• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Jerawat batu atau jerawat kistik adalah infeksi jerawat hingga lapisan kulit yang cukup dalam, memiliki rupa benjolan kemerahan dan berisi nanah. Jerawat ini sering kali menurunkan kepercayaan diri. Kenali cara menghilangkan jerawat batu agar wajahmu kembali bersih dan mulus.

Hormon androgen dipercaya memiliki peranan penting dalam munculnya jerawat batu. Peningkatan hormon ini bisa memicu produksi minyak dan memperbesar risiko tersumbatnya pori-pori, penumpukan bakteri di kulit wajah, serta menimbulkan jerawat.

Bakteri yang masuk ke pori-pori dapat menyebabkan area sekitar kulit menjadi meradang, merah dan bengkak. Kondisi ini lebih sering dialami oleh remaja hingga berusia sekitar 20 tahun. Tidak hanya pada kulit wajah, area punggung, dada, lengan, dan bahu juga dapat terkena.

Ragam Cara Menghilangkan Jerawat Batu secara Alami

cara menghilangkan jerawat batu dengan es batu

Es batu dipercaya dapat mengurangi perandangan dan inflamasi pada jerawat dan digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat batu - OkayDoc

Jerawat batu sebenarnya dapat diatasi dengan krim obat jerawat yang dijual di pasaran, ataupun antibiotik yang diresepkan oleh dokter spesialis kulit. Meski begitu, kamu juga dapat mencoba beberapa bahan alami di bawah ini.

1. Es Batu

Suhu dingin es batu dipercaya dapat mengurangi peradangan, serta membantu mengecilkan ukuran pori-pori. Sehingga, mengompres jerawat batu dengan es diyakini bisa mengurangi kondisi tersebut. Berikut cara penggunaannya.

  • Siapkan beberapa buah es batu dan balut menggunakan kain bersih.
  • Tempelkan pada kulit berjerawat selama sekitar 10 menit.
  • Kamu dapat mengulanginya hingga 2 kali sehari. Yaitu, setiap pagi dan malam hari.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya tidak hanya bersifat menenangkan kulit, tapi juga mengandung asam salisilat yang sudah sejak lama digunakan untuk mengatasi jerawat.

  • Siapkan satu buah lidah buaya dan belah menjadi dua.
  • Gunakan sendok dan ambil gel dari bagian dalamnya.
  • Oleskan pada wajah seperti menggunakan pelembap wajah.
  • Aplikasikan tiap hari 1-2 kali atau sesuai kebutuhan.

3. Teh Hijau

Teh hijau yang kaya akan antioksidan diyakini bisa mengurangi peradangan akibat jerawat batu. Cobalah cara berikut jika kamu ingin meredakan peradangannya:

  • Siapkan teh hijau dan seduh selama sekitar 4 menit.
  • Setelah dingin, ambil kapas dan aplikasikan sebagai masker teh hijau pada bagian yang berjerawat.
  • Biarkan hingga mengering, bilas, dan keringkan dengan cara menepuk-nepuk lembut dengan handuk bersih.

4. Air Perasan Lemon

Kandungan asam sitrat dalam lemon dapat berfungsi sebagai disinfektan bagi jerawat batu. Asam tersebut dapat membantu melawan bakteri dan mengeringkan jerawat.

  • Siapkan air perasan lemon dan kapas.
  • Celupkan kapas ke dalam perasan air lemon, lalu oleskan pada jerawat batu.
  • Biarkan selama 15 menit.
  • Bilas wajahmu dengan air hangat.
  • Lakukan langkah ini sehari sekali.

Bagi kulit sensitif yang rentan mengalami iritasi, terkadang reaksi iritasi dapat muncul saat memakai ramuan ini. Untuk mencegahnya, kamu bisa menambahkan air putih pada air perasan lemon sebelum pemakaian. Langkah ini akan mengurangi kadar asam di dalamnya.

Jumlah air putih yang ditambahkan sebaiknya sama dengan jumlah air perasan lemon yang kamu gunakan. Misalnya, jika kamu menggunakan 1 sendok teh air perasan lemon, air putih yang sebaiknya ditambahkan juga sebanyak 1 sendok teh.

5. Colloidal Oatmeal

Campuran colloidal oatmeal akan membantu mengangkat kulit mati sekaligus membersihkan pori-pori. Ramuan ini juga akan membantu menjaga agar kadar pH pada kulit tetap seimbang.

  • Campurkan oatmeal dengan air putih hingga rata.
  • Gosokkan secara perlahan-lahan dengan gerakan memutar pada kulitmu.
  • Lakukanlah sekali dalam sehari.

6. Minyak Daun Mint

Minyak daun mint ternyata dapat digunakan untuk meredakan peradangan pada jerawat tersebut. Minyak ini dipercaya banyak orang memberikan efek antiradang dan meringankan kondisi bengkak akibat jerawat batu. Namun, efek ini bisa berbeda-beda pada tiap orang.

Kemungkinan munculnya reaksi alergi seperti gatal-gatal dan kulit kemerahan bisa saja terjadi. Terlebih lagi, belum terdapat bukti ilmiah yang kuat terkait penggunaan bahan ini. Untuk itu, hindari menggunakan minyak daun mint sebelum diencerkan. Hindari pula penggunaan pada area kulit dekat mata.

7. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel ternyata dapat digunakan untuk meredakan kondisi jerawat batu. Kandungan asam di dalamnya dipercaya memiliki efek antibakteri dan bisa melawan bakteri penyebab jerawat.

Untuk menggunakan bahan alami ini, hindari mengaplikasikannya langsung pada kulit wajah. Campurkan terlebih dahulu cuka sari apel dengan air, dengan volume air 3 kali lebih banyak dari volume cuka. Gunakan campuran tersebut sebagai toner alami. Hindari juga penggunaan cuka sari apel pada area kulit yang sensitif dan pada luka terbuka.

Baca Juga: Macam-macam Jerawat dan Cara Penanganannya!

Cegah Jerawat Batu Datang Kembali dengan Cara Ini

cara mencegah jerawat batu datang kembali

Rutin membersihkan wajah dapat membantumu terhindar dari masalah kulit termasuk jerawat batu - OkayDoc

Setelah berhasil melakukan beberapa cara di atas, sebaiknya kamu mencegah jerawat batu datang kembali dengan beberapa langkah di bawah ini.

1. Rutin Membersihkan Wajah

Bersihkan wajah 2 kali sehari, sebelum beraktivitas dan pada malam hari. Pilih pembersih wajah yang mampu membersihkan kotoran dan minyak di kulit, namun tidak menghabiskan seluruh minyak pada wajah. Hal itu justru dapat berbalik mengiritasi atau membuat kulit wajah kering.

Saat sedang berjerawat, hindari penggunaan scrub yang justru dapat mengiritasi kulit. Sebelum mencuci muka, kamu sebaiknya mengetahui cara mencuci muka yang benar terlebih dahulu, ya.

2. Hindari Memencet Jerawat

Sering memencet jerawat yang sedang meradang, bukan mengurangi jerawat yang timbul, tapi malah memperparah kondisinya sekaligus meningkatkan risiko meninggalkan bekas jerawat yang sulit hilang.

3. Jangan Salah Pilih Produk Kecantikan

Menggunakan beberapa jenis produk kecantikan tertentu mungkin dapat memperburuk kulit berjerawat. Coba pilih produk yang mencantumkan label non-comedogenic dan produk bebas minyak (oil-free). Produk tersebut dinilai dapat membantumu agar terhindar dari bertambah parahnya masalah jerawat pada kulit.

4. Gunakan Tabir Surya Tiap Hari

Apabila kamu sedang menjalani perawatan kulit berjerawat, lengkapi pemakaian produk dengan tabir surya. Penggunaan tabir surya setiap hari dapat mencegah kulit terbakar. Pasalnya pengobatan jerawat kerap membuat kulit lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari.

5. Mengubah Pola Makan

Pola makan yang sehat dan penuh nutrisi ternyata berpengaruh pada kondisi kulit berjerawat batu. Beberapa makanan dapat meningkatkan kadar gula dalam darah yang menyebabkan produksi sebum di kulit meningkat pula. Sementara itu, sebum yang menumpuk di kulit berpotensi menimbulkan jerawat.

Sebagai usaha meredakan kondisi jerawat batu, kamu bisa mulai memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Cobalah untuk meningkatkan asupan asam lemak omega-3 yang terdapat pada ikan seperti sarden, makarel, dan salmon.

Berikut beberapa sumber asam lemak omega-3 lain yang bisa kamu konsumsi:

  • Kacang kedelai dan produk turunannya seperti tahu dan tempe
  • Sayuran seperti bayam dan kale
  • Kacang tertentu seperti kacang almond dan walnut

Makanan tinggi kandungan zinc, vitamin A dan E, serta antioksidan juga sebaiknya sering kamu konsumsi misalnya sayuran dan buah-buahan tinggi beta karoten. Batasi juga konsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi seperti roti, bagel, sereal instan, pasta, dan aneka camilan kemasan.

Baca Juga: 8 Jenis Perawatan Menghilangkan Bekas Jerawat! (Kulit Mulus)

Rasa sakit atau gatal yang muncul pada jerawat batu memang dapat mengganggu, belum lagi dapat mengganggu penampilan. Lakukanlah beberapa cara menghilangkan jerawat batu secara alami di atas untuk mengusirnya.

Tapi ingat, kamu juga harus menjaga kebersihan kulit dan menerapkan pola hidup sehat untuk mencegahnya muncul kembali.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Wajah
9 Bahan Efektif untuk Mengobati Jerawat Batu
Arif Gunawan
05 Nov 2017
Gangguan Kesehatan
6 Penyebab Benjolan di Belakang Telinga dan Cara Periksanya
Annisa Trimirasti
07 May 2018
Kebugaran
Apakah Air Minum Kamu Sudah Bebas Bakteri Dan Parasit?
Tsalis Annisa
05 Oct 2018
Pasangan
Hubungan Intim Lebih Nikmat, Cobalah 5 Teknik Foreplay Ini!
Diah Ayu Lestari
13 Jul 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...