• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Terkena air panas hingga terbakar api dapat menyebabkan luka bakar dan meninggalkan bekas. Berbagai komplikasi kesehatan sampai kejiwaan dapat hadir akibat kondisi ini. Karenanya, ketahui cara menghilangkan bekas luka bakar.

Bekas luka bakar tak hanya bisa menurunkan rasa percaya diri, namun dapat berdampak pula pada kondisi fisik, emosional, sosial, hingga ekonomi. Penanganan kondisi ini sangat beragam tergantung pada tingkat keparahan dan jenisnya.

Jenis Luka Bakar dan Bekas yang Ditimbulkannya

cara-menghilangkan-bekas-luka-bakar-OkayDoc.jpg

Perbedaan tingkat keparahan luka bakar akan menimbulkan beragam bekas luka - OkayDoc

Secara umum, bekas luka bakar akan terlihat mengilap dan lebih gelap dari warna kulit di sekitarnya. Warna kemerahan dan pigmentasi tidak merata yang disertai dengan tekstur kulit lebih tebal serta keras dari kondisi normal juga dapat muncul.

Deskripsi tampilan bekas luka dapat dijelaskan lebih spesifik sesuai dengan jenisnya. Luka bakar dibedakan menjadi luka bakar tingkat 1, 2, dan 3. Setiap tingkat memiliki risiko yang berbeda.

Tingkat 1

Pada tingkat pertama ini, kerusakan hanya terjadi pada lapisan kulit terluar. Keluhan yang muncul berupa kulit memerah dan rasa sakit. Luka ini biasanya sembuh dalam seminggu tanpa menimbulkan bekas luka.

Tingkat 2

Berbeda dengan tingkat 1, luka bakar tingkat 2 akan merusak kulit hingga lapisan dermis. Lapisan ini berada di bawah lapisan terluar. Kulit pun akan terasa sakit, berwarna kemerahan, dan melepuh. Luka ini akan membekas dan butuh waktu lebih lama untuk hilang.

Tingkat 3

Kerusakan pada luka bakar tingkat 3 dapat mencapai tulang, otot, dan saraf di area luka terbakar. Kulit juga bisa berubah warna menjadi putih atau menghitam. Usaha lebih dibutuhkan untuk menghilangkan bekas luka bakar ini.

Baca Juga : Kenali Tiap Derajat Luka Bakar dan Komplikasinya

Cara Menangani Luka Bakar agar Tidak Berbekas

aliranair.jpg

Meski bukan cara menghilangkan bekas luka bakar, aliran air dapat menjadi pertolongan pertama - OkayDoc

Ketika kulit terbakar, sel-sel kulit akan mati. Penanganan akan segera dilakukan oleh tubuh dengan memproduksi kolagen (sejenis protein). Untuk membantu proses tersebut, ada beberapa penanganan mandiri yang bisa dilakukan, berikut beberapa di antaranya

1. Aliran Air

Kucuran air bisa menjadi langkah pertolongan pertama untuk mengatasi luka bakar tingkat 1 dan 2. Cukup alirkan air ke area kulit yang terbakar selama sekitar 20 menit kemudian cuci luka dengan sabun berbahan lembut dan bilas dengan air.

Hindari menempelkan es batu secara langsung pada area luka karena bisa memperparah kondisi dengan merusak jaringan kulit. Namun, kompres dingin masih boleh digunakan. Gunakan handuk steril dan air dingin, perhatikan agar jangan melebihi 5 – 15 menit tiap kali kompres.

Selain itu, kamu sebaiknya tidak menempelkan gumpalan kapas pada luka bakar. Karena serat-serat kecil pada kapas bisa menempel dan meningkatkan risiko infeksi.

2. Salep Antibiotik dan Obat Pereda Nyeri

Krim dan salep antibiotik dapat membantu mencegah infeksi akibat bakteri. Kamu bisa mengoleskannya pada luka bakar kemudian menutupi luka dengan kain atau perban agar area tersebut tetap steril.

Selain salep, kamu juga bisa mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen untuk mengurangi rasa sakit akibat luka bakar.

3. Gel Lidah Buaya

Lidah buaya disebut efektif untuk menyembuhkan luka bakar tingkat 1 dan 2 karena kemampuannya dalam yang dapat melancarkan sirkulasi darah, menghambat pertumbuhan bakteri serta bersifat anti inflamasi sekaligus menyejukkan.

Kamu bisa mendapatkannya langsung dari potongan tumbuhan ini atau membeli gel lidah buaya kemasan yang dijual bebas. Carilah gel lidah buaya yang tidak mengandung alkohol ataupun pewangi. Oleskan gel ini saat luka bakar sudah berusia 2 sampai 3 hari, serta hindari luka terbuka.

lidah-buaya-luka-OkayDoc.jpg

Gel lidah buaya dapat mempercepat selakukan menjadi cara menghilangkan bekas luka bakar - OkayDoc

4. Tabir Surya

Area kulit yang belum lama terbakar lebih rentan mengalami iritasi akibat sengatan sinar matahari. Oleh karena itu, kamu bisa mengoleskan lotion tabir surya minimal SPF 30 ke area ini untuk melindungi pertumbuhan kulit baru.

