• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya, bekas luka di wajah lebih sulit dihilangkan karena terus menerus terpapar oleh lingkungan sekitar. Padahal wajah adalah bagian pertama yang dilihat oleh orang lain.

Seperti halnya di bagian lain tubuh, bekas luka pada wajah umumnya tidak sepenuhnya hilang. Namun kamu tetap bisa memudarkan dan mengecilkan ukurannya dengan beberapa cara menghilangkan bekas luka di wajah.

Jenis-Jenis Bekas Luka di Wajah

macam-macam jenis luka di wajah

Bekas luka di wajah dapat berbentuk dan disebabkan oleh beragam hal- OkayDoc

Bekas luka pada wajah tidak selalu disebabkan oleh jerawat. Parut pada kulit ini dapat hadir dalam beragam bentuk dan penyebab. Bentuknya dapat berupa garis halus, berlubang, atau tumbuhnya jaringan abnormal pada kulit.

Berikut beberapa jenis bekas luka di wajah:

Bekas Jerawat

Sebagian tipe jerawat bisa menimbulkan bekas luka yang lebih sulit dihilangkan. Bekas jerawat dapat menimbulkan bopeng atau permukaan kulit yang tampak berlubang. Untuk itu, dibutuhkan perawatan untuk menghilangkan bekas jerawat.

Keloid

Keloid terjadi ketika penyembuhan luka terjadi secara agresif. Jaringan tumbuh sampai melebihi bagian luka dan terus berkembang meskipun luka sudah sembuh. Hal ini disebabkan oleh produksi kolagen berlebih saat masa penyembuhan.

Cara menghilangkan keloid juga termasuk sulit dibandingkan luka lain.

Bekas Luka Gores

Jenis ini umumnya muncul pada luka gores atau setelah operasi. Awalnya bekas luka timbul dan berwarna merah kemudian berubah menjadi pucat dan permukaannya makin rata. Luka ini umumnya terasa gatal saat baru muncul, namun tidak terasa sakit.

Parut Luka Bakar

Pada luka bakar derajat lanjut, komplikasinya antara lain menyebabkan kontraktur atau pemendekan jaringan (bisa berupa kulit hingga jaringan di bawahnya seperti ligamen dan otot). Keadaan ini menyebabkan kulit dan jaringan di bawahnya menjadi kaku dan menyebabkan kesulitan bergerak.

Luka bakar yang parah juga dapat menyebabkan gangguan pada otot serta saraf apabila kerusakan yang terjadi cukup dalam.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar yang Cepat dan Aman

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah

Berbagai jenis luka di atas dapat diatasi dengan cara yang berbeda sesuai kondisi kulit masing-masing orang. Berikut beberapa pilihan cara menghilangkan bekas luka yang bisa kamu pilih.

1. Samarkan Bekas Luka dengan Makeup

cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan make up

Gunakan makeup untuk menutupi bekas luka di wajah - OkayDoc

Cara mudah untuk menghilangkan bekas luka adalah dengan menyamarkannya. Pilihlah makeup yang dapat digunakan pada bekas luka agar aman bagi kulit wajah.

Terdapat jenis makeup khusus untuk menyamarkan bekas luka di wajah yang biasanya dijual bebas. Makeup jenis ini umumnya anti air dan dapat bertahan lebih lama dari makeup biasa.

Sebelum menggunakannya, kamu tetap disarankan untuk mengonsultasikannya terlebih dahulu kepada dokter untuk mengetahui keamanannya.

2. Penggunaan Silikon Gel

obat oles

Silicone gel bisa juga digunakan untuk mengatasi bekas luka pada wajah - OkayDoc

Obat oles berbahan silicone gel umum diresepkan untuk membantu memudarkan bekas luka. Obat ini berwarna bening dan cenderung lekas kering sehingga tidak meninggalkan bekas.

Namun sama seperti penggunaan obat lain, senantiasa diskusikan terlebih dulu dengan dokter sebelum kamu memakai obat oles ini. Langkah ini akan menjauhkanmu dari efek samping yang tidak diinginkan.

3. Pengelupasan Kulit dengan Bahan Kimia

cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan bahan kimia

Pengelupasan dengan bahan kimia akan memunculkan kulit baru yang lebih muda  - OkayDoc

Proses pengelupasan dengan bahan kimia (chemical peel) merupakan salah satu pilihan. Lapisan kulit baru kemudian akan muncul setelah kulit lama terkelupas.

Terdapat 3 jenis chemical peel yang dapat dilakukan, yaitu pengelupasan dalam, dangkal dan sedang. Ketiga jenis perawatan ini diperuntukkan untuk mengatasi kondisi kulit yang berbeda dengan bahan yang juga berbeda.

Sayangnya setelah kulit mengelupas, kulit baru akan sangat sensitif terhadap sinar matahari. Terutama bagi orang dengan kulit sensitif berisiko terjadi iritasi.

