• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Salah satu dampak yang paling terasa setelah sembuh dari cacar air adalah bekasnya yang sangat sulit dihilangkan. Cara menghilangkan bekas cacar air ini tidak boleh dilakukan dengan sembarangan karena bisa berakibat buruk bagi kulitmu.

Sejatinya, cara memudarkan bekas cacar air mirip dengan proses menyamarkan bekas luka. Nah, sejumlah cara jitu untuk menghilangkan bekas luka dan bekas cacar berikut bisa kamu coba!

Mengatasi Bekas Cacar Air dengan Obat-obatan

cara menghilangkan bekas cacar air OkayDoc

Beberapa krim yang dijual apotek dapat kamu gunakan untuk menghilangkan bekas cacar air - OkayDoc

Terdapat 3 jenis obat yang dinilai efektif untuk menyamarkan bekas cacar air pada kulitmu. Berikut di antaranya:

Gel Silikon

Gel silikon bermanfaat pada bekas cacar air karena dapat meningkatkan hidrasi permukaan kulit bagian luar, melindungi jaringan parut dari infeksi bakteri, mencegah produksi kolagen berlebih di area luka (seperti pada bekas luka jenis keloid), serta merangsang perbaikan jaringan.

Selain itu, gel silikon juga memiliki keunggulan lain. Obat oles ini dapat mengurangi rasa gatal dan tidak nyaman akibat bekas luka, mudah digunakan, serta umumnya tidak menimbulkan efek samping pada kulit sensitif maupun anak-anak.

Kamu bisa mengoleskannya di atas jaringan parut yang tidak rata atau bekas luka lainnya. Namun, gel ini tidak boleh dioleskan pada luka terbuka.

Baca Juga: Simak 3 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami Ini!

Krim Retinol

Retinol terbukti secara klinis mampu meningkatkan produksi kolagen. Cara penggunaan krim turunan vitamin A ini sama seperti gel silikon, yaitu dioleskan pada bekas luka.

Oleskanlah krim ini pada bekas luka tiap malam, menjelang jam tidurmu. Krim ini akan memproduksi kolagen pada bagian kulit yang kekurangan protein ini.

Namun, krim retinol dapat berpotensi menimbulkan iritasi kulit pada beberapa orang karena kandungannya yang tergolong keras. Bila kulitmu sensitif dan mudah teriritasi, sebagai alternatif, kamu cukup mengoleskan krim ini 2 hari sekali.

Pengelupasan Kulit

Proses ini bisa dilakukan dengan bahan kimia atau alat tertentu. Tujuannya adalah mengelupas kulit lama agar kulit baru bisa tumbuh.

Contoh produk yang bisa kamu gunakan meliputi scrub maupun sikat khusus. Kamu dianjurkan untuk melakukannya secara rutin tiap 3 hari sekali.

Pengelupasan kulit dengan krim khusus juga mungkin dilakukan. Jangan lupa untuk mematuhi aturan pakai yang tercantum dalam kemasan.

Sebelum mencoba obat-obatan ini, pastikan kamu mengetahui jenis kulit dan kecocokannya dengan bahan-bahan tersebut. Diskusikan dengan dokter kulit bila kamu ragu.

Bahan Alami untuk Menghilangkan Bekas Cacar Air

cara menghilangkan bekas cacar air OkayDoc

Minyak rosehip juga bisa kamu oleskan untuk menyamarkan bekas cacar kulit - OkayDoc

Di samping obat-obatan di atas, ada juga sejumlah bahan alami yang dipercaya ampuh sebagai cara menghilangkan bekas cacar air. Yuk, kenali apa saja bahan alami tersebut.

Minyak Rosehip

Di Indonesia, minyak ini dikenal dengan sebutan minyak biji bunga mawar. Minyak esensial ini mengandung vitamin C dan A yang dapat membantu menjaga kesehatan kulitmu.

Kedua vitamin tersebut diyakini bisa melindungi kulit dari radikal bebas dan mengurangi kerusakan akibat sinar ultraviolet. Kerutan juga dianggap bisa berkurang berkat vitamin ini.

Vitamin C dapat mendukung produksi kolagen. Sementara vitamin A bisa membantu mengurangi hiperpigmentasi kulit atau flek hitam di wajah.

Sejumlah penelitian turut mengungkapkan bahwa penggunaan minyak ini dapat memperbaiki penampilan kulit dengan bekas luka bila digunakan sebanyak 2 kali sehari. Agar hasilnya optimal, gunakanlah minyak ini selama 12 minggu.

