• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Jerawat sangat mengganggu penampilan bahkan bisa nyeri bila ditekan. Jerawat juga bisa muncul di bagian punggung yang sulit dijangkau. Jika kamu mengalaminya, tangani dengan cara menghilangkan jerawat punggung yang tepat ya!

Jerawat di punggung dapat muncul akibat kelenjar sebum (kelenjar minyak) yang terlalu aktif sehingga meningkatkan produksi sebum secara berlebihan. Sebum yang dikeluarkan tersebut dapat menumpuk bersama sel kulit mati dan bakteri. Kemudian, menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan munculnya jerawat.

Jenis-jenis Jerawat yang Bisa Muncul di Punggung

Jerawat kistik okaydoc

Jerawat kistik merupakan salah satu jenis jerawat yang dapat muncul di punggung - OkayDoc

Umumnya, jenis jerawat di punggung terkadang tidak sama dan memiliki karakteristik tersendiri pada tiap orang. Namun, umumnya jerawat yang muncul di punggung dibedakan berdasarkan karakteristik dan jenisnya.tersebut dapat digolongkan menjadi 6 jenis. Berikut di antaranya:

  • Kistik (Cystic acne). Jenis jerawat ini berukuran lebih besar, tampak meradang, dan timbul di permukaan kulit. Jerawat kistik tidak hanya menimbulkan nyeri tapi juga sering meninggalkan bekas luka berupa jaringan parut.
  • Nodul. Jerawat tipe nodul ditandai dengan terbentuknya lesi jerawat di bawah permukaan kulit. Penonjolan di atas permukaan kulitnya biasanya padat dan nyeri.
  • Papul. Jerawat ini memiliki ukuran yang kecil-kecil, berisikan massa padat, serta penonjolannya di atas permukaan kulit batasnya tegas. Terkadang perubahan warna kulit menjadi lebih merah muda di sekitarnya.
  • Pustul. Merupakan tipe jerawat yang lazim dialami dan merujuk pada istilah jerawat yang dikenal oleh awam. Benjolan pada jerawat pustul berisi nanah dan permukaan kulit yang memerah.
  • Komedo Terbuka (Tampak Hitam). Komedo terbentuk karena sebum (minyak) yang menyumbat folikel, tampak sebagai massa padat serta bereaksi dengan gas-gas di udara dan pigmen melanin sehingga penampilannya lebih gelap.
  • Komedo Tertutup (Tampak Putih). Penyumbatan folikel oleh sebum yang terjadi di lapisan kulit yang lebih dalam ini menimbulkan komedo putih atau komedo tertutup. Jenis komedo ini juga dikenal dengan nama whiteheads.

Baca Juga: 5 Macam-macam Jerawat dan Cara Penanganannya!

Begini Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung yang Efektif

Kentang goreng okaydoc

Keripik kentang merupakan salah satu jenis makanan yang menyebabkan timbulnya jerawat di punggung - OkayDoc

Terdapat 5 cara sederhana untuk menanggulangi jerawat di punggungmu. Simak perinciannya di bawah ini:

1. Perhatikan Pola Makan

Asupan makanan yang tidak sehat dapat memicu tumbuhnya jerawat di punggung. Jerawat bisa muncul pada kamu yang gemar mengonsumsi sajian karbohidrat dalam jumlah melebihi batas seperti keripik kentang dan roti putih.

Kandungan karbohidrat dalam hidangan tersebut dapat meningkatkan kadar gula darah dan berpotensi memicu kemunculan jerawat.

2. Penggunaan Produk Perawatan Tertentu

Pilihlah produk dengan bahan dasar yang aman untuk kulit berjerawat, seperti:

  • Carilah komposisi tea tree oil (minyak pohon teh Melaleuca alternifolia) dalam produk pembersih, pelembap, dan krim yang kamu gunakan setiap hari.
  • Temukan pembersih tubuh yang mengandung salicylic acid atau asam salisilat.
  • Pastikan produk yang digunakan berlabel ‘tidak menyumbat pori’ (non-comedogenic) dan ‘bebas pewangi’.
  • Produk khusus untuk kulit berjerawat biasanya mengandung bahan-bahan yang bisa menimbulkan efek kering pada kulit. Oleh karena itu, tetap gunakan pelembap badan namun pilih pelembap dengan label “oil-free”.
  • Kamu bisa mencoba krim untuk jerawat yang dijual bebas seperti yang berbahan dasar benzoil peroksida untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Pastikan kadarnya tidak lebih dari 2,5% untuk mencegah iritasi.

Mandi okaydoc

Membersihkan tubuh setelah beraktivitas merupakan cara menghindari dan menghilangkan jerawat punggung yang efektif - OkayDoc

3. Mandilah Setelah Beraktivitas

Mandi dapat membersihkan kotoran dan keringat yang menempel di tubuh saat melakukan aktivitas. Sebab, bila kamu tidak membersihkan diri seusai beraktivitas, kotoran akan terperangkap di kulit dan memicu timbulnya jerawat di punggung.

4. Hindari Menggunakan Pakaian Ketat

Busana yang terlalu sempit dapat menjebak kotoran dan keringat di punggungmu. Apalagi pada kamu yang sering melakukan latihan fisik atau aktif berkegiatan di luar. Keringat berlebihan yang terjebak dalam pakaian tersebut dapat memicu pertumbuhan jerawat di punggung.

Maka dari itu, kamu disarankan untuk menggunakan pakaian longgar dan berbahan menyerap keringat sehingga kotoran dan sel kulit mati tidak terperangkap di dalam pori-pori kulit.

Tabir surya okaydoc

Penggunaan tabir surya dengan bahan yang ramah di kulit dapat menjadi cara menghilangkan jerawat punggung - OkayDoc

5. Gunakan Tabir Surya

Tabir surya akan menghindarkan kamu dari paparan sinar ultraviolet yang merusak kulit. Gunakan tabir surya dengan label oil free untuk mencegah penyumbatan pori-pori.

Baca Juga: Pahami Ragam Jenis Tabir Surya Sesuai dengan Tipe Kulitmu

Sekarang kamu sudah tahu cara menghilangkan jerawat di punggung yang efektif, kan? Setelah kondisi pulih, hindari berbagai penyebab yang memicu jerawat muncul lagi.

Bagi kamu yang memiliki kondisi jerawat punggung yang amat mengganggu, cobalah tangani melalui bantuan dokter spesialis kulit. Terapkan anjuran dokter dan patuhi jenis pengobatan yang disarankan kepadamu dengan telaten. Selain mengatur diet sehat, kamu juga perlu menghindari stres dan menjalani gaya hidup yang lebih bersih.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...