• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Saat beberapa wanita menganggap payudara besar sebagai aset, sebagian yang lain justru merasa tidak nyaman. Pasalnya, payudara besar mungkin bisa menyebabkan sakit pada punggung, leher, dan bahu, serta lebih mudah kendur di kemudian hari.

Payudara terdiri dari jaringan adiposa (lemak) dan kelenjar susu. Oleh karena itu, sebagian besar cara mengecilkan payudara berhubungan dengan program pembakaran lemak tubuh. Berikut lebih lengkapnya.

Rajin Berolahraga

rajin berolahraga

Aktivitas fisik yang menggerakkan keseluruhan tubuh seperti berjalan kaki dapat menjadi cara mengecilkan payudara - OkayDoc

Payudara besar bisa disebabkan oleh kelebihan berat badan. Oleh karena itu, program penurunan berat badan, terutama untuk lemak, seperti olahraga bisa menjadi pilihan.

Olahraga yang melibatkan gerakan keseluruhan tubuh sebaiknya dipilih, misalnya olahraga aerobik dan kardiovaskular. Pasalnya, olahraga jenis ini dapat mempercepat metabolisme tubuh sehingga membantu mengurangi lemak.

Kamu bisa melakukan olahraga tersebut tanpa perlu ke pusat kebugaran. Kegiatan seperti berjalan kaki, bersepeda, naik turun tangga memiliki manfaat serupa. Bila waktumu tidak banyak, kegiatan seperti plank, squat, atau set gerakan burpees juga bisa dilakukan.

Gerakan tambahan seperti push-up untuk mengencangkan otot dada pun perlu dipraktikkan. Aktivitas-aktivitas fisik ini disarankan untuk dilakukan sebanyak 4 kali seminggu dengan durasi harian selama 30 menit.

Menerapkan Pola Makan Sehat dan Seimbang

pola makan sehat

Menu diet sehat dan seimbang dapat membantu mengurangi lemak dan mengecilkan payudara - OkayDoc

Pola dan jenis sajian yang kamu santap berperan penting pada kadar lemak dalam tubuh, yang memiliki efek lanjutan pada ukuran payudara. Berikut beberapa saran yang bisa kamu lakukan sebagai cara mengecilkan payudara lewat menu makan.

  • Membatasi asupan kalori. Rendahnya asupan kalori memaksa tubuh membakar lemak untuk menjadi energi.
  • Membatasi asupan lemak dengan mengonsumsi daging tanpa lemak, ikan, buah dan sayuran-sayuran.
  • Membatasi santapan tinggi garam dan gula yang umumnya banyak terdapat dalam makanan kemasan
  • Memperbanyak asupan kaya nutrisi yang secara alami mengenyangkan, sehingga porsi makan dapat ditekan. Beberapa contoh sajian adalah nasi merah, oat, susu rendah lemak
  • Memperbanyak frekuensi makan namun mengurangi porsi tiap waktu makan sebagai cara meningkatkan metabolisme tubuh. Makan terlalu banyak dalam satu waktu dapat memicu lapar meski tubuh tidak membutuhkan makanan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Payudara Besar Sebelah Tanpa Operasi

Mengecilkan Payudara dengan Bahan-bahan Alami

mengecilkan payudara dengan bahan alami

Teh hijau dikenal dapat membantu penurunan berat badan sehingga bisa menjadi cara mengecilkan payudara - OkayDoc

Beberapa bahan tertentu dikenal dapat membantu membakar lemak tubuh karena kandungan senyawanya. Berikut beberapa bahan alami yang bisa kamu santap atau gunakan.

Teh Hijau

Teh hijau dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Teh ini pun disebut membantu membakar lemak karena khasiatnya yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, minuman populer ini juga kaya akan antioksidan.

Jahe

Konon, jahe juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga secara tidak langsung dapat membantu mengecilkan payudara. Kamu bisa mencampurkan rempah ini dalam makanan atau menyesapnya dalam bentuk teh sebanyak 3 kali sehari.

