• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Banyak wanita yang mungkin mendambakan alis tebal dengan bentuk yang indah. Berbagai cara menebalkan alis dilakukan untuk mendapatkannya, dari pensil alis, bahan alami, hingga berbagai prosedur kecantikan.

Tidak hanya sebagai penghalang keringat agar tidak memasuki mata, alis juga populer bisa memengaruhi penampilanmu. Alis yang indah dapat menegaskan ekspresi sekaligus mempercantik wajahmu.

Meski alismu tergolong tipis, kamu tidak perlu khawatir. Masih ada beragam cara untuk menebalkan alis yang mungkin bisa menjadi pilihan tepat!

Cara Menebalkan Alis yang Bisa Kamu Coba

cara menebalkan alis okaydoc

Banyak cara yang bisa ditempuh dalam menebalkan alis, mulai dari yang alami hingga prosedur medis - OkayDoc

Untuk menebalkan alis, kamu bisa mencoba banyak cara. Mulai dari yang alami hingga prosedur medis! Apa sajakah langkahnya?

1. Menggunakan Pensil Alis

Salah satu cara termudah untuk membuat alis tampak lebih tebal adalah dengan memakai pensil alis. Dewasa ini juga sudah tersedia berbagai macam jenis makeup untuk menggambar dan mempertegas alis. Mulai dari bentuk gel maupun bedak.

Yang perlu kamu ingat adalah usahakan untuk memilih 2 tingkat warna yang lebih cerah dari warna rambutmu. Dengan ini, kamu bisa menghindari kesan galak pada wajah.

Setelah membentuk tepi alis dan mengisinya, jangan lupa baurkan warna dengan sikat khusus alis. Langkah ini berfungsi untuk menyatukan warna yang menumpuk pada alis mata dan membuatnya nampak natural.

Baca Juga: Sebelum Mencoba, Ketahui Dulu Mengenai Extension Bulu Mata, Amankah? 

2. Bahan-bahan Alami

Tahukah kamu bahwa ada banyak bahan alami yang berguna untuk menebalkan alis? Selain mudah didapat, bahan alami berikut juga dapat membantu untuk menumbuhkan alismu:

  • Minyak jarak. Minyak yang juga dikenal dengan nama castor oil ini telah dipercaya sejak lama untuk menumbuhkan rambut, termasuk alis mata. Pastikan kamu memilih produk minyak jarak asli dan melakukan tes alergi dulu sebelumnya.
  • Minyak kelapa. Tidak hanya digunakan untuk menggoreng, minyak ini juga disebut bermanfaat bagi kesehatan kulit dan rambut.
  • Minyak Tea Tree. Hampir sama seperti minyak kelapa, minyak tea tree dipercaya mampu merangsang pertumbuhan alis sekaligus melebatkannya.

Cara menggunakan ketiga bahan alami di atas cukup mudah. Kamu bisa mengoleskan minyak ke alis pada malam hari sebelum tidur dan pijat selama beberapa saat. Biarkan semalaman dan bilas keesokan paginya.

Meski demikian, manfaat minyak alami tersebut masih membutuhkan penelitian yang lebih luas agar hasilnya benar-benar terbukti. Sebagian orang juga dilaporkan mengalami alergi saat menggunakannya.

Oleh sebab itu, sebelum memakainya di alis, coba lakukan tes alergi dengan mengoleskan sedikit minyak pada kulit di lengan bagian dalam. Bila tidak ada reaksi apapun pada kulitmu selama 24-48 jam, minyak tersebut mungkin cocok untuk kamu pakai.

3. Suplemen

Penggunaan suplemen dipercaya dapat menjadi salah satu alternatif untuk memicu pertumbuhan rambut. Beberapa bahan, seperti biotin (vitamin B7), vitamin C, vitamin E, dan asam lemak omega-3 dianggap mampu mendukung pertumbuhan alis agar lebih tebal.

Meski begitu, ada baiknya kamu mengonsultasikannya terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsinya. Terutama bagimu yang memiliki kondisi kesehatan tertentu.

cara menebalkan alis suplemen okaydoc

Menggunakan suplemen dapat menjadi salah satu alternatif untuk memicu pertumbuhan rambut, termasuk alis mata - OkayDoc

4. Transplantasi Alis

Meski jarang diketahui, metode transplantasi alis dapat menjadi pilihan untuk menebalkan alis. Sebelum melakukan prosedur ini, dokter akan melakukan tanya jawab dengan pasien untuk menentukan bentuk alis yang dikehendaki.

Pengerjaan prosedur ini membutuhkan waktu sekitar beberapa jam. Sebelum dimulai, dokter atau tenaga medis profesional akan memberi bius lokal yang berfungsi mengurangi rasa sakit.

Pascaprosedur ini, area alis umumnya akan mengalami pembengkakan dan tampak memar selama beberapa hari. Dokter juga mungkin meresepkan obat pereda sakit dan steroid untuk mengurangi nyeri serta peradangan yang timbul pascatindakan.

Rambut yang ditanam biasanya akan rontok akibat fase pertumbuhan rambut baru (anagen effluvium) dan rambut baru akan tumbuh pada 3 sampai 4 bulan setelah pencangkokan.

Tips Menjaga Kesehatan Alis

cara menebalkan alis tips merawat okaydoc

Merapikan bentuk alis dengan benar dapat menjaga alis agar tetap tebal dan sehat - OkayDoc

Mendapatkan alis yang indah dan cantik tentu perlu didukung dengan perawatan yang dapat menjaga kesehatan alis. Kamu bisa melakukannya dengan mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh dan rutin merapikan bentuk alis.

Beberapa asupan nutrisi yang diduga penting dalam mendukung pertumbuhan alis meliputi protein, vitamin, mineral, biotin, zat besi, sistein, dan asam lemak omega-3. Kamu dapat memperolehnya dengan mengonsumsi alpukat, kacang-kacangan, daging merah, bayam, ataupun telur.

Sementara merapikan bentuk alis dengan benar dapat menjaga alis agar tetap tebal dan sehat. Kamu bisa menggunakan alat pencabut alis ketika melakukan langkah ini. Namun hindari mencabutnya terlalu banyak atau menekan alat terlalu keras karena dapat melukai area alis mata.

Jika merasa kesulitan ketika merapikan alis, kamu bisa meminta bantuan dari tenaga profesional untuk memperbaiki bentuk alismu. Misalnya di salon atau klinik kecantikan.

Baca Juga: Catat 8 Mitos Perawatan Wajah untuk Cantik Lebih Alami 

Alis memang dapat menunjang penampilan wajah seseorang secara keseluruhan. Apapun cara menebalkan alis yang kamu pilih, pastikan tindakan tersebut benar-benar aman bagi kesehatanmu.

Jika ragu dengan pilihanmu, kamu bisa melakukan konsultasi ke dokter atau ahli kecantikan terlebih dulu. Dengan ini, kamu akan mendapatkan informasi yang akurat dan penanganan tepat. Selamat mencoba!

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Diet
Anemia? Ini 6 Buah Penambah Darah yang Wajib Dikonsumsi
Maya Ligina
14 Oct 2018
Diet
10 Makanan yang Mengandung Zat Besi Agar Tubuh Bugar!
Annisa Trimirasti
14 Aug 2018
Rambut
5 Cara Menyuburkan Rambut dari Luar dan Dalam
Venny Firstyani
05 Jul 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...