• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Perut buncit tidak hanya bikin malu, tapi bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami penumpukan lemak di hati. Maka dari itu, kenali cara mengecilkan perut buncit, dan buat tubuhmu lebih sehat.

Keuntungan dari menghilangkan lemak berlebih pada perut memang tak hanya indah dipandang mata. Dirimu juga bisa lebih sehat dan berhasil menurunkan risiko terserang penyakit berbahaya seperti hipertensi dan diabetes.

Mengapa Perut Bisa Buncit?

cara mengecilkan perut buncit

Perut dikatakan buncit jika lingkar perut sudah melebihi 100 cm - OkayDoc

Lingkar perut sehat untuk pria adalah 94 cm, dan untuk wanita adalah 80 cm. Jika lingkar perutmu melibihi ukuran tersebut, sebaiknya kamu mulai berhati-hati. Terutama jika lingkar perutmu sudah lebih besar dari 100 cm (untuk pria) dan 88 cm (untuk wanita).

Pasalnya, selain sudah tergolong buncit, ukuran lingkar perut tersebut juga sudah dapat mengindikasikan kamu berisiko mengalami ragam jenis penyakit, seperti diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, kanker usus, dan bahkan kanker payudara.

Nah, sebelum pakaianmu semakin kesempitan dan ragam penyakit menghinggapi tubuhmu, kenali tips mengecilkan perut buncit di bawah ini. Simak baik-baik, ya!

1. Hindari Makanan Manis

cara mengecilkan perut buncit

Menghindari konsumsi makanan manis secara berlebihan dapat membantu Anda mengecilkan perut buncit - OkayDoc

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi gula dapat meningkatkan berat badan, termasuk bagian perut tentunya. Hal tersebut disebabkan karena asupan karbohidrat berlebih dari makanan dan minuman manis akan disimpan sebagai jaringan lemak di bawah kulit.

Jika kamu ingin menghilangkan perut buncit, hindari konsumsi makanan atau minuman manis mulai sekarang. Daripada menggunakan gula, kamu bisa menggantinya dengan madu.

Bila kamu mengonsumsi jus, hindarilah menambahkan gula atau susu. Pasalnya, buah sendiri sudah mengandung gula. Kamu tidak mau mengonsumsi gula berlebih dan jadi buncit, kan?

2. Konsumsi Makanan Tinggi Serat

konsumsi makanan tinggi serat

Konsumsi makanan tinggi serat dapat membantu mengecilkan perut berlemak - OkayDoc

Guna memperlancar pencernaan dan menghilangkan perut buncit, kamu perlu mengonsumsi makanan berserat, seperti roti gandum, biji-bijian, buah, dan sayuran.

Serat dapat mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Pasalnya, serat tidak berkalori tinggi sehingga dapat membantu menjaga kadar gula darah stabil.

Adapun pilihan makanan tinggi serat yang bisa kamu konsumsi antara lain, apel tanpa dikupas, kentang beserta kulitnya, pisang, jeruk, kismis, makanan olahan gandum atau biji-bijian, kacang-kacangan, brokoli, jagung, tomat, dan stroberi.

3. Manfaatkan Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan salah satu bentuk lemak paling sehat - OkayDoc

Minyak kelapa merupakan salah satu bentuk lemak paling sehat yang dapat kamu konsumsi. Minyak ini dipercaya dapat meningkatkan metabolisme dan mengurangi jumlah lemak berlebih yang disimpan di tubuh.

Untuk memanfaatkan minyak kelapa, coba konsumsi sebanyak 2 sendok makan atau sekitar 30 mL per harinya. Namun, perlu diingat, minyak kelapa masih tinggi kalori. Kamu bisa menggunakan minyak ini sebagai pengganti lemak bukan asupan lemak tambahan.

4. Catat Makanan yang Kamu Konsumsi

Catat kalori makananan yang kamu konsumsi untuk memudahkan dietmu - OkayDoc

Salah satu kunci untuk menjaga berat badan sehat adalah dengan mengonsumsi kalori sedikit lebih rendah dari kebutuhan tubuh. Kamu bisa mencatatat makanan yang kamu konsumsi setiap harinya untuk memantau banyaknya kalori yang kamu konsumsi.

5. Makanlah Ikan Berlemak Setiap Minggunya

Salmon mengandung protein dan lemak omega-3 - OkayDoc

Ikan yang berlemak kaya akan kandungan protein dan lemak omega-3 yang dapat melindungi tubuhmu dari berbagai penyakit. Jenis ikan ini juga dipercaya dapat mengurangi jaringan lemak di perut.

Selain itu, konsumsi suplemen minyak ikan juga dipercaya dapat mengurangi lemak di hati dan perut. Konsumsilah 2 hingga 3 porsi ikan berlemak seperti salmon, sarden, makarel, serta teri setiap minggunya.

6. Tidur yang Cukup

cara mengecilkan perut buncit

Tidur cukup dapat membantu kamu mengecilkan perut buncit - OkayDoc

Mungkin tidak terpikirkan olehmu sebelumnya, tetapi salah satu cara mengecilkan perut buncit ini cukup efektif. Jika kamu tidak cukup tidur atau tidur terlalu lama, hal ini bisa membuat jumlah lemak di perutmu meningkat.

