• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Memiliki kulit yang mulus dan bebas kilap merupakan dambaan seorang wanita. Sayangnya, cara mengatasi kulit berminyak tidaklah mudah.

Kulit berminyak sebenarnya memberikan manfaat, karena dapat menjaga kesehatan kulit dan menjauhkanmu dari penuaan dini. Tapi jika berlebihan, minyak di wajah justru bisa membuat wajah terlihat kusam  dan memicu timbulnya jerawat.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi kulit berminyak dan berjerawat yang perlu kamu catat baik-baik.

1. Pilih Pembersih Wajah yang Tepat

kulit-berminyak-isi1-OkayDoc.jpg

Pilih pembersih wajah dengan kandungan beta-hydroxy-acid, salicylic acid, benzoyl peroxide, atau glycolic acid - OkayDoc

Cara mengatasi kulit berminyak yang pertama dengan memilih pembersih wajah yang mengandung beta-hydroxy-acid, salicylic acid, benzoyl peroxide, atau glycolic acid. Jika tidak ingin minyak di wajah semakin meningkat, pemilihan pembersih wajah dengan bahan yang tepat merupakan hal yang penting. 

Penggunaan toner sebenarnya tidak terlalu dianjurkan. Karena dapat berisiko meningkatkan iritasi, minyak berlebih, atau bahkan kulit menjadi sangat kering dan meninggalkan bercak kering di wajah.

Kalaupun ingin memakai toner, gunakan hanya pada bagian yang sangat berminyak dan aplikasikan dengan usapan lembut. Perlu kamu ingat, penggunaan terlalu banyak perawatan wajah pada kulit berminyak justru bisa memperparah kondisi wajah.

2. Gunakan Pelembap dan Tabir Surya

kulit-berminyak-isi2-OkayDoc.jpg

Pilih pelembap berbahan dasar air dan tabir surya tidak lebih dari 30 SPF - OkayDoc

Siapa bilang kulit berminyak tidak butuh pelembap? Wajahmu tetap memerlukan pelembap agar terjaga kesehatannya.

Pilih pelembap bebas minyak atau berbahan dasar air, dan mengandung dimethicone. Hindari penggunaan pelembap berbahan petroleum gel karena dapat meningkatkan produksi minyak di wajah.

Apapun kondisi wajahmu, penggunaan tabir surya merupakan hal yang penting untuk melindungi wajah dari sinar ultraviolet. Pilih tabir surya dengan SPF tidak lebih dari 30. Penggunaan tabir surya lebih dari 30 SPF bisa meningkatkan produksi minyak pada wajah.

Baca Juga: Kenali Pentingnya Tabis Surya untuk Wajah

3. Rawat Wajahmu dengan Masker Wajah Berbahan Alami

kulit-berminyak-isi3-OkayDoc.jpg

Rajin menggunakan masker wajah ampuh bantu atasi kulit berminyak - OkayDoc

Ada beberapa jenis bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi kulit berminyak. Misalnya, oatmeal. Penggunaan oatmeal sebagai masker wajah dapat membantu dalam penyerapan minyak berlebih, mengatasi iritasi kulit, bahkan dapat mengangkat sel kulit mati.

Untuk menggunakan oatmeal sebagai masker wajah, kamu bisa mencampur oatmeal dengan sedikit air panas hingga menjadi bubur kental, lalu campurkan dengan sedikit madu. Setelah tercampur dengan baik, oleskan pada wajahmu dan diamkan selama 15 menit.

Selain oatmeal, bahan lain yang bisa kamu gunakan adalah madu, jeruk lemon, putih telur, lidah buaya, tomat, dan almond.

Konsultasi DokterBabe

"Hallo, saya ingin sekali mengetahui bagaimana cara mengatasi kulit wajah yang berminyak. Apakah ada cara alami untuk membantu mengatasinya? Mohon pencerahan."

Jawaban Dokter

4. Gunakan Kertas Penyerap Minyak atau Blotting Paper

kulit-berminyak-isi4-OkayDoc.jpg

Agar wajah tidak kusam, kertas minyak sangat penting untukmu - OkayDoc

Kertas penyerap minyak ini umumnya bisa kamu temukan di toko kosmetik atau apotek. Benda ini memberikan kemudahan untuk mengatasi minyak berlebih di wajah dengan cepat. Cara penggunaan yang tepat adalah dengan menekan pelan pada bagian wajah yang berminyak (seperti hidung, dagu, dan kening) selama 15 detik.

5. Atasi Kulit Berminyak dari Dalam

kulit-berminyak-isi5-OkayDoc.jpg

Hindari makanan berlemak maupun yang tinggi gula - OkayDoc

Siapa bilang semua makanan yang mengandung minyak dapat memicu minyak berlebih dan jerawat? Faktanya, jenis minyak seperti minyak ikan justru dibutuhkan tubuh untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat.

Makanan yang justru perlu kamu hindari adalah makanan yang digoreng, makanan yang tinggi gula, berlemak, produk olahan karbohidrat dan produk olahan susu.

Baca juga: Bahaya Makan Gorengan Ini Bisa Mengancam Kesehatanmu

Memiliki kulit berminyak bisa sangat menyebalkan. Tapi jangan putus asa! Dengan mengikuti tips cara mengatasi kulit berminyak di atas, dan menjaga pola makan sehat dengan menghindari makanan yang bisa meningkatkan produksi minyak, masalah kulit berminyak pasti dapat teratasi.

 

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Wajah
Manfaat Jahe untuk Wajah Ternyata Bukan Sekedar Mitos!
Dedi Irawan
02 Apr 2018
Kulit
Manfaat Mandi Susu: Cantik dari Ujung Rambut Hingga ke Ujung Kuku
Dedi Irawan
11 Nov 2017
Wajah
Manfaat Jahe untuk Wajah Ternyata Bukan Sekedar Mitos!
Dedi Irawan
02 Apr 2018
Wajah
Ini Dia 6 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat yang Aman
Nina Hertiwi
06 Sep 2018
Wajah
Memesona Dengan Masker untuk Kulit Berminyak dari Bahan Alami
Dedi Irawan
09 Oct 2017
Wajah
Cantik dengan Cara Perawatan Kulit Berminyak yang Benar
Venny Firstyani
16 May 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...