• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Istilah mata panda sering digunakan untuk menggambarkan kantung mata dan lingkaran hitam yang menyertainya. Kemunculannya akan mengurangi kecantikan sekaligus rasa percaya dirimu. Untuk itu, yuk segera cari tahu cara mengatasi mata panda yang benar!

Faktor utama yang menjadi penyebab mata panda adalah melemahnya jaringan dan otot penopang kelopak mata yang umumnya akibat pertambahan usia. Lemak dan cairan yang berkumpul di bawah mata akan terlihat bengkak dan membentuk kantong. Guna mengatasinya, sebaiknya kamu memahami dahulu apa penyebabnya.

Mata Panda Bukan Hanya Karena Kurang Tidur

Faktor usia okaydoc

Bertambahnya usia juga bisa menyebabkan terbentuknya kantong mata - OkayDoc

Sebelum mengatasinya, ada baiknya kamu mengetahui penyebab di balik kemunculan mata panda terlebih dulu. Kondisi ini sering dihubungkan dengan kurang tidur, namun sebenarnya tidak melulu diakibatkan oleh jam tidur yang tidak cukup.

Di bawah ini adalah beberapa faktor lain yang bisa memicu munculnya kantung dan lingkar hitam pada mata:

1. Faktor Usia

Seiring bertambahnya usia, jaringan kulit akan mengendur dan menipis. Jika kulit menipis, pembuluh darah yang berada di bawah lapisan kulit pun akan tampak lebih jelas. Khususnya pada bagian sekitar mata yang memiliki kulit lebih tipis.

2. Pengaruh Faktor Keturunan

Mata panda juga bisa dipengaruhi oleh genetik. Bila ayah atau ibumu memiliki kantung mata yang gelap, risikomu untuk mengalami kondisi yang sama juga akan meningkat. 

Bukan Hanya Karena Kurang Tidur

Stres juga bisa menjadi salah satu pemicu munculnya lingkar hitam di bawah mata - OkayDoc

3. Stres

Kondisi ini bisa dipicu oleh berbagai hal, termasuk kurang tidur dan kelelahan. Di samping mendera kejiwaanmu, stres bisa pula memengaruhi kesehatan kulit dan penampilanmu. Salah satunya adalah dengan munculnya lingkar hitam di bawah matamu.

4. Alergi

Mata gatal, merah, atau berair umumnya menjadi ciri-ciri dari reaksi alergi. Oleh sebab itu, penderita cenderung menggosok matanya karena rasa gatal. Alergen yang meliputi debu, serbuk sari, hingga bulu binatang mungkin menjadi pemicunya.

Histamin merupakan senyawa yang dihasilkan tubuh pada reaksi alergi. Zat ini juga yang mengakibatkan pelebaran pembuluh darah dan pelepasan cairan dari pembuluh darah ke jaringan sekitarnya. Pengumpulan cairan tersebut menyebabkan bengkak pada sekeliling mata.

Meski tidak selalu ada, bayangan gelap di bawah mata atau istilah medisnya disebut allergic shiner merupakan gejala khas pada penderita rinitis alergi.

cara mengatasi mata panda

Sinar matahari dapat meningkatkan produksi melanin kulit, terutama pada wajah dan bagian bawah mata - OkayDoc

5. Paparan Sinar Matahari

Peningkatan produksi melanin (pigmen pemberi warna pada kulit) akibat terpapar sinar matahari bisa membuat kulit menjadi lebih gelap, terutama pada bagian wajah dan pada kulit sekitar mata.

6. Konsumsi Garam yang Berlebihan

Kantong mata juga bisa muncul bila terlalu banyak asupan garam yang masuk ke dalam tubuhmu. Kelebihan garam akan menyebabkan penumpukan cairan, termasuk di bawah mata.

Baca Juga: Bijaksana Mengambil Manfaat Garam untuk Kesehatan

 12 Tips Mudah untuk Mengatasi Mata Panda Secara Mandiri

Vitamin c okaydoc

Mencukupi kebutuhan vitamin C dapat mendukung produksi kolagen pada kulit - OkayDoc

Perawatan di rumah dan pola hidup sehat niscaya bisa menjadi solusi dalam mengatasi kantung dan lingkaran hitam pada mata. Beberapa cara mengatasi mata panda yang bisa kamu lakukan meliputi:

1. Mendukung produksi kolagen pada jaringan kulit. Sediakan sajian yang kaya vitamin C dan asam amino. Kedua nutrisi ini mampu mendorong produksi kolagen dengan meningkatkan kadar asam hialuronat yang baik untuk menurunkan tampilan mata panda. Kamu bisa mencoba dengan konsumsi buah stroberi, jeruk, terung, atau brokoli.