Jadi, usahakanlah untuk tidur cukup, yaitu sekitar 7 jam per harinya. Agar kamu lebih mudah tidur, dan tidurmu lebih berkualitas, cobalah untuk meletakkan gawai (gadget) milikmu jauh-jauh setidaknya 30 menit sebelum tidur.

7. Cukup Minum Air Putih

cara mengecilkan perut buncit dengan minum air putih

Konsumsi cukup air putih agar lemak perut berkurang - OkayDoc

Bukan rahasia lagi jika minum air putih memberikan kebaikan untuk tubuhmu, tidak terkecuali lemak di perut. Dengan minum air putih yang cukup setiap harinya, kamu bisa membantu tubuh agar lebih mudah mengeluarkan racun dalam tubuh, serta memperlancar pencernaan.

Jadi, jika kamu ingin menghilangkan perut buncitmu, pastikan kamu mengambil manfaat minum air putih dengan optimal. Kamu dianjurkan untuk setidaknya minum air putih 2 liter per hari. Jangan sampai kamu mengalami dehidrasi, ya!

Baca Juga: 5 Gerakan Yoga untuk Mengecilkan Perut Paling Ampuh!

8. Hindari Minuman Beralkohol

cara mengecilkan perut buncit

Hindari mengonsumsi minuman beralkohol agar perut bebas buncit - OkayDoc

Jika kamu termasuk orang yang menyukai minuman beralkohol, kamu sebaiknya mulai menjauhi minuman ini. Meski terasa pahit, minuman jenis ini ternyata mengandung gula yang cukup tinggi dan bisa menjadi salah satu pemicu menumpuknya lemak di perut.

9. Jauhi Makanan Cepat Saji

hindari konsumsi makanan cepat saji agar perut tidak buncit

Hindari makanan cepat saji agar perut tetap rata - OkayDoc

Sebagian besar makanan cepat saji banyak mengandung lemak trans dan tinggi kalori yang dapat menyebabkan peningkatan berat badan juga obesitas. Oleh sebab itu, menghindarinya bisa menjadi salah satu cara mengecilkan perut buncit.

Tidak hanya itu, mengonsumsi makanan cepat saji bisa pula memicu ragam masalah pada kondisi kesehatan seperti, gangguan kesuburan, gangguan sistem saraf, dan gangguan pernapasan.

10. Jauhi Stres

Jauhi Stres

Stres bisa memicu peningkatan hormon kortisol yang memengaruhi bertambahnya lemak pada perut - OkayDoc

Jangan sampai keinginanmu untuk mengikis lemak perut malah membuatmu tertekan. Stres justru akan menyulitkanmu untuk mencapai target ini. Stres dapat meningkatkan kadar hormon kortisol, yang sering dikaitkan dengan peningkatan lemak perut.

Kamu bisa melakukan meditasi, berlibur, dan memanjakan diri di spa. Bila kamu hobi mengobrol, bertukar cerita dengan teman maupun keluarga juga dapat kamu lakukan untuk mengusir stres.

11. Kunci Paling Penting: Jangan Malas Bergerak!

cara mengecilkan perut buncit dengan olahraga

Rutin berolahraga dapat membentuk perut menjadi lebih ideal - OkayDoc

Yakin mau menghilangkan perut buncitmu? Kalau jawabanmu iya, kamu juga harus menguatkan tekad untuk tidak malas bergerak! Pasalnya, lemak di perutmu harus dibakar dengan aktif bergerak dan olahraga yang rajin.

Nah, salah satu olahraga yang bisa kamu lakukan sebagai cara mengecilkan perut buncit adalah dengan berjalan cepat atau lari. Selain murah, olahraga yang satu ini bisa kamu lakukan tanpa harus pergi ke pusat kebugaran atau gym.

Kamu bisa berlari 5 kali dalam seminggu selama 30 menit di setiap sesinya. Selain itu, coba lebih aktif dengan perbanyak berjalan kaki, atau melakukan gerakan senam yang bisa membakar lemak bagian perutmu. Misalnya seperti, plank, push up, atau bahkan yoga.

Baca Juga: Cobalah Kombinasi Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan Ini

Nah, sekarang sudah tahu ragam cara mengecilkan perut buncit, kan? Mulailah untuk disiplin dalam melakukan cara-cara di atas, serta meninggalkan kebiasaan makan dan pola hidup yang tak sehat. Maka, perut datar tanpa lemak dan tubuh sehat bisa kamu dapatkan.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Olahraga Kehamilan
Olahraga untuk Ibu Hamil yang Aman dan Menggembirakan
Dedi Irawan
14 Jul 2017
Kebugaran
Gerakan Senam Aerobik yang Efektif Menurunkan Berat Badanmu
Dewangga
04 Jul 2017
Diet
Mungkinkah Ada Manfaat Jahe untuk Diet? Ini Jawabannya
Dedi Irawan
16 Dec 2017
Diet
Diet Golongan Darah B Lebih Rumit, Ini Alasannya
Dedi Irawan
02 Oct 2017
Kebugaran
Waspadai 9 Penyebab Perut Buncit yang Sering Dilupakan Ini
Maya Ligina
23 Jul 2018
Kebugaran
Olahraga Ringan untuk Mengecilkan Perut yang Paling Efektif
Maya Ligina
27 Oct 2017
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...