• Penyakit
  • Obat
  • Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Konsultasi
  • Cari Rumah Sakit
  • Daftar
  • Masuk
  • Daftar
  • Masuk

Cara Mengatasi Susah Tidur Secara Alami dan Medis

Diverifikasi oleh dr. Graciela Audria

Insomnia atau susah tidur kadang dianggap sebagai hal sepele. Padahal, masalah tersebut bisa berimplikasi pada kesehatan baik secara fisik maupun mental. Produktivitas kerja, dan berbagai kualitas hidup juga dapat terganggu. Untuk itu, sangat disarankan bagi penderita insomnia untuk segera mencari cara mengatasi susah tidur, baik secara alami maupun secara medis.

Susah tidur dapat disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya pola makan yang salah, stres, kecemasan, atau depresi. Jika dibiarkan begitu saja, kondisi ini tidak hanya dapat membuat mengantuk sepanjang hari tapi juga memicu masalah yang lebih serius. Seperti meningkatnya risiko penyakit jantung, diabetes, dan menurunnya sistem kekebalan tubuh.

Bahkan, jika tidak segera diatasi, susah tidur dapat membuat berat badanmu meningkat. Kamu pasti tidak mau, kan?

Cara Mengatasi Susah Tidur Secara Alami

cara mengatasi susah tidur OkayDoc

Melakukan yoga sebelum tidur dapat membantu pikiranmu lebih tenang dan tubuhmu lebih rileks - OkayDoc

Agar susah tidur tidak lagi semakin mengganggu aktifitasmu dan kamu terhindar dari ragam risikonya, penting bagimu untuk segera mengatasinya. Untuk mengatasi susah tidur, sebaiknya jangan langsung dengan obat-obatan.

Kamu bisa menggunakan cara alami yang lebih aman. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi susah tidur secara alami yang perlu kamu ketahui.

Persiapkan Dirimu untuk Tidur

Seorang ahli dan psikolog klinis menyatakan bahwa setidaknya tubuh perlu diberikan waktu untuk tidur secara perlahan. Jadi, tentukan jam berapa kamu hendak tidur, lalu luangkan waktu sekitar 60 menit sebelumnya.

Waktu ini bisa kamu bagi-bagi. Mulai dari 20 menit pertama untuk menyibukkan diri dengan kegiatan yang harus diselesaikan. Lalu, 20 menit selanjutnya untuk membersihkan tubuhmu. Seperti mengganti baju, mencuci wajah, dan menyikat gigi. Setelah itu, barulah 20 menit terakhir digunakan untuk relaksasi di tempat tidur.

Olahraga Pagi

Meski dilakukan di pagi hari, olahraga ternyata tergolong sangat efektif sebagai cara mengatasi susah tidur. Selain jogging atau lari pagi, aerobik juga bisa menjadi pilihan lainnya. Pasalnya penelitian menunjukkan bahwa ternyata, olahraga mampu melepaskan hormon endorfin. Hormon ini merupakan pemicu rasa bahagia dan dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang.

Jangan Kacaukan Ritme Alami Tubuhmu

Tubuhmu memiliki ritme alami yang jika terganggu, maka akibatnya waktu tidurmu terancam berantakan. Jadi, sebisa mungkin, tidurlah tepat waktu dan hindari terlalu banyak tidur. Agar ritme alami tubuhmu terjaga dan susah tidur teratasi.

Lakukan Yoga Ringan

Yoga tidak hanya dapat menenangkan pikiran, mengecilkan perut, tapi juga menjadi cara mengatasi susah tidur. Lakukan beberapa gerakan yoga ringan sekitar 15 menit sebelum tidur. Teknik ini dapat membantumu melemaskan otot-otot dan menurunkan detak jantung agar tubuh lebih siap untuk tidur.

