• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Gurat-gurat halus hingga kerutan di wajah menjadikanmu tampak lebih tua hingga merasa tidak percaya diri. Namun, kamu dapat menghilangkannya lewat perubahan gaya hidup hingga pilihan krim anti-penuaan secara tepat.

Keriput atau kerutan muncul akibat kulit kekurangan kolagen dan elastisitasnya. Hal tersebut tidak hanya disebabkan oleh usia, namun juga gaya hidup seseorang.

Kamu bisa menerapkan cara menghilangkan kerutan di wajah berikut sebagai langkah awal perawatan kulitmu.

Melalui Perubahan Gaya Hidup

cara menghilangkan kerutan di wajah OkayDoc.jpg

Suka mengerutkan dahi dan memincingkan mata dapat menimbulkan kerutan di wajah - OkayDoc

Gaya hidup mulai dari apa yang kamu makan hingga bagaimana caramu tidur dapat memengaruhi tebal tipisnya garis-garis wajahmu. Berikut beberapa tips yang dapat kamu coba.

1. Hindari Membilas Wajah dengan Air Panas

Air panas dapat mengurangi minyak pelindung kulit sehingga kulit menjadi kering dan kerutan pun lebih tampak. Sebaiknya, gunakan air dengan suhu lebih rendah, baik cukup hangat maupun dingin.

Cara ini membantu minyak dan lapisan terluar kulit tetap terjaga. Kemudian, hindari juga mencuci wajah terlalu sering, cukup lakukan 2 kali sehari.

2. Terapkan Pola Makan Sehat

Sayur dan buah berwarna cerah, misalnya wortel, adalah sumber alami antioksidan yang dapat melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas. Cara ini menjadikan kulit tampak lebih muda dan bersinar.

Perbanyak juga konsumsi asam lemak omega 3 yang banyak terkandung dalam kacang walnut, kacang kedelai, telur, alpukat dan ikan salmon. Zat ini membantu pemeliharaan kulit dengan menjaganya tetap kenyal.

Selain itu, minumlah paling tidak 8 gelas air mineral per hari agar kulit tetap terhidrasi.

3. Selalu Oleskan Tabir Surya

Paparan sinar UV dapat menyebabkan keriput dan perubahan warna kulit. Oleh karena itu, kamu perlu menggunakan tabir surya. Pilihlah tabir dengan SPF 30 atau lebih yang cocok untuk kulit daerah tropis.

Jika kulitmu cenderung kering, dapat pula memilih tabir surya dengan kandungan pelembap agar kulit terhidrasi.

tidur-nyenyak-OkayDoc.jpg

Tidur dengan posisi telentang dapat menjadi cara menghilangkan kerutan di wajah - OkayDoc

4. Hindari Kebiasaan Mengerutkan Wajah

Gerakan berulang, seperti suka mengerutkan dahi, dapat memicu guratan halus di permukaan kulit yang akan menimbulkan kerutan. Sehingga sebaiknya menghindari kebiasaan buruk tersebut.

Kemudian, bila kamu sering terpapar sinar matahari, disarankan untuk menggunakan kacamata hitam. Cara ini akan melindungi area sekitar mata dari sinar matahari dan mencegah kulit area tersebut berkerut.

5. Durasi dan Posisi Tidur yang Tepat

Cukup tidur 7 hingga 8 jam per hari membantu menghilangkan elastisitas kulit, hingga kerutan lebih sulit terbentuk. Hal itu terjadi berkat produksi hormon pertumbuhan (Human Growth Hormone) selama tidur. Selain meningkatkan elastisitas, hormon ini juga menjaga ketebalan kulit.

Selain itu, posisi tidur yang tepat juga penting dipraktikkan. Hindari tidur tengkurap atau menyamping karena dapat memperbanyak garis kerutan pada wajah. Tidur dengan posisi telentang lebih disarankan.

Kebiasaan lain seperti merokok perlu dihentikan untuk menghilangkan keriput pada wajah. Kemudian kelola juga stresmu dengan baik, misalnya dengan meditasi seperti mengikuti kelas yoga atau menghirup aromaterapi.

Baca Juga: Cara Memutihkan Wajah Secara Alami Ini Bakal Membuatmu Cantik Luar Dalam

Memilih Krim Anti Penuaan Secara Tepat

cara menghilangkan kerutan di wajah dengan menggunakan krim

Salah satu cara menghilangkan kerutan di wajah adalah dengan memilih krim dengan kandungan tepat - OkayDoc

Selain mengubah gaya hidup, kamu dapat mencoba menggunakan krim oles anti-keriput yang banyak dijual di pasaran. Pilihlah krim yang memiliki kandungan sebagai berikut:

  • Asam Alfa-Hidroksi (AHAs) untuk mengangkat sel-sel kulit mati, mengurangi garis halus dan keriput terutama pada bagian sekitar mata.
  • Pentapeptida untuk meningkatkan produksi kolagen pada kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari dan menghilangkan keriput pada wajah.
  • Vitamin C untuk meningkatkan produksi kolagen, melindungi kulit dari efek buruk radiasi sinar UVA dan UVB, dan membantu mengurangi peradangan kulit.
  • Retinol untuk mengurangi garis-garis halus maupun kerutan pada wajah dan memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Sebagai tips tambahan, simpanlah produk dalam kulkas. Dinginnya krim dapat membantu mengurangi kulit yang sembab dan menyerupai efek anti peradangan.

