• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Kesepian yang dibiarkan berlarut-larut dapat menyebabkan stres kronis. Bahkan lambat laun dampaknya tidak hanya memengaruhi kesehatan mental, namun juga kesehatan fisikmu. Kamu akan menjadi lebih rentan terkena berbagai penyakit yang berbahaya.

Tapi, jangan khawatir. Berbagai cara mengatasi kesepian berikut dapat membantumu mengusir perasaan negatif ini dan membuat hidupmu lebih berwarna. Yuk, simak selengkapnya!

1. Sadari Bahwa Kesepian Hanyalah Perasaan, Bukan Fakta

cara mengatasi kesepian menyadari rasa kesepian okaydoc

Mengatasi kesepian dimulai dengan memahami bahwa kesepian berasal dari pemicu tertentu, dan bukan dari dirimu - OkayDoc

Ada dua jenis kesepian yang mungkin menimpamu. Pertama, kesepian akut yang dipicu oleh hal baru atau mendadak yang menuntut kamu untuk melewati fase penyesuaian diri. Sedangkan yang kedua, kesepian kronis yang timbul akibat rasa sunyi atau lengang yang dibiarkan menumpuk dalam waktu lama.

Saat terjadi, segeralah terapkan langkah awal yang tepat. Kamu harus mulai menyadari sepenuhnya bahwa kesepian yang menimpa hanyalah suatu perasaan dan bukanlah fakta, apalagi identitas.

Rasa sepi muncul akibat suatu peristiwa atau kenangan. Bukan karena fakta bahwa kamu adalah seseorang yang kesepian. Jangan biarkan perasaan ini menimbulkan pikiran buruk di dalam kepalamu, apalagi hingga membuatmu berpikir bahwa kamu dan rasa kesepian adalah dua hal yang identik.

Jadi, apa yang harus kamu lakukan? Mulailah dengan menyadari keberadaan perasaan sepi ini tanpa perlu bereaksi dengan berlebihan. Terlalu banyak memikirkannya juga dapat memperburuk keadaannya.

2. Jangan Tunda, Lakukan Aktivitas atau Hobi yang Baru

cara mengatasi kesepian berkebun okaydoc

Aktivitas baru dapat membuat kamu semakin kreatif dan termotivasi - OkayDoc

Jika kamu merasa kesepian dan ingin mengubah hal tersebut, maka jangan tunda lagi dan mulailah dari langkah kecil. Lakukan berbagai aktivitas atau hobi seperti memasak, berkebun, berolahraga. Bisa juga memilih aktivitas lain yang dapat membantumu melatih kemampuan baru sambil tetap bersantai.

Menjalani hobi dapat membuat jiwamu selalu termotivasi dan berpikir jauh ke depan. Dengan menjalani berbagai macam hobi, kamu juga dapat menentukan ragam tujuan yang berkaitan dengan hobi tersebut.

Misalnya saja melengkapi koleksi perangko, merajut taplak meja, menulis cerita, menyelesaikan puzzle, menuntaskan buku-buku bacaan setiap harinya atau menguasai alat musik tertentu.

3. Merawat Hewan Peliharaan

cara mengatasi kesepian peliharaan okaydoc

Hewan peliharaan dapat memberikan dukungan sosial untukmu - OkayDoc

Sebagian besar orang tidak merasa kesepian ketika mereka memiliki hewan peliharaan. Ini karena hewan peliharaan menyayangimu apa adanya. Mereka tidak membuatmu kesal, tidak menjauhimu, dan tidak menghakimi perbuatanmu. Ditambah lagi, merawat hewan peliharaan dapat memberikanmu tujuan baru dalam hidup.

Merawat hewan peliharaan menjadi salah satu cara mengatasi kesepian yang ampuh. Hewan-hewan ini mampu memberikan dukungan sosial dan menjadi sahabatmu. Jadi, jangan remehkan kekuatan hubungan antara manusia dan hewan peliharaan. Mereka bahkan bisa membantumu meningkatkan kesehatan mental dan kemampuan sosial.