Ekstrak Bawang Bombai

Perawatan alami untuk mengatasi bekas luka berikutnya adalah ekstrak bawang bombai. Ekstrak bawang ini dipercaya dapat memperbaiki tekstur bekas luka dengan melembutkan dan mengurangi kemerahannya. Pemakaian selama 4 minggu diyakini akan menyamarkan bekas lukamu.

Vitamin E

Sejak dulu, vitamin E diyakini ampuh untuk mengatasi bekas luka, termasuk bekas cacar air. Vitamin ini biasanya dikemas dalam produk kecantikan berbentuk krim. Melakukan pemijatan dengan krim vitamin E dapat mencegah kekeringan pada kulit. Tekstur kulitmu pun menjadi lebih lentur.

Meski banyak yang beranggapan bahwa bahan-bahan alami di atas termasuk efektif sebagai cara menghilangkan bekas cacar air, masih dibutuhkan penelitian lebih luas agar hasilnya akurat. Alangkah baiknya bila kamu berdiskusi terlebih dulu dengan dokter sebelum mempraktikkannya.

Menghilangkan Bekas Cacar dengan Prosedur Medis

cara menghilangkan bekas cacar air laser okaydoc

Cara medis dapat ditempuh bila metode lainnya tidak dapat menghilangkan bekas cacar air - OkayDoc

Apabila obat-obatan dan bahan alami tidak cukup ampuh menyamarkan bekas cacar air, kamu mungkin perlu menjalani prosedur medis. Cobalah berkonsultasi dengan dokter untuk menemukan metode yang paling sesuai untukmu.

Berikut adalah beberapa metode yang umum dilakukan:

Pengangkatan Jaringan Parut

Kamu akan dibius sebelum prosedur dimulai. Dokter kemudian akan menggunakan pisau bedah atau alat khusus untuk mengangkat jaringan parut. Setelah itu, area operasi dijahit hingga rapat.

Cara ini cocok untuk menghilangkan jaringan parut yang dalam ataupun berbentuk cekung, dan umumnya dilakukan bila metode lainnya tidak membuahkan hasil. Prosedur ini juga berisiko meninggalkan bekas luka, namun lebih rata dan berbentuk garis.

Mikrodermabrasi

Metode mikrodermabrasi menggunakan sikat khusus yang berputar dengan cepat untuk menyingkirkan lapisan teratas kulit. Cara ini hampir serupa dengan dermabrasi. Perbedaannya, dermabrasi dilakukan hingga ke lapisan kulit yang lebih dalam. Keduanya dinilai efektif untuk mengatasi bekas luka.

Filler

Metode yang bersifat sementara ini bertujuan untuk memperbaiki bekas luka yang berbentuk cekung ke dalam. Caranya adalah dengan menyuntikkan asam hialuronat atau lemak secara langsung ke dalam jaringan parut sehingga tampilannya menjadi lebih baik.

Terapi laser

Terapi laser merupakan salah satu cara yang paling sering dilakukan untuk menyamarkan bekas luka. Selain mampu memudarkan bekas luka yang sudah lama, metode ini juga dapat mencerahkan area bekas luka cacar.

Prosedur ini pun cukup singkat, yakni hanya sekitar 15 menit sampai 2 jam. Pasien dapat pulang segera meski perawatan setelahnya mungkin dibutuhkan.

Baca Juga: Catat, Ini Makanan Pantangan Cacar Air yang Wajib Dihindari

Menerapkan cara menghilangkan bekas cacar air memang membutuhkan kesabaran dan usaha ekstra. Cara yang sesuai untuk orang lain pun belum tentu efektif untukmu. Jadi, pastikan kamu telah berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum mulai menjalaninya.

Hal ini bertujuan agar cara-cara tersebut menjadi tepat guna dan tidak memperparah bekas luka maupun jaringan kulit di sekitarnya.

 

 

 

 

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Diet
Catat, Ini Makanan Pantangan Cacar Air yang Wajib Dihindari
Dedi Irawan
03 Nov 2018
Gangguan Kesehatan
Waspadai Ciri-Ciri Cacar Air agar Bisa Ditangani dengan Tepat!
Rabbani Haddawi
20 Jul 2018
Kulit
Simak 7 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami Ini!
Maya Ligina
13 May 2018
Wajah
7 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah Cantikmu
Maya Ligina
15 Oct 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...