2. Menambahkan asupan zat besi. Kekurangan zat besi dalam jangka waktu tertentu akan menimbulkan anemia serta dapat memicu munculnya lingkaran hitam di sekitar matamu. Oleh karena itu, konsumsi sayuran hijau seperti bayam dan kale yang tinggi zat besi dapat membantu. Tambahkan pula kudapan lezat seperti kacang polong, buah aprikot, dan kismis.

3. Memastikan bahwa kamu mendapatkan durasi tidur yang cukup. Orang dewasa (usia 18-64 tahun) dianjurkan untuk tidur selama 7 sampai 9 jam per hari. Nah, jangan sampai kamu tidur kurang dari waktu tersebut.

Minyak almond okaydoc

Penggunaan minyak almond secara teratur dapat mengurangi mata panda - OkayDoc

4. Mengoleskan minyak almond secara teratur. Ekstrak biji almond mengandung antioksidan dan anti-inflamasi serta dipercaya dapat mampu mengurangi sembab pada mata panda. Ambil manfaat ini dengan memijat lembut area bawah mata setiap malam menggunakan minyak almond dan membilasnya hingga bersih di pagi harinya.

5. Menggunakan kompres dingin pada mata. Selain air dingin dan es berbalut handuk, kamu juga bisa memakai potongan mentimun guna mengurangi lingkar gelap di bawah mata.

6. Menempelkan kantong teh yang dingin pada mata. Khususnya pada jenis teh hijau dan teh hitam. Pasalnya, kandungan kafein dalam kedua teh tersebut dapat membantu mengurangi pelebaran pembuluh darah di bawah mata. Efek tersebut dipercaya dapat membantu kamu mengurangi bayangan gelap di bawah matamu.

7. Mengendalikan alergi. Siapkan obat yang tepat agar bisa segera digunakan ketika alergi menyerang. Sebisa mungkin, hindari alergen (pemicu munculnya alergi) yang ada di sekitarmu. Konsultasikan pula kondisimu ke dokter untuk mengetahui pemicu alergi dan penanganan yang benar dan aman, ya!

Tidur okaydoc

Mengatur posisi tidur yang benar dapat mengurangi mata panda - OkayDoc

8. Memperbaiki posisi tidur. Tidurlah menggunakan bantal tambahan agar posisi kepalamu lebih tinggi. Kamu juga bisa mengganjal kaki pada bagian kepala ranjang agar berada pada posisi yang lebih tinggi.

9. Mengurangi konsumsi garam. Makan garam dalam jumlah terlalu banyak berpotensi memicu penumpukan cairan. Batas konsumsi garam yang dianjurkan adalah sebanyak 1.500 mg per hari.

10. Lindungi mata dan kulitmu dari sinar matahari, misalnya dengan senantiasa mengoleskan tabir surya. Kamu juga bisa mengenakan kacamata hitam atau topi lebar ketika bepergian.

11. Menutupi mata panda dengan riasan. Meski tidak bisa mengatasinya, cara ini bisa kamu gunakan untuk menyamarkan lingkar hitam di bawah matamu.

12. Memakai produk perawatan kulit tertentu. Serum atau krim mata dengan kandungan kamomil atau mentimun dianggap bisa mengurangi inflamasi serta mengencangkan kulit. Sementara krim wajah yang mengandung retinol dapat merangsang produksi kolagen jika kulit yang menipis adalah penyebab utama pada mata pandamu.

Baca Juga: Cara Menghilangkan mata Sembab Tanpa Repot

Upayakan agar selalu berhati-hati dan melakukan tes alergi sebelum mengoleskan produk ke wajahmu, ya! Segera hentikan pemakaian bila terdapat rasa gatal, kemerahan, muncul ruam, atau perih setelah menggunakannya.

Apabila mata panda tidak kunjung memudar setelah melakukan cara mengatasi mata panda di atas, alangkah baiknya bila kamu berkonsultasi ke dokter spesialis kulit. Langkah ini dibutuhkan untuk memberikan diagnosis dan penanganan yang tepat sesuai kondisi kulitmu.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Wajah
7 Penyebab Wajah Merah yang Paling Sering Dialami!
Maya Ligina
05 Oct 2018
Gangguan Kesehatan
5 Penyebab Mata Gatal dan Cara Cepat Menanganinya!
Annisa Trimirasti
03 Jan 2018
Kebugaran
5 Cara Tidur Nyenyak Ini Bantu Tidur Lebih Berkualitas
Tsalis Annisa
04 May 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...