• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Stres berkaitan dengan kesehatan fisik secara keseluruhan. Kondisi ini dapat memengaruhi fisik dan bahkan menyebabkan munculnya berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit jantung. Kamu bisa menjauhinya dengan 7 cara menenangkan pikiran ini.

Gejala stres dapat dialami oleh siapa saja. Baik orang dewasa maupun anak-anak. Untuk memperoleh ketenangan pikiran kamu tidak perlu memaksakan diri untuk tenang karena ini justru menambah stres. Kamu mungkin bisa mencoba tips populer ini!

Konsumsi Makanan Sehat

cara menenangkan pikiran OkayDoc

Buah dan sayur bukan hanya memberikan efek menenangkan, keduanya dapat meningkatkan sistem imun tubuh - OkayDoc

Bukan hanya tubuh yang membutuhkan makanan sehat agar tetap bugar. Kesehatan pikiranmu juga memerlukannya agar terhindar dari stres. Ternyata, mengonsumsi makanan tinggi gula dan lemak sama tidak baiknya untuk pikiran.

Jadi, jangan anggap konsumsi makanan manis dan berlemak secara berlebihan sebagai cara tepat untuk menenangkan pikiranmu saat stres melanda. Justru stres disertai konsumsi makanan tersebut dapat meningkatkan risiko serangan jantung.

Sebaliknya, konsumsi makanan sumber karbohidrat kompleks berserat tinggi mampu memicu produksi serotonin. Hormon ini akan membuat tubuh lebih rileks. Tambahkan juga, ikan yang tinggi omega 3, misalnya tuna, untuk membantu menurunkan stres.

Tidak lupa, masukan pula buah dan sayuran dalam menu sehatmu. Selain menenangkan, buah dan sayur dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

Tidur untuk Mendapatkan Istirahat Cukup

cara menenangkan pikiran OkayDoc

Tidur selama 7-8 jam sehari agar terhindar dari stres - OkayDoc

Beristirahat sejenak dari semua kesibukan tentu menjadi cara menenangkan pikiran yang dianggap paling ampuh. Stres dan tidur saling berhubungan.

Stres bisa mengakibatkan kurang tidur. Begitu juga sebaliknya, kurang tidur dapat pula menyebabkan stres. Lingkaran ini dapat terus berlanjut dan memburuk apabila tidak segera ditangani.

Tidur lah selama 7-8 jam dalam sehari. Beristirahat yang cukup di malam hari akan menghindarkanmu dari stres.

Gerakan Badanmu

cara menenangkan pikiran OkayDoc

Bergerak akan melancarkan aliran darah dan melepaskan hormon endorfin - OkayDoc

Siapa bilang menenangkan pikiran berarti harus terus berdiam diri dan berleha-leha? Untuk memperoleh pikiran dan jiwa yang tenang, kamu harus aktif bergerak. Tidak perlu repot, cukup berikan kesempatan tubuh untuk bergerak di sela aktivitasmu.

Aktif secara fisik tidak harus selalu di gym atau lapangan olahraga, kamu bisa mencoba jalan kaki dan yoga untuk membuang stres. Naik turun tangga atau latihan peregangan juga dapat membantu.

Bergerak akan memperlancar aliran darah dan melepaskan hormon endorfin, yaitu hormon yang memengaruhi mood. Bukan itu saja, aktif bergerak juga menurunkan tekanan darah, menguatkan otot jantung, dan menjaga berat badan ideal.

Tarik Napas yang Dalam

cara-menenangkan-pikiran-OkayDoc

Tarik napas dalam beberapa kali untuk menjernihkan pikiran dan menurunkan stres - OkayDoc

Cara menenangkan pikiran yang mudah dan sederhana adalah dengan mengatur serta beberapa kali menarik napas dalam selama 5 menit. Aktivitas ini termasuk dalam meditasi dan telah dikenal bisa menenangkan pikiran.

