• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Sakit gigi merupakan salah satu gangguan yang banyak dialami oleh sebagian besar anak-anak maupun dewasa. Ditandai dengan kemunculan rasa nyeri pada gigi atau di sekitar gigi dan rahang. Umumnya, keadaan menjengkelkan ini muncul karena adanya kerusakan gigi.

Kerusakan gigi terjadi saat bakteri di dalam mulut berkembang biak berlebihan akibat penumpukan sisa-sisa makanan yang menempel di gigi yang kemudian menjadi plak. Lambat laun, bakteri akan menghasilkan asam yang berisiko menjadikan gigi berlubang.

Nyeri akibat sakit gigi umumnya terasa main parah di malam hari atau saat sedang berbaring - OkayDoc

Ketika gigi mengalami kerusakan, hal ini akan menimbulkan rasa nyeri yang bisa muncul secara terus-menerus atau hilang sesaat kemudian muncul lagi. Perasaan tidak nyaman tersebut akan memburuk terutama saat kamu makan dan minum. Keadaan paling buruk dari penyakit ini kemungkinan akan terjadi saat mengonsumsi makanan dalam keadaan terlalu dingin atau terlalu panas.

Kondisi ini juga bisa saja memunculkan rasa nyeri yang bervariasi, mulai dari ringan hingga berat. Rasa nyeri yang muncul bisa serasa menusuk yang memburuk saat malam hari atau saat kamu sedang berbaring. Pada kondisi sakit gigi yang makin parah dan tidak tertangani dengan tepat, seseorang akan dihadapkan kepada risiko gigi copot atau rusak.

Pada kasus tertentu, seseorang yang sedang mengalami kondisi ini kerap mengalami kebingungan untuk mengetahui di mana letak sumber sakit. Misalnya, masalah yang sebenarnya ada pada gigi geraham, namun nyeri yang muncul seakan-akan berasal dari telinga. Pada saat yang lain, gigi bagian atas yang sebenarnya sakit, namun rasa nyeri seakan-akan berasal dari hidung, tulang pipi, atau dahi. 

Jauhkan Nyeri pada Gigi dengan Cara Ini

cara-mencegah-sakit-gigi-OkayDoc-04.jpg

Periksakan kesehatan gigi tiap 6 bulan untuk mengantisipasi adanya gangguan sejak dini - OkayDoc

Cara mencegah sakit gigi dan gangguan kesehatan lainnya pada daerah gigi dan mulut adalah dengan menjaganya tetap sehat. Gigi dan gusi yang sehat dapat menjauhkanmu dari sakit yang menjengkelkan ini. 

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan gigi dan gusimu.

  • Batasi asupan makanan dan minuman yang manis. Kamu lebih disarankan untuk mengonsumsinya hanya sesekali dan hanya pada saat jam makan.
  • Sikat gigi dua kali sehari menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Bersihkan dengan lembut pada bagian gusi dan lidah.
  • Bersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi dan jika perlu kumur dengan mouthwash untuk menjaga mulut steril.
  • Jangan merokok karena hal ini tidak hanya mengganggu kesehatan lainnya. Merokok juga menyebabkan beberapa masalah pada gigi dan kesehatan mulut lainnya.

Selain memelihara kebersihan mulut di rumah, pastikan kamu melakukan pemeriksaan gigi secara teratur. Sebaiknya lakukan pemeriksaan oleh dokter gigi yang sama. Jadwal pemeriksaan juga biasanya bervariasi, tergantung seberapa sehat gigi dan gusimu serta kemungkinan risiko terkena masalah kesehatan di kemudian hari.

Dokter gigi akan menyarankanmu untuk melakukan pemeriksaan kesehatan gigi berikutnya sesuai dengan kesehatan mulut secara keseluruhan. Tidak hanya penting bagi orang dewasa, tetapi anak-anak juga harus memiliki jadwal pemeriksaan gigi tiap enam bulan. Hal ini dilakukan agar kerusakan pada gigi dapat segera diketahui dan diobati sejak dini.

Masalah kesehatan lain pada tubuhmu juga dapat menyebabkan gangguan pada jantung dan paru-paru. Meski biasanya hal tersebut jarang terjadi, namun kamu dapat mengurangi risikonya dengan menerapkan pola hidup yang sehat. 

Pola hidup sehat bisa dimulai dengan mengonsumsi makanan rendah lemak, cukupi kebutuhan serat, dan berolahraga setidaknya 30 menit sehari yang dilakukan sekitar 3-5 hari dalam satu minggu. Konsultasikan kepada dokter mengenai olahraga yang tepat sesuai kondisimu.

Sakit Gigi Bisa Membunuhmu?

cara-mencegah-sakit-gigi-OkayDoc-05.jpg

Gosoklah gigi setidaknya sehari dua kali dan berkumur-kumur dengan mouthwash - OkayDoc

Jangan pernah meremehkan sakit gigi. Segera periksakan gigimu jika sakit yang dirasa tidak wajar terus terjadi berulang-ulang. Jika sudah parah, sakit gigi bisa berubah menjadi abses gigi. Kondisi tersebut bahkan bisa merenggut nyawa, sebagaimana menimpa seorang pria berusia 26 tahun di Amerika Serikat. Infeksi yang berasal dari gigi ternyata menyebar melalui pembuluh darah dan paru-paru pria tersebut. Meski telah mengunjungi dokter gigi dan mendapat penanganan lebih lanjut di rumah sakit, nyawa pemuda tersebut tidak tertolong. 

Jika sudah menyebar ke seluruh tubuh, infeksi ini bisa menyebabkan denyut nadi yang tidak beraturan dan berlangsung secara terus-menerus. Penderita juga rentan mengalami demam atau pembengkakan kelenjar getah bening di rahang atau leher. Yang paling parah, pasien kemungkinan menderita penumpukan cairan nanah di mulut yang jika pecah bisa membahayakan dan menjijikkan. 

Baca Juga: Sakit Gigi Bisa Pengaruhi Kesehatan Organ Vitalmu

Mengingat bahaya yang mungkin menimpa, maka menjadi tindakan yang masuk akal bahwa mencegah sakit gigi terjadi lebih baik dibandingkan mengobatinya. Mungkin cara mencegah sakit gigi diatas bisa Kamu terapkan. Kamu bisa mulai melakukan perawatan ringan yang bisa dilakukan di rumah, seperti membiasakan diri membilas gigi dengan air hangat dan menggunakan benang pembersih gigi yang dapat menghilangkan sisa makanan di sela-sela gigi. Pastikan perawatan sederhana tersebut dilakukan dengan rutin agar sakit gigi bisa menjauh dari hidupmu. 

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Diet
Lezatnya Kacang dan Buah yang Mengandung Vitamin E Ini!
Annisa Trimirasti
07 Oct 2018
Gangguan Kesehatan
Kenali Gejala Saraf Kejepit agar Bisa Ditangani Secepatnya
Rabbani Haddawi
28 Jul 2018
Gangguan Kesehatan
Mengenali Ciri-ciri Kelenjar Getah Bening yang Bermasalah
Dedi Irawan
05 Oct 2018
Gigi
Ikuti Cara Merawat Gigi Palsu Ini untuk Hindari Komplikasinya!
Nina Hertiwi
12 Oct 2018
Kesehatan Ibu
Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil yang Tak Boleh Dilewatkan
Vivi Hermin
26 Aug 2018
Kebugaran
5 Manfaat Mendaki dan Tips Aman untuk Melakukannya
Rabbani Haddawi
28 Jul 2018
Memuat...
Tanya Dokter
Memuat...