• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Perut kembung terjadi ketika saluran pencernaan terisi oleh udara atau gas sehingga menimbulkan sensasi penuh, meregang, dan tak nyaman. Tapi tak perlu cemas, kamu dapat mengurangi keluhan ini dengan cara mengatasi perut kembung secara alami.

Meski tidak berbahaya, perut kembung bisa muncul disertai nyeri yang mengganggu kegiatan sehari-hari. Dengan mengetahui cara mengatasinya, kamu bisa menghalau rasa tidak nyaman yang muncul saat kondisi ini terjadi sewaktu-waktu.

Kenali Dulu Penyebab Perut Kembung

penyebabi perut kembung OkayDoc

Sembelit dapat menjadi salah satu penyebab perut kembung - OkayDoc

Umumnya, kondisi ini terjadi ketika seseorang mengonsumsi makanan berlebihan. Pada orang-orang tertentu, perut kembung dapat menyebabkan keluhan yang lebih beragam dari sekadar rasa tidak nyaman.

Ada banyak faktor yang menyebabkan kamu mengalami perut kembung, di antaranya:

  • Mengalami sembelit
  • Angin berlebih pada perut
  • Menelan udara, biasanya terjadi ketika makan sambil berbicara
  • Intoleransi terhadap makanan tertentu
  • Menderita penyakit tertentu, misalnya penyakit celiac, penyakit Crohn, irritable bowel syndrome, penyakit asam lambung, dan infeksi cacing pada usus
  • Mengalami gangguan psikologis seperti gangguan makan, stres, depresi, dan gangguan kecemasan
  • Bertambahnya berat badan
  • Sedang menjalani pengobatan tertentu

Selain penyebab tersebut, perut kembung juga dapat terjadi akibat gangguan keseimbangan bakteri yang terdapat dalam saluran cerna. Kondisi ini memproduksi gas yang dapat menumpuk di saluran cerna, dan menyebabkan perut kembung.

Baca Juga: Gejala Saat Asam Lambung Naik dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Perut Kembung Secara Alami

cara mengatasi perut kembung secara alami OkayDoc

Jahe dapat memudahkan gas bergerak menuju usus kecil - OkayDoc

Sebagian besar kasus perut kembung biasanya dapat diatasi dengan cara alami, termasuk dengan menjalani gaya hidup sehat dan mengonsumsi makanan pereda perut kembung. Beberapa cara alami di bawah ini bisa membantumu menghilangkan perut kembung tanpa harus ke dokter:

1. Jahe

Jahe mampu mempercepat pencernaan sehingga gas bisa bergerak lebih cepat menuju usus kecil. Fungsi ini amat berguna untuk menghilangkan rasa tidak nyaman dan kembung dalam perut. Selengkapnya kamu bisa membaca artikel manfaat jahe untuk kesehatan, ya.

2. Jintan dan minyak peppermint

Kombinasi dari jintan dan minyak peppermint juga dianggap bisa mengatasi perut kembung. Campuran kedua bahan tersebut merupakan bahan aktif yang mampu membantu mereka yang memiliki riwayat penyakit maag.

3. Makanan probiotik

Probiotik yang merupakan bakteri baik juga dianggap bisa membantu sistem pencernaan dan mengurangi gas berlebih di perut. Beberapa bahan alami yang mengandung bakteri baik di dalam usus ini adalah yogurt, kefir, tempe, dan kimchi.

4. Teh chamomile

Teh chamomile dapat membantu mengurangi keluhan gangguan pencernaan dan perut kembung. Cobalah meminum teh chamomile sebelum makan dan sebelum tidur untuk meredakan keluhan yang kamu alami.

5. Cuka sari apel

Saat mengalami kembung, cobalah melarutkan satu sendok makan cuka sari apel ke dalam air atau teh. Minumlah sebelum makan, maksimal tiga kali sehari untuk meredakan keluhan yang kamu alami.

6. Memberikan pijatan pada perut

Pijatan pada perut selama 15 menit dapat membantumu mengatasi perut kembung. Tidak hanya itu, cara ini juga diyakini dapat mengurangi keluhan akibat depresi dan gangguan kecemasan.

Begini Cara Mencegah Terjadinya Perut Kembung

cara mengatasi perut kembung OkayDoc

Cara mengatasi perut kembung juga bisa dilakukan dengan membatasi makanan tertentu - OkayDoc

Rasa tak nyaman akibat perut kembung bisa berlangsung lama dan mengganggu. Beberapa cara mudah di bawah ini mungkin sederhana, tapi bisa jadi berperan penting untuk mencegah perut kembung muncul kembali.

1. Mengubah kebiasaan makan

Kebiasaan saat makan ternyata dapat meningkatkan risiko terjadinya perut kembung. Cobalah memperbaiki kebiasaan makanmu dengan membagi makanan dalam sehari menjadi beberapa porsi lebih kecil, duduk tegak begitu selesai makan, berjalan setelah makan, dan mengonsumsi minuman dengan suhu ruang setelah makan.

2. Batasi konsumsi minuman berkarbonasi

Terlalu banyak mengonsumsi minuman berkarbonasi mungkin akan menyebabkan terperangkapnya gas di perut dan perut kembung. Jika memungkinkan, gantilah dengan minum air dengan campuran lemon, jeruk nipis, atau mentimun.

3. Mengurangi konsumsi makanan tertentu

Beberapa jenis makanan dapat memicu pembentukan gas di dalam saluran pencernaan. Saat mengalami perut kembung, cobalah mengurangi konsumsi bahan makanan seperti:

  • Makanan mengandung gas (bawang, brokoli, kubis, kacang-kacangan, kembang kol, pir, dan apel)
  • Susu dan produk olahannya
  • Makanan mengandung pemanis pengganti gula

4. Batasi asupan sodium

Makanan olahan dengan kandungan tinggi sodium (komponen dalam garam, biasanya pada makanan yang diawetkan) dan rendah serat mungkin bisa menyebabkan perut terasa kembung.

5. Hindari mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet akan memicu masuknya udara ke dalam saluran pencernaan sehingga menyebabkan perut kembung. Sebagai pengganti permen karet, kamu bisa mengunyah permen atau mengonsumsi camilan dari buah dan sayuran segar.

6. Melakukan aktivitas fisik

Membahas manfaat aktivitas fisik memang tak ada habisnya. Dengan aktif bergerak, kamu dapat membebaskan gas dan udara yang terjebak dalam saluran cerna. Cobalah berjalan kaki beberapa saat setelah makan. Selain itu, perut kembung juga dapat dihalau dengan aktivitas seperti berlari atau melakukan lompat tali.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Sakit Perut dengan 4 Minuman Nikmat

Berbagai cara mengatasi perut kembung di atas biasanya cukup efektif untuk meredakan kondisi ini. Kamu bisa menyesuaikan jenis makanan yang kamu konsumsi sekaligus menjalani gaya hidup sehat untuk melihat sejauh apa pengaruhnya terhadap keluhanmu.

Namun, bila keluhan tersebut tak kunjung hilang, jangan ragu untuk menemui dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat untuk perut kembungmu. Pemeriksaan oleh dokter juga dapat membantumu memahami penyebab perut kembung dengan lebih baik.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Kesehatan Bayi
Bunda, Ini 7 Cara Mengatasi Kembung Pada Bayi Secara Mandiri
Annisa Trimirasti
22 Jul 2018
Gangguan Kesehatan
Penyebab Sendawa Bau dan Cara Alami Mengatasinya
Rabbani Haddawi
06 Jul 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...