Lotion lain dengan kandungan antihistamin juga bisa kamu oleskan untuk membantu meredakan gatal selama proses penyembuhan luka bakar. Namun, hindari penggunaannya bila luka turut mengalami koreng.

Luka bakar tingkat 3 sebaiknya tidak ditangani secara mandiri karena dapat menyebabkan komplikasi serius termasuk infeksi dan syok. Luka bakar ini dapat merusak jaringan yang lebih dalam hingga saraf.

Berbagai Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar

cara-menghilangkan-bekas-luka-bakar-OkayDoc.jpg

Cara menghilangkan bekas luka bakar tingkat 2 dan 3 hanya dapat diatasi dengan prosedur medis oleh dokter - OkayDoc

Selama proses penyembuhan luka bakar, kulit akan menebal dan berubah warna dan pada beberapa kasus bekas luka tersebut bisa tidak menghilang atau berbekas.

Kondisi ini umumnya terjadi pada beberapa bekas luka bakar tingkat 2 dan 3, saat luka bakar tingkat 1 biasanya dapat sembuh tak bersisa. Cara menghilangkan bekas luka bakar jenis ini hanya dapat dilakukan melalui prosedur medis seperti: 

5. Micropigmentation

cara-menghilangkan-bekas-luka-bakar-OkayDoc.jpg

Micropigmentation akan menyamarkan bekas luka dengan memberikan efek warna kulit yang sama dengan kulit sekelilingnya - OkayDoc

Micropigmentation adalah prosedur untuk menyamarkan bekas luka. Proses ini akan menanamkan pigmen alami di bawah kulit tempat bekas luka. Sehingga warna bekas luka akan terlihat sama dengan kulit sehat di sekelilingnya.

Cara kamuflase ini sangat bermanfaat, terutama, dalam mengatasi perbedaan warna bekas luka yang terlihat mengganggu pada kulit normal. Hasilnya adalah warna kulit yang tidak lagi menarik perhatian ataupun menurunkan tingkat percaya dirimu.

Selain itu, ada beberapa manfaat lain yang dapat diperoleh, seperti melembutkan bekas luka yang keras dan membuatnya datar. Meski demikian, perhatikan juga risiko yang mungkin terjadi. Micropigmentation berpotensi menyebabkan peradangan, infeksi, dan alergi.

6. Skin Graft

cara-menghilangkan-bekas-luka-bakar-OkayDoc.jpg

Skin graft merupakan prosedur transplantasi kulit sehat ke bagian bekas luka - OkayDoc

Skin graft adalah salah satu prosedur operasi untuk mengatasi bekas luka bakar. Proses ini melibatkan pengangkatan jaringan parut di mana dokter akan melakukan transplantasi kulit sehat dari bagian tubuh lain ke area bekas luka.

Cara ini dipilih saat kondisi rawan terkena infeksi. Atau, jika kulit bekas luka tidak lagi mampu melindungi bagian di bawahnya. Terdapat dua jenis skin graft yaitu ketika transplantasi hanya dilakukan pada lapisan kulit terluar atau melibatkan seluruh lapisan dermis.

Cara pertama menawarkan waktu pemulihan lebih cepat dari cara kedua yang umumnya dapat sembuh lebih dari 3 minggu. Namun, tetap ingat untuk mempertimbangkan pilihan prosedur ini. Pasalnya, langkah operasi mungkin saja menimbulkan efek samping seperti menyebabkan bekas luka baru.

7. Perawatan Laser

Penanganan dengan sinar laser juga bisa menjadi pilihan metode dalam menghilangkan bekas luka. Prosedur dapat dilakukan dengan menembakkan cahaya dengan intesitas tinggi pada area kulit yang mengalami bekas luka.

Selain itu, perawatan ini juga dipercaya dapat mengurangi tampilan bekas luka atau keloid yang timbul, menyamarkan warna bekas luka seperti kemerahan, hingga mengurangi rasa gatal dan bengkak pada kulit.

cara-menghilangkan-bekas-luka-bakar-perawatan-laser-okaydoc

Prosedur dapat dilakukan dengan menembakkan cahaya dengan intensitas tinggi pada area kulit yang mengalami bekas luka - OkayDoc

8. Injeksi Steroid

Metode lainnya yang bisa dicoba adalah injeksi steroid. Proses penanganan ini dapat meredakan rasa sakit dan gatal serta mengurangi ukuran bekas luka, terutama jenis keloid. Studi bahkan menunjukkan bahwa metode ini dapat mengecilkan ukuran bekas luka hingga sebesar 50%.

Meski begitu, tetap terdapat kemungkinan terjadinya efek samping pasca prosedur. Misalnya, penipisan kulit atau bintik-bintik gelap di area bekas suntikan.

Baca Juga : 8 Cara Mengobati Bekas Luka Bakar yang Bisa Dilakukan Sendiri! 

Setelah melakukan penanganan terhadap bekas luka bakar, perhatikan juga arahan dan aturan selama proses penyembuhan yang dianjurkan dokter. Amati perubahan yang dirasakan. Jika terjadi infeksi atau keluhan lain pada bekas luka yang baru ditangani, segera hubungi dokter.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...