• Penyakit
  • Obat
  • Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Konsultasi
  • Cari Rumah Sakit
  • Daftar
  • Masuk
  • Daftar
  • Masuk

9 Cara Memutihkan Wajah secara Alami Ini Bikin Makin Cantik

Diverifikasi oleh dr. Bayu Adiputro

Cara memutihkan kulit secara alami sebenarnya sangat mudah. Kamu bisa membuat produk perawatan kulit berbahan alami. Selain itu, terapkan gaya hidup yang baik guna menjaga kesehatan kulit.

Kamu sangat perlu memerhatikan asupan cairan tubuh. Jika kebutuhan akan air tidak diperhatikan, bukan tak mungkin kulit akan mengalami kekeringan dan terlihat keriput. Kebiasaan seperti pola tidur, olahraga, cara membersihkan wajah, bagaimana menutrisi kulit dari luar, serta melindunginya dari paparan sinar matahari juga ikut menentukan.

Penasaran kan gimana caranya? Yuk, simak penjelasan selengkapnya!

Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dari Dalam

cara memutihkan wajah secara alami OkayDoc

Cukup minum air mineral bagus untuk kulitmu - OkayDoc

Untuk mendapatkan kulit putih yang membuatmu makin percaya diri, memenuhi kebutuhannya dari dalam wajib dilakukan. Beberapa hal yang membantu kulit putih secara alami dari dalam tubuh antara lain:

  • Penuhi kebutuhan antioksidan dan asam omega-3

Untuk membuat kulit tetap sehat dan terhindar dari kekeringan, senyawa antioksidan dan asam omega-3 adalah jawabannya. Keduanya penting agar kulit terhindar dari bahaya peradangan dan gatal-gatal.

Beberapa makanan yang mengandung antioksidan umumnya juga mengandung asam lemak esensial omega-3. Ikan salmon, tuna, dan halibut adalah bahan makanan yang sudah sejak lama dikenal mengandung asam omega-3.

Kamu juga bisa mendapatkan lemak yang berguna untuk membuat kulit lebih halus dari kacang walnut, almond, labu, dan biji bunga matahari.

  • Cukupi kebutuhan air

Air tidak hanya dibutuhkan untuk menghilangkan dahaga. Minum air yang cukup juga dapat membantu mendapatkan kulit yang sehat dan terlihat lebih cerah. Sehingga kulit terlihat lebih cerah.

Dengan air yang cukup, kamu dapat membantu tubuh mengalirkan nutrisi dengan mudah, serta membuang sisa-sisa metabolisme tubuh.

penuhi asupan vitamin sebagai cara memutihkan wajah dari dalam

Penuhi asupan vitamin C dan A sebagai bagian dari cara memutihkan wajah secara alami - OkayDoc

  • Tingkatkan asupan vitamin C

Meningkatkan asupan vitamin C dipercaya dapat memperbaiki kelenturan dan warna kulit. Senyawa ini juga penting untuk menjaga kulit makin bagus dengan cara menguatkan dan memelihara bagian penting dari struktur kulit, yaitu kolagen.

Untuk meningkatkan asupan vitamin C, kamu bisa mengonsumsi beberapa makanan seperti lemon, orange, tomat, dan stroberi. Jika perlu, konsumsilah pil dengan kandungan vitamin C setiap hari. Adapun dosis yang dianjurkan adalah sebanyak 250 mg per hari.

  • Perbanyak konsumsi vitamin A

Cara dari dalam yang tak kalah pentingnya adalah memperbanyak makanan yang mengandung vitamin A. Vitamin A alias Retinol ini merupakan penyusun dasar dari kulit seseorang. Salah satu tanda kamu butuh vitamin A adalah jika kulit terasa kendur alias berkurang elastisitasnya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Wajah Kusam yang Aman Untukmu Ada di Sini

Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dari Luar

cara memutihkan wajah secara alami dari luar

Campuran lemon dan madu dapat membantumu memutihkan wajah secara alami - OkayDoc

Setelah melakukan cara dari dalam, kombinasikan dengan memperputih kulit secara alami dari luar di bawah ini:

  • Mengangkat sel-sel kulit mati

Agar kamu dapat mendapatkan kulit putih dengan mudah, kamu perlu membersihkan sel kulit mati. Untuk mengangkat sel-sel kulit mati, kamu juga bisa menggunakan permbersih wajah yang mengandung scrub atau partikel yang membantu mengelupas sel kulit mati. 

