• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Flu adalah infeksi pada hidung, tenggorokan dan paru-paru akibat virus influenza. Anak yang berusia 2 tahun ke bawah berisiko lebih tinggi menderita beragam komplikasi akibat flu. Karenanya, semua orang tua perlu mengetahui cara mengatasi flu pada bayi.

Kondisi ini biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 10 hari. Untuk meringankan gejala yang terjadi selama masa penyembuhan, berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan.

Cara Mengatasi Flu Pada Bayi Secara Alami

cara mengatasi flu pada bayi

Jaga suhu ruang tidur bayi tetap lembab - OkayDoc

Kamu bisa mengatasi flu pada Sang Buah Hati dengan beberapa langkah sederhana berikut tanpa perlu pergi ke dokter.

Menjadikan Udara Lebih Lembap

Udara lembap akan membantu mengencerkan lendir yang tersumbat di hidung. Caranya, kamu bisa memandikan bayi dengan air hangat atau menyediakan alat pelembap udara di ruang tidur dan tempat bermainnya.

Memberikan Sup Hangat

Cairan bening dan hangat seperti sup, kaldu, atau air hangat bisa meringankan hidung tersumbat. Semua cairan ini sebaiknya disajikan hangat, bukan panas. Bila bayi belum dapat menyantap makanan padat, pemberian air kaldu lebih disarankan.

Menggunakan Obat Tetes Hidung dan Karet Penyedot Ingus untuk Bayi

Bayi belum bisa mendorong keluar udara dari hidungnya pada usia awal, terutama saat ia masih menyusui. Maka dari itu, obat tetes hidung dan karet penyedot ingus bisa digunakan saat bayi mengalami flu.

Obat tetes hidung bisa kamu beli di apotek atau dibuat mandiri dengan cara berikut:

  • Campurkan 3 sendok teh garam dengan 1 sendok teh baking soda
  • Ambil setengah sendok teh dari campuran tersebut dan larutkan bersama dalam sekitar 120mL air

Langkah kerjanya adalah sebagai berikut:

  • Sangga bagian belakang kepala bayi dengan posisi miring. Kamu bisa menyangganya dengan tangan, bantal, atau handuk.
  • Masukkan 2 hingga 3 tetes larutan garam atau obat tetes hidung ke tiap lubang hidung bayi. Larutan ini berguna untuk mengencerkan lendir di hidung.
  • Setelah meneteskan larutan garam, tahan kepala bayi tetap terangkat miring selama sekitar 30 detik.
  • Pencet bola karet penyedot ingus dan masukkan ujungnya ke lubang hidung. Agar hasilnya optimal, kamu dapat menutup lubang hidung lainnya dengan jari saat memasukkan ujung penyedot tersebut.
  • Lepaskan perlahan bagian bola penyedot ingus agar lendir dan larutan garam tersedot ke dalamnya.
  • Cabut penyedot ingus dari hidung bayi dan remas bola karet agar lendir keluar.
  • Ulangi proses pada lubang hidung lainnya

Proses ini tidak disarankan untuk dilakukan berkali-kali dalam sehari karena dapat mengiritasi dinding bagian dalam hidung.

Kamu tidak harus menggunakan kedua alat di atas secara sekaligus. Bila Si Kecil tidak menyukainya, karet penyedot ingus dan larutan garam bisa digunakan sendiri-sendiri.

cara mengatasi flu pada bayi secara alami

Perbanyak asupan cairan dengan cara menyusui - OkayDoc

Memperbanyak Asupan Cairan

Banyak minum dapat membantu mengencerkan ingus sehingga mudah dikeluarkan. Cara ini juga membantu mencegah dehidrasi.

Kamu bisa memberikan cairan yang ia sukai seperti ASI, susu formula, atau air. Bayi yang berusia kurang dari 6 bulan cukup diberikan ASI saja. Kamu bisa menyusuinya lebih sering.

Memberikan Madu (Hanya untuk Bayi di Atas 1 Tahun)

Madu dapat membantu meredakan batuk dan memberi efek menenangkan pada tenggorokan. Berikan bayi setengah sampai satu sendok teh madu. Bila madu terlalu kental, kamu bisa mencampurkannya dengan air hangat. Perlu diingat bahwa madu hanya boleh digunakan pada anak berusia satu tahun ke atas.

