• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Insomnia adalah gangguan tidur di mana seseorang tetap terjaga atau sulit terlelap pada waktu tidur. Insomnia dapat menyebabkan suasana hati menjadi buruk hingga sulit berkonsentrasi. Usir kondisi ini dengan cara mengatasi insomnia secara sehat.

Insomnia ditandai dengan beberapa gejala seperti sulit tidur atau tidur tidak nyenyak, bangun terlalu pagi, bangun di tengah malam dan tidak bisa kembali tidur, merasa lelah dan tidak bertenaga saat bangun, hingga mengantuk di siang hari.

insomnia-OkayDoc12.jpg

Insomnia adalah gangguan tidur yang menyebabkanmu tetap terjaga atau sulit terlelap - OkayDoc

Kondisi ini dapat menyebabkan seseorang lelah sepanjang hari, mudah marah, dan sulit berkonsentrasi (sering lupa dan melakukan kesalahan) saat mengerjakan sesuatu.

Dalam jangka panjang, keadaan ini dapat menyebabkan komplikasi kesehatan seperti diabetes, obesitas, tekanan darah tinggi, selalu merasa cemas, depresi, dan penyalahgunaan obat-obatan.

Kenali Penyebabnya Terlebih Dahulu

penyebab insomnia

Suasana tidur tidak nyaman seperti berisik dapat menyebabkan insomnia - OkayDoc

Insomnia dapat terjadi dalam rentang waktu sebentar (akut) dan berkepanjangan (kronis). Akut terjadi saat insomnia berlangsung dalam 1 sampai 7 malam dan kronis adalah saat seseorang sulit tidur minimal 3 malam dalam seminggu selama sebulan.

Masing-masing kondisi tersebut memiliki ragam penyebab insomnia yang berbeda. Akut biasa disebabkan karena perubahan mendadak dalam kehidupan seperti

  • Stres berlebih dan banyak pikiran (kematian, perceraian, kehilangan pekerjaan, pindah rumah)
  • Suasana tidur yang tidak nyaman (berisik, terlalu panas atau dingin, terlalu terang)
  • Perubahan ritme kegiatan (jam kerja malam, bepergian di daerah dengan siklus waktu berbeda)
  • Tidur tidak teratur (tidur terlalu awal, bangun terlalu siang, tidur siang terlalu lama)
  • Memiliki gaya hidup kurang aktif

Sedangkan kronis adalah akut yang berkepanjangan misalnya mengalami stres hingga depresi atau akibat alasan medis (penggunaan obat-obatan tertentu, menderita asma, alergi, arthritis).

depresi-OkayDoc-500364.jpg

Insomnia kronis dapat disebabkan oleh depresi - OkayDoc

Sebagian besar penderita insomnia adalah wanita. Terutama ketika hamil atau lanjut usia. Wanita hamil kerap mengalami insomnia karena membesarnya perut sehingga posisi tidur tidak nyaman.

Kehamilan turut menyebabkan sakit punggung, frekuensi buang air kecil meningkat, perubahan hormon dan rasa gelisah akan kehadiran janin yang semuanya dapat mengganggu kenyamanan beristirahat.

Sedangkan pada orang berusia lanjut, insomnia biasa terjadi akibat penyakit kronis dan penggunaan obat-obatannya, kurangnya aktivitas fisik, serta gangguan psikologis (meninggalnya beberapa orang yang disayangi).

Diagnosis dan Pengobatan Insomnia

diagnosis awal penyebab insomnia

Mencatat waktu tidur adalah salah satu cara dokter mendiagnosis insomnia - OkayDoc

Jika kamu mengalami gejala insomnia, pemeriksaan ke dokter bisa dilakukan. Dokter akan melakukan tes fisik dan meninjau riwayat penyakit serta kebiasaan tidurmu.

Coba dengan menuliskan waktu tidur di buku catatan tersendiri (berapa jam tidur, berapa kali terbangun, jam berapa tidur dan bangun, dan lainnya) selama 1 hingga 2 minggu.

Cara lainnya adalah dengan pemberian obat tidur. Penggunaan obat untuk mengatasi insomnia harus sesuai dengan petunjuk dari dokter. Konsumsi obat ini pada umumnya hanya dilakukan selama beberapa minggu karena dapat menyebabkan ketergantungan.

Dosisnya pun dapat bervariasi tergantung dari riwayat serta kondisi kesehatan masing-masing penderita. Efek yang dapat diberikan obat tidur antara lain mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk tertidur, tidur menjadi lebih lama, serta meningkatkan kualitas tidur.

Obat ini juga dapat menimbulkan berbagai efek samping seperti menimbulkan rasa kantuk berlebih, gangguan berpikir, tidur sambil berjalan, gelisah, dan gangguan keseimbangan. Pada beberapa kasus obat tidur juga dapat menyebabkan alergi.

Baca Juga : Cara Tidur Nyenyak Ini Efektif Bantu Tidur Kamu Lebih Berkualitas

Ubah Gaya Hidupmu untuk Mengusir Insomnia

cara mengatasi insomnia

Membaca buku sebelum tidur dapat menjadi cara mengatasi insomnia - OkayDoc

Perubahan gaya hidup juga dapat memberikan efek jangka panjang untuk mengatasi insomnia. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar tidur lebih nyenyak.

