• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Bunuh diri bukan hanya sekedar masalah pribadi. Perkara yang mungkin timbul setelahnya juga perlu diperhatikan. Sebelum memutuskan bahwa langkah ini yang terbaik, coba baca dulu cara mengatasi keinginan bunuh diri di sini!

Kejadian bunuh diri bisa disebabkan banyak hal. Mulai dari tekanan sosial, masalah keuangan, hingga menderita gangguan kejiwaan tertentu. Pernah memiliki anggota keluarga yang melakukan tindakan ini juga dapat membuat rasa ingin bunuh diri muncul dibenakmu.

Untuk menghindari kondisi tersebut menggerogoti pikiranmu, coba kenali dan kendalikan tanda-tandanya berikut ini:

10 Tanda Seseorang Ingin Melakukan Bunuh Diri

Depresi okaydoc

Depresi berat dapat memunculkan keinginan seseorang untuk melakukan aksi bunuh diri - OkayDoc

Bunuh diri tidak terjadi begitu saja. Umumnya, seseorang akan menunjukkan gelagat di bawah ini sebelum memutuskan untuk melakukan pilihan tersebut:

  • Mengalami atau memiliki riwayat depresi berat.
  • Mengalami perubahan rutinitas, pola tidur, hingga kepribadian.
  • Perubahan suasana hati yang mendadak (mood swing), menjadi senang atau sedih.
  • Kerap mengutarakan rasa bersalah, malu, atau menyimpan dendam.
  • Sering membicarakan kematian ataupun mengucapkan selamat tinggal seperti terakhir kalinya.
  • Mengonsumsi obat-obatan dan alkohol berlebihan dibanding sebelumnya.
  • Melakukan hal-hal ekstrem yang berbahaya.
  • Terlalu mengisolasi diri sendiri.
  • Kehilangan harapan dan ketertarikan serta tampak murung dan putus asa
  • Sulit merasa bahagia.

Tanda-tanda di atas memang belum tentu memastikan seseorang akan bunuh diri. Namun, bila kamu merasakan tanda tersebut jangan ragu untuk segera mencari bantuan dan menerapkan cara mengatasinya dengan tepat.

Baca Juga: Merasa Mengalami Gejala Depresi? Cek di Sini!

Begini Cara Mengatasi Keinginan Bunuh Diri dengan Tepat!

Berbagi cerita okaydoc

Menceritakan permasalahanmu pada orang terdekat dapat membuatmu lebih semangat menjalani hidup - OkayDoc

Beberapa langkah antisipasi ini bisa kamu lakukan ketika dilanda pemikiran untuk melakukan bunuh diri. Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Berbagi Cerita dengan Orang Terdekatmu

Saat mengalami masalah yang terlampau berat, umumnya seseorang akan menarik diri dan menyimpan rapat-rapat permasalahannya sendiri. Padahal, menceritakan persoalan dalam hidup dapat membuatmu merasa lebih baik.

Jika hal ini yang kamu alami, berusahalah untuk membuka diri dan bersosialisasi dengan orang lain. Terlebih, pada teman, keluarga, dan sahabat yang bisa dipercaya untuk mendengarkan kisahmu.

Selain itu, coba daftarkan diri ke komunitas tertentu di mana anggotanya memilki pengalaman serupa denganmu. Dengan cara ini, kamu bisa mudah berbagi karena mereka cenderung lebih memahami masalahmu dan bisa menyemangatimu untuk kembali menjalani hidup.

2. Jauhkan Benda-benda Berbahaya di Sekitarmu

Keberadaan benda tajam dapat mempermudah aksi bunuh diri dilakukan. Jadi, bila didekatmu terdapat silet, pisau, atau gunting, segera jauhkan alat tersebut dari jangkauanmu.

Selain itu, ketika keinginan destruktif tersebut menghampirimu, jangan sesekali tergoda mengonsumsi alkohol atau obat-obatan terlarang sebagai solusi. Sebab, kedua hal tersebut dapat membuatmu lebih terpicu melakukan aksi bunuh diri.

Mendengarkan musik okaydoc

Melakukan hal yang diminati seperti mendengarkan musik dapat menjauhkanmu dari pemikiran bunuh diri - OkayDoc

3. Perbanyak Waktu untuk Melakukan Aktivitas yang Diminati

Jika pikiran kelam seperti bunuh diri menghampirimu, sebaiknya lakukan kegiatan yang dapat mendistraksi pemikiran tersebut.

Kamu bisa menjalani berbagai aktivitas atau hobi seperti mendengarkan musik klasik, membaca buku, atau menonton film komedi untuk membantumu merasa lebih tenang.

4. Lebih Aktif Berolahraga

Berolahraga tidak hanya menyehatkan tubuh, namun juga jiwamu. Pasalnya, latihan fisik mampu memicu tubuh memproduksi hormon endorfin, hormon yang bertugas untuk membuat suasana hati lebih gembira.

Kamu dapat melakukan aktivitas fisik di luar ruangan yang terpapar sinar matahari setidaknya 3 kali dalam seminggu. Rutinitas ini diyakini mampu membuatmu lebih semangat menjalani hari.

Bantuan ahli okaydoc

Penanganan medis dari psikiater dapat membantumu menyingkirkan niat bunuh diri - OkayDoc

5. Cari Bantuan Ahli

Jangan malu mencari bantuan profesional, psikiater misalnya. Sebagian besar kejadian bunuh diri didasari oleh gangguan kejiwaan. Selain mendapatkan penanganan medis yang tepat, kamu bisa menjalani konseling untuk menyikapi niat buruk ini dengan pola pikir lebih positif dan cara yang tepat guna mengontrol emosimu.

Bila bersedia, keluarga atau sahabat bisa juga mengikuti terapi ini bersamamu. Dukungan dari orang-orang terdekat sangat diperlukan agar mereka mampu memahami apa yang kamu alami dan membantumu menghadapi situasi ini.

Baca Juga: 3 Tujuan Tes Psikologi Kejiwaan yang Perlu Diketahui

Jika hal ini terjadi pada orang terdekatmu, berikan pertolongan dengan menunjukkan dukunganmu, serta akui perasaan tersebut merupakan hal yang bisa terjadi pada siapa saja. Jangan lupa tawarkan bantuan profesional seperti psikiater untuk membantu menanganinya secara bijaksana.

Rentetan masalah dalam hidup mungkin membuatmu jatuh dalam ranah keterpurukan dan ada kalanya pikiran kelam seperti bunuh diri menghampiri. Coba mulai berbagi cerita dengan keluarga dan sahabat terdekat tentang masalah yang kamu hadapi. Bila hal ini sulit, bantuan profesional bisa menjadi pilihan.

Jangan menyerah ya! Semangat!

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Psikologi
Manfaat dan Tujuan Psikoterapi untuk Kesehatan Mental Anda
Lina Purwanti
02 Aug 2017
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...