Menarik napas dalam akan menurunkan stres dengan memperlambat denyut jantung dan menurunkan tekanan darah. Oksigen akan mengalir dalam darah dan membantu menjernihkan pikiranmu.

Cobalah selama 5 menit duduk dengan nyaman dan badan tegak, tutup mata, serta letakkan tangan di perut atau atas lutut sembari menarik napas melalui hidung. Rasakan udara yang masuk dan naik ke kepala, kemudian hembuskan melalui mulut.

Dengarkan Musik

cara-menenangkan-pikiran-OkayDoc

Mendengarkan musik lembut sebelum tidur dapat menjadi pendukung untuk relaks dan tidur lebih nyenyak - OkayDoc

Mendengarkan musik lembut, misalnya musik klasik, ternyata dapat menurunkan tekanan darah, detak jantung, dan level hormon stres. Coba dengarkan lagu atau suara alam dan biarkan dirimu hanyut dalam melodi.

Jika kurang cocok dengan lagu lembut, musik upbeat dapat menjadi alternatif. Kamu bisa ikut bernyanyi dengan lantang dan melepaskan semua beban.

Musik akan membantu mengatur emosi dan mencegah pikiranmu mengembara. Putar musik lembut sebelum tidur sebagai bentuk relaksasi guna meningkatkan ketenangan sehingga tidurmu bisa lebih nyenyak.

Tenangkan Pikiran dengan Meditasi

cara-menenangkan-pikiran-OkayDoc

Munculkan respon relaksasi dengan meditasi - OkayDoc

Meditasi secara teratur diketahui dapat menurunkan dan mencegah stres. Caranya juga mudah, yaitu duduk tegak dengan kedua kaki di lantai. Kemudian, tutup mata dan fokuskan perhatian. Kamu juga bisa menambahkan musik lembut untuk mendukung meditasi. Hal ini akan menginisiasi respons relaksasi.

Meditasi dengan menarik napas dalam dan fokus pada satu hal dapat menurunkan risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi. Jika masih bingung dan sulit untuk meditasi, cobalah lakukan dengan yoga untuk menenangkan pikiranmu.

Hadapi Hidup dengan Positif

cara-menenangkan-pikiran-OkayDoc

Tertawa dapat menurunkan kadar hormon stres kortisol - OkayDoc

Cara menenangkan pikiran dengan mengingat segala hal baik dalam hidupmu mungkin membantu. Coba untuk selalu bersyukur dan menjauhkan diri dari pikiran negatif atau kekhawatiran berlebih.

Hadapi hidup dengan perbanyak tawa. Faktanya, tertawa dapat menurunkan kadar hormon stres kortisol, meningkatkan endorfin, menurunkan peradangan di arteri, dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Kamu bisa menambah tawa dengan berbagai cara. Contohnya, menonton film komedi, membaca komik, mengobrol dengan teman, atau kegiatan lainnya yang membuatmu tersenyum.

Jangan sampai stres mengganggu kegiatan dan pekerjaanmu. Apalagi menimbulkan masalah kesehatan di kemudian hari. Yuk, coba cara menenangkan pikiran agar stres tidak mendekat!

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Kebugaran
5 Manfaat Mendaki dan Tips Aman untuk Melakukannya
Rabbani Haddawi
28 Jul 2018
Gangguan Kesehatan
Mengerikan, Ini Bahaya Makanan Manis Bagi Tubuh!
Vivi Hermin
08 Jul 2018
Gangguan Kesehatan
Penyebab Mual Setelah Makan dan Cara Mencegahnya
Vivi Hermin
21 Jun 2018
Remaja
Bully di Sekolah harus Dihentikan, Ini Dampak Terburuknya!
Raditya Wardana
19 Jul 2017
Pengobatan
7 Cara Mengatasi Pengapuran Tulang yang Disarankan Dokter
Veronica
10 May 2018
Kebugaran
Baca ini Sebelum Melakukan Olahraga Saat Haid!
Rabbani Haddawi
02 Sep 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...