Trik Mengoleskan Krim Wajah Penghilang Keriput

tips menghilangkan kerutan di wajah

Mengoleskan krim secara halus dan benar merupakan cara menghilangkan kerutan di wajah - OkayDoc

Beberapa area kulit di wajah cenderung lebih halus sehingga kamu perlu berhati-hati saat mengoleskan krim perawatan baik itu krim anti penuaan maupun pelembap.

Pada bagian dahi dan pipi, pengolesan krim sebaiknya dimulai dari tengah kemudian ke arah luar tepi wajah lalu keatas menggunakan ke-empat jarimu.

Sedangkan untuk area mata, cukup tepuk-tepuk lembut dari dalam ke arah luar menggunakan ujung jari manis. Jari ini dipilih karena memiliki tekanan paling ringan dibanding jari lainnya.

Dan pada area sekitar bibir, dapat tetap menggunakan ujung jari, oleskan krim pelembap dengan arah keluar dan ke arah bawah.

Prosedur Medis untuk Menghilangkan Kerutan di Wajah

dermabrasion-OkayDoc.jpg

Dermabrasi dapat menjadi cara menghilangkan kerutan di wajah - OkayDoc

Kerutan di wajah juga dapat ditangani dengan bantuan tenaga medis. Berikut beberapa di antaranya

1. Dermabrasi

Dermabrasi adalah prosedur medis yang bertujuan untuk mengikis kulit bagian luar menggunakan alat khusus dengan buliran kristal halus. Teknik ini bertujuan untuk menciptakan permukaan kulit yang halus merata.

Namun, dermabrasi termasuk tindakan operasi yang cukup menyakitkan, sehingga terkadang dibutuhkan pembiusan selama tindakan berlangsung.

Dermabrasi dapat digunakan untuk menghilangkan kerutan, bekas luka ataupun bekas jerawat. Efek samping seperti kulit bengkak dan kemerahan, serta warna kulit yang tidak merata mungkin saja terjadi.

Prosedur ini dinilai lebih aman pada orang berkulit terang dibandingkan yang memiliki warna kulit gelap. 

2. Sinar Laser

Pada teknik ini, sinar laser digunakan untuk menghilangkan lapisan terluar kulit, serta melukai kulit. Luka yang ditimbulkan sangatlah kecil sehingga tidak kasat mata.

Luka tersebut akan mendorong tubuh untuk memproduksi kolagen yang menjadikan kulit lebih halus, kencang, serta bebas kerutan.

3. Botox

Botolinum toxin (Botox) dapat menghalangi sinyal penyebab kontraksi otot. Saat otot tidak dapat lagi berkontraksi, kulit menjadi kurang mungkin berkerut dan tampak lebih halus.

Area kerutan pada wajah seperti pada dahi, di antara kedua alis, ataupun di tepi mata dapat ditangani dengan suntik botox.

Meski begitu, hasil penanganan dari prosedur ini tidaklah instan, umumnya dibutuhkan durasi waktu sekitar beberapa hari hingga 2 minggu sebelum terlihat hasil yang diharapkan.

suntik-botox.jpg

Suntik botox bisa menjadi cara mengatasi kerutan di wajah - OkayDoc

4. Pengelupasan Kulit dengan Bahan Kimia (Chemical Peel)

Mirip dengan dermabrasi, cairan kimia digunakan untuk merusak atau melukai lapisan kulit terluar sehingga tubuh akan merespon dengan memperbanyak produksi kolagen. Pasalnya saat sel-sel kulit mati mengelupas, sel-sel kulit baru akan menggantikannya.

Kulit ini akan cenderung lebih halus, lebih bebas keriput dan akan membuatmu tampak lebih muda.

5. Filler

Pada teknik ini, dokter akan menyuntik area kerutan dengan zat-zat tertentu yang membuat kulit tampak lebih berisi. Kulit yang berisi akan menyamarkan kerutan dan membuatmu tampak lebih muda.

Zat-zat pengisi (filler) cukup beragam. Beberapa di antaranya seperti kolagen, asam hialuronat, ataupun zat sintetis lainnya. Efek samping seperti memar, bengkak, atau kulit kemerahan dapat terjadi.

6. Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi memiliki prinsip yang serupa dengan prosedur dermabrasi. Pengikisan kulit dilakukan dengan alat khusus berbahan kristal silika atau aluminium. Namun, prosedur ini dipercaya memiliki risiko efek samping pada kulit yang lebih rendah dibandingkan dermabrasi.

Mikrodermabrasi dapat mengubah tekstur kulit menjadi lebih halus, mengurangi kerutan, garis-garis halus dan flek hitam. Pengelupasan lapisan kulit terluar (stratum corneum) juga dilakukan dengan minim rasa nyeri. Proses yang terjadi dapat diibaratkan seperti menyingkirkan plak dan sisa makanan saat menyikat gigi.

Baca Juga: Cara Mengatasi Wajah Kusam yang Aman Untukmu Ada di Sini

Sebelum memilih salah satu langkah penanganan medis di atas, sangat disarankan untuk terlebih dahulu berdiskusi dan meminta rekomendasi dari dokter. Pasalnya, belum tentu tindakan yang cocok pada orang lain juga pas untukmu.

Cara menghilangkan kerutan di wajah sangat beragam mulai dari menerapkan pola makan sehat hingga mengoleskan krim perawatan secara tepat. Oleh karena itu, catat dan praktikkan kiat-kiat tersebut agar kulit sehat dan terhindar dari keriput sedini mungkin.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Wajah
Mencegah Keriput dengan Lemon untuk Cantik Alami
Diah Ayu Lestari
15 Apr 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...