Putih Telur

Mengencangkan payudara dapat membantu menyamarkan ukurannya. Masker putih telur dikenal dapat membantu mengembalikan elastisitas kulit termasuk kulit payudara sehingga kembali kencang.

Prosedur penggunaan masker putih telur berikut bisa kamu terapkan.

  • Aduk merata dua campuran putih telur hingga timbul busa
  • Oleskan pada payudara dan biarkan beberapa menit hingga mengering
  • Bilas dengan air hangat

Efek mengencangkan payudara dengan putih telur ini mungkin hanya bersifat temporer.

Menyamarkan Bentuk Payudara dengan Pilihan Pakaian

menyamarkan bentuk payudara dengan pakaian

Memakai pakaian atas berwarna gelap dapat menyamarkan ukuran payudara - OkayDoc

Besar payudara dapat disamarkan dengan pilihan pakaian yang kamu kenakan. Berikut beberapa saran yang bisa kamu lakukan

  • Memakai sport bra yang dapat membantu menjaga payudara tetap kencang.
  • Mengenakan pakaian pas badan namun jangan terlalu ketat. Hal yang sama juga berlaku pada ukuran bra.
  • Mengenakan pakaian berwarna gelap dan tidak berleher rendah yang dapat menonjolkan bentuk dada.
  • Lebih baik mengenakan pakaian yang menonjolkkan area pinggul sehingga besar dada dapat tersamarkan.
  • Membalut dada dengan perban atau kain sehingga tampak lebih kecil. Untuk diperhatikan, hindari membebat lebih dari 6 hingga 8 jam.

Berbagi Cerita

menceritakan masalah ini pada kerabat terdekat

Konsultasi dengan psikolog dapat membantu mengatasi ketidaknyaman akibat payudara besar - OkayDoc

Memiliki payudara besar kadang tidak hanya berdampak pada ketidaknyamanan fisik namun juga psikis. Oleh karena itu, kamu bisa berkonsultasi dengan teman, hingga psikolog untuk membantu mengatasi kekhawatiran akan penampilanmu.

Selain itu, konsep bahwa setiap ‘manusia diciptakan unik’ juga bisa kamu praktikkan. Menerima dan menyukai diri apa adanya dapat mengembalikan kepercayaan diri sehingga rasa tidak nyaman secara emosional dapat diminimalkan.

Operasi Pengecilan Payudara

cara mengecilkan payudara dengan operasi

Operasi mengecilkan payudara dapat dilakukan saat cara alami tidak berhasil - OkayDoc

Bila cara mengecilkan payudara secara alami tidak berhasil, langkah medis dengan melakukan operasi mengecilkan payudara dapat kamu lakukan. Operasi ini bertujuan mengangkat lemak berlebih dari payudara sehingga ukurannya proposional dengan bentuk tubuh.

Operasi yang sering disebut mammoplasty ini sebaiknya dilakukan bila payudara telah berkembang sempurna dan orang tersebut tidak menderita penyakit tertentu seperti diabetes, penyakit jantung, atau obesitas. Pasalnya, seperti semua operasi lain, mammoplasty memiliki sejumlah risiko.

Hasil operasi ini tidak sepenuhnya permanen. Kehamilan dan perubahan berat badan secara drastis dapat mengubah hasil mammoplasty. Selain itu, pascaoperasi ini, kemampuan menyusui mungkin akan lebih terbatas.

Baca Juga: Seksi dengan Cara Mengecilkan Bokong yang Tepat

Banyak cara untuk mengecilkan payudara mulai dari perubahan gaya hidup, gaya berpakaian hingga langkah medis. Cara alami lebih disarankan karena langkah medis dengan operasi mungkin menimbulkan beragam efek samping, seperti terganggunya proses menyusui.

Selamat mencoba ya, semoga berhasil!

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Kebugaran
Apakah Air Minum Kamu Sudah Bebas Bakteri Dan Parasit?
Tsalis Annisa
05 Oct 2018
Pasangan
Hubungan Intim Lebih Nikmat, Cobalah 5 Teknik Foreplay Ini!
Diah Ayu Lestari
13 Jul 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...