Baca juga: Tips Mengatasi Patah Hati agar Kamu Tidak Terus Terpuruk

4. Beristirahat dari Media Sosial

cara mengatasi kesepian media sosial okaydoc

Penggunaan media sosial dapat berdampak pada munculnya rasa kesepian - OkayDoc

Media sosial pada dasarnya memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan mental. Para pakar menemukan bahwa penggunaan media sosial tidak hanya menyebabkan kesepian.

Akan tetapi, dapat juga menurunkan kepercayaan diri. Hal ini diungkapkan dalam sejumlah studi tentang dampak penggunaan salah satu media sosial ternama terhadap kesehatan mental.

Jadi, jika kamu sering merasa kesepian setelah melihat status atau gambar yang diunggah oleh orang-orang yang kamu ikuti di media sosial, berarti inilah saatnya untuk beristirahat sejenak. Hal ini akan membantumu menjernihkan pikiran dan memberikan kamu lebih banyak waktu untuk menghargai yang kamu miliki.

5. Membangun Hubungan Sosial yang Baik

cara mengatasi kesepian teman okaydoc

Mencurahkan isi hati kepada teman dapat menjadi salah satu cara mengatasi kesepian - OkayDoc

Semua orang memiliki kesibukannya masing-masing. Namun, jangan tunggu hingga kamu menyelesaikan segalanya untuk dapat membangun hubungan sosial yang baik. Pada akhirnya, kamu bisa menyesali waktu yang berlalu dan tidak sempat kamu habiskan untuk mendekatkan diri dengan orang-orang di sekitarmu.

Cobalah untuk lebih banyak berbagi cerita dengan kerabat, anggota keluarga, atau teman-teman yang paling kamu percayai. Mereka dapat memberikan umpan balik, masukan positif, atau cara mengatasi kesepian lainnya yang belum pernah terpikirkan olehmu.

6. Bermeditasi

cara mengatasi kesepian meditasi okaydoc

Meditasi dapat membuat pikiranmu menjadi lebih jernih - OkayDoc

Latihan meditasi membuat pikiranmu menjadi lebih jernih dan tenang. Efeknya, kamu mampu mengenali apa saja hal yang menjadi penyebab rasa kesepian. Selain itu, meditasi juga dapat membantumu mengenali berbagai hal yang menjadi penghambat ketika kamu mencoba berinteraksi dengan orang-orang baru.

Meditasi juga diyakini dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis akibat inflamasi (peradangan) pada tubuh. Hal ini disinyalir berkaitan dengan fungsi meditasi sebagai ‘rem’ dari stres yang terus-menerus melanda tubuh. Seperti yang kita tahu, stres dapat menimbulkan penyakit bagi fisik kita.

Temuan di atas masih perlu didukung oleh penelitian lebih lanjut. Tapi jika sekarang kamu sedang menghadapi rasa kesepian, meditasi patut dicoba.

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri Ini Patut Kamu Coba

Rasa kesepian terkadang luput dari perhatian dan dapat menimpa siapa saja. Padahal, emosi negatif ini dapat menimbulkan dampak yang nyata. Bahkan menjadi salah satu faktor yang memperburuk kondisi kesehatan mental seseorang.

Maka dari itu, kamu sangat perlu mengetahui seperti apa cara mengatasi kesepian yang sesuai untukmu. Siapa tahu cara-cara di atas dapat menolongmu menghalau rasa sepi yang seringkali datang tiba-tiba.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Psikologi
Berantas Stres dengan 7 Cara Menenangkan Pikiran
Maya Ligina
25 Nov 2017
Pengobatan
12 Cara Mengatasi Insomnia Agar Tidur Kembali Lelap
Annisa Trimirasti
11 Oct 2018
Psikologi
Komunikasi Non-Verbal, dari Kontak Mata hingga Sentuhan
Nina Hertiwi
23 Sep 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...