Oct 2018
Kesehatan Ibu
Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil yang Tak Boleh Dilewatkan
Vivi Hermin
26 Aug 2018
Kebugaran
5 Manfaat Mendaki dan Tips Aman untuk Melakukannya
Rabbani Haddawi
28 Jul 2018
Memuat...
Tanya Dokter
Memuat...