• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Rasa gatal bisa mengganggu konsentrasi bahkan mungkin membuatmu malu karena terus menggaruk. Karenanya, cari tahu cara menghilangkan gatal yang tepat di sini!

Kulit yang terasa gatal bisa disebabkan oleh ragam alasan, mulai dari gigitan serangga, alergi, kulit kering, hingga penyakit kulit seperti psoriasis. Cara menghilangkan gatal yang benar adalah dengan menyesuaikan penyebabnya.

Cara Menghilangkan Kulit Gatal dengan Alami

cara menghilangkan gatal

Mandi dengan air dingin merupakan salah satu cara menghilangkan gatal di badan - OkayDoc

Secara umum, berikut adalah pilihan cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi rasa gatal dengan segera.

1. Mendinginkan Area Kulit yang Gatal

Gatal dapat diredakan dengan sentuhan rasa dingin. Cara melakukannya mudah. Cukup celupkan kain ke air dingin atau bungkus batu es dengan kain kemudian tempelkan pada area kulit yang gatal.

Kompres dingin membantu meredakan iritasi sekaligus mengangkat sel-sel kulit mati. Kedua hal tersebut akan mengurangi rasa gatal di kulitmu.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Gatal Alergi yang Ampuh dan Tepat!

2. Mandi dengan Air Dingin

Bila memungkinkan, aliran air dingin juga dapat mengatasi rasa gatal. Kamu bisa mencuci area yang gatal, mandi, ataupun berendam di air dingin. Jika kamu bisa berendam, coba campurkan minyak alami ke bak mandi.

Beberapa minyak alami yang bisa dipilih adalah minyak bunga lavender atau chamomile. Di mana, selain meredakan gatal, kedua minyak ini juga menenangkan.

3. Berendam dengan Oatmeal Khusus

Oatmeal yang dimaksud di sini bukan bubur gandum yang bisa dikonsumsi untuk sarapan. Jenis oatmeal ini dibuat khusus untuk mengatasi kulit gatal yang dikenal dengan istilah collidal oatmeal.

Collidal oatmeal akan membentuk lapisan pelindung pada kulit, sehingga kelembapannya terjaga. Inflamasi dan iritasi yang menyerang kulitmu juga akan berkurang.

Kamu bisa membeli oatmeal ini dalam bentuk bubuk. Untuk menggunakannya, isi bak mandi dengan air hangat dan tuangkan bubuk collidal oatmeal sesuai dengan yang ukuran dianjurkan pada kemasan. Setelah oatmeal larut, kamu bisa berendam selama kira-kira 15 menit.

Setelah selesai, seka tubuhmu dengan handuk lembut dan jangan dibilas. Kemudian oleskan pelembap kulit yang ringan dan bebas parfum.

cara menghilangkan gatal dengan bahan alami

Kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya untuk membantu meredakan gatal - OkayDoc

3. Menggunakan Lidah Buaya

Manfaat dari lidah buaya itu sendiri sangat banyak. Bagian gel dari tumbuhan lidah buaya atau aloe vera memiliki sifat anti radang, anti jamur juga anti bakteri. Sifat-sifat tersebut dapat membantu menghilangkan rasa gatal, terutama bila penyebabnya adalah gigitan nyamuk atau luka bakar.

Cara menggunakannya mudah, cukup potong lidah buaya dan oleskan gelnya ke area yang terasa gatal. Bila kamu sulit menemukan tumbuhan ini, gel lidah buaya dalam kemasan dapat dibeli di apotek.

Tapi, perlu diingat, bahwa gel lidah buaya tidak untuk dioleskan pada kulit yang mengalami iritasi atau luka terbuka.

5. Menggunakan Baking Soda

Baking soda dikenal memiliki sifat antipruritik atau anti gatal. Bubuk ini bisa digunakan untuk mengatasi segala jenis gatal tetapi lebih efektif saat kondisi disebabkan oleh gigitan atau sengatan serangga.

Untuk menggunakannya, kamu bisa berendam dalam air yang dicampurkan dengan baking soda selama 30 menit hingga 1 jam.

perbanyak minum air putih

Perbanyak minum air karena gatal dapat disebabkan karena kulit kering - OkayDoc

6. Perbanyak Minum Air dan Perhatikan Menu Makanan

Rasa gatal dapat terjadi karena kulit kering. Jadi, untuk mengatasinya kamu bisa minum banyak air agar kulit menjadi lebih lembap. Rekomendasi sehat asupan air mineral per hari adalah 6 hingga 8 gelas atau sekitar 1,5 sampai 2 liter.

Selain itu, perhatikan juga asupan menu makanmu. Di mana beberapa makanan dan minuman seperti sajian pedas, kafein dan alkohol dapat memperburuk kondisi gatal karena bisa berpengaruh pada aliran darah kulit.

Ragam Krim dan Obat untuk Menghilangkan Gatal

obat gatal

Cara menghilangkan gatal dengan salep yang dijual bebas juga bisa kamu lakukan - OkayDoc

Selain cara-cara di atas, tersedia juga beragam obat dan lotion yang dapat menghilangkan rasa gatal. Berikut ragam cara yang bisa kamu pilih

1. Krim Pelembap

Olesan pelembap akan membantu mengatasi kulit kering sekaligus membuatnya terhidrasi. Agar tidak bingung, berikut saran pelembap yang bisa kamu pilih.

- Mengandung sedikit bahan kimia untuk menghindari kemungkinan kulit alergi dengan bahan tesebut

- Tidak mengandung pewangi ataupun alkohol karena keduanya justru dapat memperparah rasa gatal dan membuat kulit lebih kering

- Lebih baik pilih produk dengan kandungan petroleum jelly yang dapat membantu melembapkan kulit yang teriritasi

- Memilih pelembap dengan kandungan minyak atau emolien (bahan untuk menghaluskan kulit) bila kulit terasa kering ataupun mengelupas

Kamu juga dapat membuat krim pelembap sendiri. Caranya dengan menghaluskan seperempat alpukat, krim kue (heavy krim), dan satu sendok makan madu bersama-sama.

krim pelembab

Meminum anti histamin dapat membantu meredakan gatal - OkayDoc

2. Antihistamin

Bila gatal disebabkan oleh alergi, kamu dapat minum tablet antihistamin. Di mana gejala alergi biasanya disebabkan oleh senyawa histamin di dalam tubuh.

Bila kamu belum pernah mengonsumsinya, konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi obat ini. Dimana antihistamin tidak cocok untuk semua orang. Dan perlu dicatat, sebagian besar obat ini menimbulkan efek samping mengantuk.

Selain menerapkan ragam cara menghilangkan gatal di atas, penting di catat untuk hindari menggaruk area gatal. Meskipun tampak logis untuk dilakukan, menggaruk bisa melukai kulit, menyebabkan infeksi dan memperlambat proses penyembuhan, terlebih lagi bila kamu terluka.

Cara Menghilangkan Gatal

Baca Juga: Pahami Ciri-Ciri Alergi pada Kulit dan Jenis Alerginya!

Untuk mencegah rasa gatal di kemudian hari, sebaiknya kenakanlah pakaian yang longgar dan nyaman seperti dari bahan katun. Perhatikan juga pilihan deterjen. Kamu disarankan untuk memilih deterjen tanpa pewangi dan mengandung sedikit bahan kimia.

Setelah mengetahui berbagai trik di atas, tidak perlu panik lagi ya saat gatal menyerang!

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...