4. Penanganan dengan Laser

cara-menghilangkan-bekas-luka-di-wajah-laser.jpg

Perawatan laser erbium dianggap paling aman untuk menghilangkan bekas luka di wajah - OkayDoc

Cara menghilangkan bekas luka di wajah ini umumnya dilakukan oleh praktisi berlisensi dan hasilnya cukup efektif. Perawatan ini dapat membantu meredakan gejala seperti gatal, sakit, warna kulit tidak merata, dan meratakan permukaan bekas luka.

Terdapat 2 tipe laser yang biasa digunakan. Laser erbium dianggap paling aman untuk menghilangkan bekas luka di wajah, namun penggunaan laser karbondioksida disebut merupakan yang paling efektif.

Dokter akan menentukan laser apa yang paling tepat digunakan untuk masalah kulitmu. Meskipun aman, penanganan dengan cara ini juga tidak sepenuhnya sempurna. Tetap ada kemungkinan iritasi dan perubahan pigmentasi kulit setelah prosedur.

5. Dermabrasi

cara-menghilangkan-bekas-luka-di-wajah-dermabrasi.jpg

Dermabrasi termasuk efektif untuk menghilangkan bekas luka - OkayDoc

Prosedur dermabrasi merupakan cara menghilangkan bekas luka di wajah yang paling efektif dan cukup populer. Perawatan ini hanya dapat dilakukan oleh dokter spesialis kulit menggunakan sikat atau roda yang terbuat dari sejenis kawat khusus.

Dermabrasi dilakukan dengan tujuan agar lapisan terluar kulit dapat terkelupas. Sayangnya, metode ini masih memiliki beberapa risiko komplikasi seperti infeksi, warna kulit menjadi gelap atau tidak merata serta kemerahan dan bengkak.

Perawatan ini juga tidak cocok dilakukan pada orang dengan kulit yang sensitif dan menderita penyakit autoimun. Agar mengetahui apakah perawatan ini cocok untuk kondisi kulitmu, diskusikanlah dengan dokter terkait.

6. Operasi 

cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan operasi plastik

Bekas luka yang dalam dan luka bakar umumnya dihilangkan dengan operasi plastik - OkayDoc

Operasi untuk menghilangkan bekas luka misalnya pada kasus luka bakar yang dilakukan dengan cangkok kulit. Pada perawatan ini, dokter akan mengambil kulit dari bagian tubuh lain untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi.

Selain untuk memperbaiki penampilan, operasi juga digunakan untuk memperbaiki fungsi tubuh yang terganggu akibat bekas luka.

Prosedur operasi juga dapat membuat bekas luka terlihat lebih alami dan samar. Namun di balik beragam manfaat ini, ada pula efek samping yang mungkin muncul. Misalnya, infeksi atau bekas luka yang semakin besar.

7. Perawatan Sendiri Di Rumah

cara-menghilangkan-bekas-luka-di-wajah-madu.jpg

Hilangkan bekas luka di wajahmu dengan bahan alami seperti madu - OkayDoc

Menghilangkan bekas luka sendiri di rumah tentunya dapat mengurangi biaya perawatan yang dibutuhkan. Bahan yang umum digunakan untuk menghilangkan bekas luka di wajah antara lain adalah madu dan gel petroleum.

Gel petroleum mempunyai kemampuan untuk membuat kulit menjadi lebih lembab sehingga mencegah bekas luka bertambah parah. Sedangkan madu dipercaya dapat mengurangi kemerahan serta infeksi pada kulit.

Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk membuktikan efek kedua bahan ini secara klinis. Penggunaan bahan tersebut juga memiliki risiko menimbulkan alergi pada beberapa orang.

Bekas luka pada wajah tak hanya memberikan efek pada penampilan. Jika terlihat mencolok, bahkan bisa menyebabkan depresi dan masalah emosional lainnya. Oleh sebab itu, menghilangkan bekas luka di wajah sangatlah penting bagi sebagian orang.

Baca Juga : Simak Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami Ini!

Cara menghilangkan bekas luka di wajah paling aman dan efektif jika diawali dengan konsultasi bersama dokter kulit. Dokter akan memeriksa dan memberikan pilihan untuk mengatasinya.

Risiko komplikasi yang mungkin terjadi juga akan dijelaskan oleh dokter. Kemudian kamu dapat berdiskusi untuk mempertimbangkan dan memilih cara terbaik.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Kulit
Simak 7 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami Ini!
Maya Ligina
13 May 2018
Kulit
Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air dengan Obat dan Alami
Eka Aulia
06 Oct 2018
Gangguan Kesehatan
Beragam Risiko Sedot Lemak, bahkan Dapat Mengancam Nyawa?
Vivi Hermin
06 May 2018
Kebugaran
Fakta Seputar Sedot Lemak yang Penting Kamu Ketahui!
Annisa Trimirasti
26 Oct 2017
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...