Baca Juga: Cara Mengatasi Insomnia Agar Tidur Kembali Lelap

Cara Mengatasi Susah Tidur dengan Memenuhi Ragam Nutrisi Ini

cara mengatasi susah tidur dengan nutrisi ini

Segelas susu hangat sebelum tidur tidak hanya bagus untuk tubuh, tapi juga membantumu mengatasi susah tidur - OkayDoc

Selain beberapa cara di atas, beberapa jenis nutrisi juga dapat membantu mengurangi gejala insomnia. Oleh sebab itu, mengatur kembali pola makan merupakan salah satu cara mengatasi susah tidur. Berikut adalah asupan nutrisi dan makanan yang disarankan:

Suplemen Melatonin

Melatonin adalah hormon yang mengatur siklus tidur seseorang. Hasil dari berbagai riset pada melantonin untuk efektivitas tidur memang variatif, ada yang menyatakan efektif dan yang biasa saja. Namun selama ini, suplemen melatonin cukup ampuh untuk mengatasi masalah tidur.

Susu Hangat

Susu mengandung kalsium tinggi yang dapat merangsang produksi hormon melatonin secara alami. Dan lagi, kehangatan dari susu juga dapat membuat badan dan pikiran terasa rileks.

Camilan Berprotein

Sedikit camilan yang kaya akan protein rupanya juga mampu membantu menghilangkan insomnia. Konsumilah sekitar 30 menit sebelum waktu tidur agar lebih efektif.

Magnesium

Kekurangan magnesium dapat menghambat otak untuk mendinginkan badan dan merasakan kantuk. Untuk itu, sebaiknya cobalah mengkonsumsi berbagai makanan yang kaya akan magnesium seperti sayuran daun hijau, kacang almond, dan sebagainya.

Cara Mengatasi Susah Tidur dengan Terapi Medis

cara mengatasi susah tidur dengan terapi medis

Susah tidur juga dapat diatasi dengan mengonsumsi obat, tapi tentunya hal ini perlu dikonsultasikan pada dokter - OkayDoc

Jika setelah kamu melakukan beberapa cara di atas dan hasilnya masih saja sama, cobalah untuk berkonsultasi ke dokter. Agar kamu dapat mendapatkan penanganan yang tepat. Berikut adalah beberapa perawatan medis yang mungkin disarankan.

Terapi Perilaku Kognitif (CBT)

Terapi Perilaku Kognitif atau Cognitive Behavourial Treatment (CBT) dalam hal ini ditujukan untuk menghalau segala pikiran negatif yang menjadi penyebab insomnia. Adapun CBT khusus untuk insomnia yaitu CBT-I yang prosesnya sendiri terdiri dari berbagai jenis terapi dan latihan.

Terapi Obat

Bila merubah gaya hidup, menu makan, dan terapi tidak juga membuahkan hasil, maka cara mengatasi susah tidur yang perlu dilakukan adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan. Ada banyak jenis obat yang bisa dicoba. Namun, sebaiknya semua itu hanya dibeli sesuai resep dokter.

Baca Juga: Susah Tidur Saat Hamil? Pakai 6 Cara Ini untuk Mengatasinya!

Seberapa efektifnya berbagai cara mengatasi susah tidur seperti penjabaran di atas sangat dipengaruhi oleh seberapa parah insomnia yang kamu alami. Oleh sebab itu, perlu kesabaran dan konsistensi dalam berusaha untuk mengatasi susah tidur. Jika kondisimu tidak kunjung membaik, segera konsultasikan hal tersebut ke dokter atau psikolog.

Diverifikasi oleh dr. Graciela Audria
Komentar
Artikel Terkait
Kesehatan Kandungan
30 Dec 2017
Susah Tidur Saat Hamil? Pakai 6 Cara Ini untuk Mengatasinya!
Asa Citra
Kesehatan Bayi
27 Apr 2018
Bunda, Jangan Salah Menangani Bayi Susah BAB
Maya Ligina
Kesehatan Bayi
31 Mar 2018
6 Fakta Mengejutkan di Balik Bayi Susah Tidur
Maya Ligina
Gangguan Kesehatan
16 Aug 2017
Susah Buang Air Kecil? Kenali Gejala dan Penyebabnya
Rini
Kebugaran
09 Sep 2018
Pengaruh Olahraga Sebelum Tidur Terhadap Kesehatan Tubuh
Diah Ayu Lestari
Gangguan Kesehatan
05 May 2018
7 Macam Gangguan Tidur yang Mungkin Pernah Kamu Alami!
Annisa Trimirasti
Memuat...
Konsultasi
Memuat...