• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Timbulnya perasaan tidak puas dan kehilangan minat pada hal tertentu merupakan tanda kebosanan yang wajar. Tapi tenang saja, ada beragam cara mengatasi bosan yang bisa dilakukan agar tidak ganggu aktivitasmu.

Rasa bosan dapat muncul akibat energi berlebih yang tidak tersalurkan pada tubuhmu. Kondisi ini kemudian bisa menurunkan konsentrasi dan minat pada situasi sekitar, hingga perasaan apatis, gugup, juga gelisah.

Sikap tersebut tentu dapat merugikan dan perlu ditangani secepatnya. Bagaimanakah cara untuk mengatasinya?

4 Cara Ampuh untuk Menangani Bosan

Memberikan waktu lebih untuk menyelami keadaan yang membuat bosan dapat menjadi salah satu cara mengatasi bosan - OkayDoc

Dalam mengatasi kebosanan, terdapat banyak solusi yang bisa kamu lakukan. Berikut beberapa contoh cara yang dinilai efektif:

1. Berikan Waktu Lebih

Ketika sebuah hal membuatmu bosan, jangan langsung meninggalkannya begitu saja. Ada baiknya kamu lebih bersabar dalam menghadapinya.

Cobalah untuk memberikan lebih banyak waktu guna menyelami keadaan tersebut dan melihatnya dari sudut pandang yang baru. Mungkin saja hal atau kegiatan tersebut bisa memancing minatmu.

2. Alihkan Pikiran untuk Sementara

Kamu juga bisa mencari sesuatu yang baru untuk mengalihkan pikiran dan perhatianmu selama beberapa waktu. Langkah ini dikatakan mampu membantumu dalam menghilangkan rasa bosan, sekaligus tetap produktif.

Namun, jangan mengalihkan pikiranmu pada hal-hal negatif, ya. Misalnya, makan berlebihan atau konsumsi minuman beralkohol. Hal ini justru hanya akan menambah masalah.

Mencoba hobi baru seperti misalnya membaca dapat membantu mengatasi kebosanan - OkayDoc

3. Ketahui Penyebab Bosan dari Hal atau Aktivitas Tertentu

Cobalah untuk mencari tahu penyebab bosan yang terjadi. Misalnya, apa pemicu bosan ketika kamu membaca. Apakah kejenuhan muncul akibat jenis buku itu sendiri atau ada perasaan lain yang melatarbelakanginya?

Ketika sudah menemukan penyebabnya, kamu bisa mencoba untuk mengatasinya sesuai pemicunya. Jika kebosanan dilatarbelakangi oleh emosi tertentu, alihkan perhatian sejenak dari emosi-emosi tersebut.

Ketika perasaan-perasaan pemicu jenuh sudah hilang, kebosanan biasanya juga akan ikut pergi.

4. Coba Hal atau Kegiatan Baru

Tidaklah mustahil jika bosan tetap sulit diusir meski kamu telah berusaha mendalami kejenuhan yang muncul maupun mengalihkan perhatian sejenak.

Bila kamu mengalami hal tersebut, mencoba aktivitas atau hobi yang baru dapat menjadi alternatif untuk mengatasi kebosanan yang menyerangmu.

Kamu bisa melakukan hal-hal sederhana, seperti bergabung dengan komunitas tertentu yang menarik minatmu. Selain mencoba hal baru, kamu juga memiliki kesempatan untuk bertemu dengan teman-teman baru.

BACA JUGA
  • Berantas Stres dengan 7 Cara Menenangkan Pikiran

Cegah Bosan dengan Cara Ini

Mencatat detail kebosanan dapat mencegah kebosanan terjadi lagi - OkayDoc

Setelah berhasil mengusir kebosanan, langkah-langkah di bawah ini juga dianggap efektif untuk mencegah kembalinya rasa bosan:

  • Lakukan aktivitas rutin dengan cara yang unik dan lebih menarik, misalnya memberi batas waktu dalam tugas tertentu. Cara sederhana ini mungkin saja akan memberi stimulasi lebih dan mengusir bosan.
  • Catat detail kebosananmu, seperti waktu, tempat, dan jenis aktivitasnya. Dengan ini, kamu dapat menghindarinya di lain waktu.
  • Bila harus mengerjakan aktivitas dengan durasi yang lama, susunlah jadwalmu dengan baik. Jangan lupa juga untuk menyertakan waktu istirahat.
  • Kelompokkan rutinitasmu agar aktivitas yang sejenis bisa dilakukan bersamaan dan menghemat waktu.
  • Buat daftar berisi hal-hal baru yang ingin kamu coba. Jika memungkinkan, kamu bisa melakukannya ketika rasa bosan datang.

BACA JUGA
  • Catat, 4 Cara Ini Mampu Meningkatkan Fokus Bekerja!

Kebosanan memang termasuk hal normal yang bisa dialami oleh siapapun. Hanya saja, jangan sampai rasa bosan mengganggu produktivitas dan kelancaran hari-harimu.

Kamu bisa mencoba ragam cara mengatasi bosan di atas sebagai solusinya. Mulai dari mendalami rasa bosan yang menyerang hingga mengalihkan perhatian untuk beberapa saat. Semoga bermanfaat!

Sumber

Boredom. Healthline. Accessed on November 7th, 2018.

How to make boredom work for you. Harvard. Accessed on November 7th, 2018.

6 Tips for Coping with Boredom. PsychologyToday. Accessed on November 7th, 2018.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Diet
Bahaya Makan Terlalu Banyak Ini Mungkin Saja Mengintaimu!
Rabbani Haddawi
10 Nov 2018
Psikologi
5 Cara Membahagiakan Pasangan agar Langgeng Selamanya
Rabbani Haddawi
08 Nov 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...