1. Tidur Teratur

Tidur dan bangunlah di waktu yang sama setiap harinya termasuk di akhir minggu agar jam biologis tubuh bekerja optimal. Dan hindari tidur siang lebih dari 20 menit agar tidur malam tidak terganggu.

2. Buat Kondisi Kamar Nyaman

Keadaan yang baik untuk tidur adalah dengan cahaya minim atau gelap, suhu sejuk (tidak terlalu panas atau dingin), dan sunyi.

Kamu bisa menggunakan penutup mata atau menyalakan penyejuk ruangan dengan suara mesin yang tidak berisik untuk mendapatkan suasana nyaman.

3. Hindari Paparan Cahaya dari Alat Elektronik Sebelum Tidur

Alat elektronik (komputer, telepon genggam, dan lainnya) memancarkan cahaya buatan yang memberi sinyal agar otak tetap terjaga.

4. Melakukan Kegiatan Pengantar Tidur

Kamu bisa melakukan sesuatu yang membuat kamu mengantuk seperti mendengar musik bertempo lambat, mandi air hangat, melakukan olahraga ringan, atau membaca buku.

5. Hindari Makan Berat Menjelang Tidur

Makanlah 3-4 jam sebelum tidur dan bila tetap lapar cukup pilih camilan ringan seperti susu hangat atau biskuit. Hindari makanan yang tinggi lemak karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan serta sensasi perih dan panas pada dada atau ulu hati.

cara mengatasi insomnia

Hindari konsumsi kafein dan merokok agar terhindar dari insomnia - OkayDoc

6. Hindari Asupan Kafein, Nikotin, dan Alkohol

Minuman yang mengandung kafein seperti kopi, dan nikotin di dalam rokok adalah stimulan yang membuatmu terjaga. Selain itu, minum alkohol dapat menyebabkan kamu terbangun di tengah malam.

7. Buat Daftar Kegiatan untuk Esok Hari

Jika kamu mengkhawatirkan banyak hal, lebih baik tulis apa yang harus kamu lakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut sehingga tidak perlu gelisah sepanjang malam.

8. Hindari Tidur Siang

Jika kondisi insomniamu cukup berat, hindari tidur siang terlebih dahulu. Terkadang tidur siang hari dapat membuatmu sulit terlelap pada malam harinya.

Selain itu, jika kamu tidak teratur melakukannya di siang hari. Tidur siang dapat mengganggu jadwal tidur teraturmu.

9. Kondisikan Kamar Dengan Semestinya

Agar bisa tidur lebih nyenyak, cobalah untuk mengondisikan ranjang hanya untuk beristirahat. Hindari melakukan kegiatan lain jika kamu tidak bisa tidur nyenyak.

Jika saat berbaring kamu merasa tetap tidak bisa tidur, keluarlah dari kamar dan coba lakukan kegiatan lain seperti membaca di ruangan lain.

Prinsip ini banyak digunakan dalam proses pengobatan insomnia. Fungsi dari prinsip ini sebenarnya, agar kamu selalu berpikir bahwa kamar hanya berfungsi untuk tidur.

cara-mengatasi-insomnia-3.jpg

Atasi insomnia secara alami dengan meditasi- OkayDoc

10. Lakukan Meditasi

Meditasi merupakan cara mengatasi insomnia yang alami, mudah dan bebas dari obat-obatan. Kegiatan ini dipercaya dapat meningkatkan kualitas tidur serta memudahkan seseorang untuk tertidur.

Meditasi juga dapat meredakan kondisi yang dapat menyebabkan insomnia seperti stres, gangguan kecemasan, depresi dan gangguan pencernaan.

11. Olahraga Teratur

Berolahraga selama 20 hingga 30 menit setiap harinya dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Jika rutin dilakukan selama beberapa bulan, maka kualitas serta kuantitas tidur akan meningkat.

12. Gunakan Aroma Terapi

Cara ini dilakukan dengan mengoleskan atau menghirup essential oil, minyak beraroma kuat yang berasal dari tumbuhan seperti lavender, kayu cedar, serta kayu cendana. Aroma terapi dipercaya dapat membantu seseorang untuk tertidur.

Baca JugaCara Mengatasi Susah Tidur Secara Alami dan Medis

Insomnia yang tidak segera diatasi dapat memengaruhi kondisi kesehatanmu. Kembalikan tidur nyenyakmu dengan melakukan beberapa cara mengatasi insomnia di atas.

Jika kondisimu tidak kunjung membaik, segera konsultasikan hal tersebut ke dokter. Agar kamu mendapatkan penangan yang tepat.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Kebugaran
5 Cara Tidur Nyenyak Ini Bantu Tidur Lebih Berkualitas
Tsalis Annisa
04 May 2018
Psikologi
7 Cara Menghilangkan Stres agar Tak Diincar Penyakit!
Asa Citra
02 Nov 2018
Psikologi
Berantas Stres dengan 7 Cara Menenangkan Pikiran
Maya Ligina
25 Nov 2017
Psikologi
6 Cara Mengatasi Kesepian agar Hidup Lebih Berwarna
Diah Ayu Lestari
24 Jul 2018
Kebugaran
6 Kesalahan Setelah Olahraga Ini, Mungkin Sering Kamu Lakukan
Vivi Hermin
12 Jun 2018
Kebugaran
5 Cara Merawat Tubuh Ini Bikin Hidupmu Sehat dan Bahagia
Diah Ayu Lestari
30 Jun 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...