• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Menyampaikan suatu kabar duka tentu bukanlah hal yang mudah, terutama jika menyangkut orang terdekat. Berbagai hal harus diperhatikan agar pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik.

Selain harus memilih kata-kata yang dirasa pantas, waktu dan tempat yang tepat juga perlu diperhatikan saat kamu melakukannya. Lalu, seperti apa cara mengabarkan berita kematian yang tepat? Berikut penjelasannya.

Langkah yang Tepat untuk Menyampaikan Kabar Kematian

Pemilihan waktu dan tempat yang tepat penting dilakukan ketika mengabarkan kematian - OkayDoc

Kabar duka merupakan hal yang sulit diterima baik oleh penyampai maupun orang yang menerima. Namun, dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini, diharapkan informasi tersebut dapat disampaikan dan diterima dengan lebih baik.

1. Persiapkan Dirimu Terlebih Dahulu

Sebelum menyampaikan informasi tersebut ke orang lain, pastikan kamu sudah siap. Berita duka tersebut bisa saja memberikan pengaruh kepadamu baik secara langsung maupun tidak langsung.

Karena itu, tenangkan dulu dirimu sebelum kamu berusaha menyampaikan kabar kematian seseorang. Mengambil napas dalam-dalam bisa kamu lakukan untuk membuat dirimu menjadi lebih tenang.

2. Pilih Kata-Kata yang Tepat

Memilih seberapa banyak informasi yang ingin dan dapat kamu sampaikan adalah hal yang penting dilakukan. Sampaikanlah informasi tersebut dengan lembut dan berikan informasi pendukung lain yang dapat membantu.

Kamu juga harus memikirkan apakah orang tersebut siap menerima informasi yang sebenarnya. Karena kalau tidak, tidak ada salahnya kamu sedikit menutupi kebenaran yang dirasa terlalu berat untuk diterima.

Namun, harus diingat bahwa kamu tetap harus menyampaikan setidaknya sebagian kebenaran dari berita tersebut. Selain itu, kamu juga harus menyampaikannya dengan perlahan dan pilih kata-kata yang sopan, ya.

Baca Juga: Langkah Pemulihan Trauma yang Penting untuk Dipahami

3. Perhatikan Waktu serta Situasi yang Tepat

Penyampaian kabar kematian sebaiknya tidak dilakukan di tempat publik karena akan sulit bagi penerima kabar untuk bisa mencerna informasi tersebut dan mengekspresikan kesedihannya. Pilihlah area yang memiliki tempat untuk duduk saat menerima kabar buruk itu.

Kabar kematian memang terkadang sulit untuk ditunda penyampaiannya. Jika kamu tidak dapat menemukan waktu terbaik untuk melakukannya, sampaikanlah dengan perlahan kepada penerima informasi bahwa berita ini harus disampaikan sekarang.

Jika penyampaian harus dilakukan melalui telepon, sampaikan kepada lawan bicara untuk sebaiknya duduk terlebih dahulu karena kamu akan menyampaikan suatu kabar buruk.

Cara Mengabarkan Berita Kematian pada Anak-Anak

Menyampaikan kabar duka ke anak perlu memerhatikan berbagai aspek - OkayDoc

Tergantung usianya, konsep mengenai kematian mungkin belum sepenuhnya dimengerti oleh anak-anak. Maka dari itu, penyampaian berita kematian kepada anak memerlukan tahapan tertentu agar dapat dimengerti dan diterima dengan baik.

1. Bantu Anak Mengerti Konsep Kematian

Untuk membantu anak memahami konsep mengenai kematian seseorang, kamu bisa menggunakan suatu contoh yang familiar. Misalnya, kamu bisa menjelaskan mengenai tanaman yang terlihat layu di halaman, atau serangga yang mati sebagai suatu siklus alam yang pasti terjadi.

Jelaskan bahwa tanaman atau serangga yang mati tersebut tidak dapat hidup kembali. Karena bagi anak, kematian merupakan sesuatu yang permanen adalah sebuah hal yang sulit dipahami.

2. Hindari Penggunaan Bahasa Kiasan

Ketika menyampaikan berita kematian pada anak, hindari penggunaan kiasan. Istilah seperti Kakek sekarang sudah berada di tempat yang lebih baik dapat membingungkan bagi anak-anak.

Lebih baik gunakan bahasa yang langsung namun tetap lembut seperti Kakek meninggal, Nak lalu jelaskan bahwa orang yang sudah meninggal, tubuhnya akan berhenti bekerja sehingga tidak dapat melakukan aktivitas seperti berjalan, makan atau bermain.

Jelaskan juga kepada anak bahwa ia sudah tidak bisa bertemu kembali dengan sang Kakek. Dengan begitu, berita tersampaikan dengan lebih jelas.

Baca Juga: Pahami Psikologi Perkembangan Anak Berikut Ini

Walaupun tidak mudah, mengikuti cara mengabarkan berita kematian seperti di atas mungkin dapat membantumu. Ingat, berita duka adalah hal yang emosional untuk disampaikan, kamu dapat meminta dukungan dari orang terdekat agar lebih siap melakukannya.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Psikologi
Coba Jawab 24 Pertanyaan Tes Psikopat Ini Kalau Berani
Veronica
21 Sep 2018
Psikologi
3 Tujuan Tes Psikologi Kejiwaan yang Perlu Diketahui
Raditya Wardana
03 Jul 2017
Herba
Konsumsi 12 Buah yang Mengandung Vitamin C agar Tetap Sehat
Annisa Trimirasti
10 Oct 2018
Psikologi
Semangat Belajar Menurun? Kembalikan dengan 5 Cara Jitu Ini!
Annisa Trimirasti
12 Nov 2017
Gangguan Kesehatan
Gejala dan Jenis Penyakit Thalasemia yang Perlu Kamu Waspadai
Nina Hertiwi
27 Oct 2018
Gangguan Kesehatan
6 Kelainan pada Otot yang Perlu Kamu Waspadai
Vivi Hermin
30 Sep 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...