Memastikan Bayi Tidur dengan Cukup

Si Kecil membutuhkan lebih banyak waktu istirahat ketika sakit, tapi gejala flu yang dialaminya mungkin bisa menghambat hal tersebut. Kamu dapat mencoba menimangnya, mandi air hangat bersama, atau melakukan hal lain guna membantu si Kecil terlelap.

cara mengatasi flu pada bayi mencuci tangan okaydoc

Bunda perlu sering mencuci tangan agar Si Kecil lekas sembuh - OkayDoc

Hindari Penggunaan Obat-obatan Bebas

Hindari pemberian obat-obatan yang dijual bebas, sebab kebanyakan obat-obatan ini tidak direkomendasikan untuk anak berusia di bawah 6 tahun. Antibiotik juga tidak diperlukan, kecuali bayi mengalami infeksi telinga atau pneumonia. Terlebih, antibiotik hanya boleh dikonsumsi setelah bayi diperiksa oleh dokter.

Mencuci Tangan Bunda dan Buah Hati

Sekitar 80% penyakit infeksi ditularkan melalui tangan. Guna mencegah kondisinya bertambah parah, setiap orang yang menangani bayi harus menjaga tangannya tetap bersih.

Selain itu, kamu juga perlu membersihkan tangan bayi dengan tisu basah. Pastikan tangannya kering agar alkohol dari tisu basah tidak masuk ke mulutnya.

Selain itu, agar Si Kecil lebih mudah bernapas, kamu bisa membuatnya berbaring dengan kepala lebih tinggi dari bagian tubuh lain. Akan tetapi, cara ini hanya boleh dilakukan pada bayi berusia di atas 1 tahun.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Dahak pada Bayi Andalan Para Bunda

Kapan Orang Tua Perlu Mengunjungi Dokter?

cara mengatasi flu pada bayi demam okaydoc

Ada kondisi tertentu yang mengharuskan bayi untuk mendapatkan penanganan medis - OkayDoc

 

Penyakit flu memang dapat sembuh dengan sendirinya, tapi ada beberapa kondisi Si Kecil yang perlu diwaspadai orang tua. Misalnya, bayi berusia di bawah 2-3 bulan harus segera mendapatkan penanganan dokter, terutama bila ia mengalami demam melebihi 38 ºC.

Penanganan serupa juga harus diberikan kepada bayi berusia 3-6 bulan yang mengalami demam melebihi 39 ºC, atau jika flu berlangsung selama lebih dari 5 hari. Hal ini bertujuan untuk mencegah timbulnya komplikasi yang lebih serius.

Ciri lain yang harus diwaspadai oleh orang tua di antaranya muntah, diare, munculnya ruam, bayi menolak menyusu, tampak warna kebiruan pada kuku atau bibir, serta gangguan pernapasan seperti:

  • Batuk secara terus-menerus
  • Keluarnya lendir kehijauan hingga mengandung darah dari mulut atau hidung
  • Suara tangisan yang berbeda dari biasanya

Pilihan Obat untuk Mengatasi Flu Pada Bayi

obat untuk mengatasi flu pada bayi

Memberi obat dapat menjadi cara mengatasi flu pada bayi- OkayDoc

Obat-obatan untuk melawan virus kadang dibutuhkan untuk mengatasi flu pada bayi. Agar dapat berfungsi optimal, obat ini paling baik diberikan dalam 2 hari pertama sejak flu dimulai.

Beberapa jenis obat yang mungkin dokter berikan kepada bayi adalah obat penghilang nyeri paracematol dan obat antivirus seperti oseltamivir (misal, tamiflu). Namun, oseltamivir tidak boleh disarankan bagi bayi berusia di bawah 1 tahun karena dapat menimbulkan efek samping.

Baca Juga: Cermati Perbedaan Pilek dan Flu, Jangan Salah Paham Lagi!

Cara mengatasi flu pada bayi secara alami dapat dilakukan sebagai penanganan awal. Tetapi jika bayi tidak dapat menyusu dengan baik atau menunjukkan tanda-tanda darurat lain, segeralah kunjungi dokter untuk memperoleh penanganan yang tepat.

Mencegah pun lebih baik daripada mengobati. Flu dapat menular lewat percikan air yang keluar dari tubuh seperti batuk dan bersin. Jadi, kamu harus selalu menjaga kebersihan Si Kecil dan meminimalisasi kontak dengan orang yang sedang menderita flu.

 

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...