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan masker oatmeal dengan mencampurkan dua sendok makan yogurt di dalamnya.

  • Gunakan campuran lemon dan madu sebagai masker

Mencampurkan madu dan lemon artinya kamu membuat ramuan yang mampu mengelupaskan sel kulit mati sekaligus membuat kulit lebih bersinar. Kedua bahan ini akan membuang sel-sel kulit mati dari permukaan kulit sekaligus memunculkan kulit yang lebih bersinar di bawahnya.

Madu juga berperan sebagai pelembap alami kulit sehingga mampu mengurangi kekuatan lemon yang bisa membuat kulit kering.

Gunakan masker ini pada wajah selama 20 menit kemudian basuh hingga bersih. Jika perlu, tambahkan oatmeal pada ramuan ini agar sel kulit mati dari kulit hilang maksimal. Selama membersihkan kulit wajah dari masker ini, lakukan pijatan lembut melingkar dengan menggunakan ujung jari.

Baca Juga: Catat, ini 6 Masker Wajah Alami Untuk Memutihkan Kulit!

gunakan masker yoghurt sebagai cara memutihkan wajah secara alami

Gunakan masker yoghurt secara rutin untuk memutihkan kulit - OkayDoc

  • Gunakan masker yoghurt atau kefir secara rutin

Salah satu cara memutihkan wajah secara alami adalah menggunakan susu fermentasi seperti yoghurt ataupun kefir. Kandungan asam laktat di dalam kedua bahan ini dipercaya mampu mengangkat sel kulit mati dan mengembalikan warna putih kulit Anda.

Selain itu, menggunakannya secara rutin dapat membantu kamu memperoleh manfaat masker kefir yang lain seperti antiinflamasi dan mengatasi kulit kering.

Tak hanya digunakan sebagai masker, yoghurt dan kefir juga dapat kamu konsumsi secara rutin untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam.

  • Memutihkan wajah dengan lidah buaya

Sebuah studi menunjukkan bahwa lidah buaya mengandung banyak senyawa polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan alami ini dapat melindungi kulit dari radiasi sinar matahari penyebab kulit kusam.

Selain itu, senyawa antrakuinon di dalam lidah buaya dipercaya dapat mengangkat sel-sel kulit mati alami.

cara memutihkan wajah secara alami dengan cuka sari apel.jpg

Toner air cuka apel dapat digunakan untuk memutihkan kulit secara alami - OkayDoc

  • Gunakan toner air cuka apel

Selain lemon dan lidah buaya, kamu juga bisa menggunakan cuka apel untuk memutihkan wajah secara alami. Pasalnya, cuka apel mengandung senyawa asam asetat yang dianggap mampu mencerahkan kulit. Kamu bisa membuat toner cuka apel dengan cara berikut:

  1. Campurkan cuka apel dan air ke dalam wadah semprot dengan perbandingan 1:1. Misalnya 25 mL cuka apel yang dicampurkan dengan 25 mL air. Aduk atau kocok larutan hingga tercampur sempurna.
  2. Semprotkan toner pada kapas, kemudian usap dengan lembut pada kulit wajah. Kamu juga bisa menotolkan toner ini pada bekas jerawat yang menghitam.
  3. Diamkan selama 2-3 menit.
  4. Kemudian bilas wajah dengan air hangat.
  5. Lakukan cara ini sebanyak dua kali setiap harinya.

Perlu diingat untuk tidak menggunakan cuka apel langsung tanpa diencerkan. Cairan ini mengandung asam kuat yang membuat kulit mengalami iritasi, hingga trauma kimia pada permukaan kulit.

Cara memutihkan wajah secara alami dengan mengombinasikan kedua cara di atas akan menghasilkan bukti nyata jika dilakukan secara teratur. Jangan lupa juga untuk mencukupi kebutuhan tidur dan olahraga teratur agar hasilnya makin optimal.

Diverifikasi oleh dr. Bayu Adiputro
Komentar
Artikel Terkait
Wajah
16 Apr 2018
Manfaat dan Cara Memutihkan Wajah dengan Jeruk Nipis
Dedi Irawan
Wajah
16 Aug 2017
Cara Memutihkan Badan secara Alami yang Bebas Efek Samping
Veronica
Wajah
10 Nov 2017
Makin Cantik dengan 3 Cara Membuat Masker Alpukat
Maya Ligina
Wajah
19 Sep 2018
Cara Memutihkan Wajah dengan Minyak Zaitun, Dijamin Alami!
Diah Ayu Lestari
Wajah
16 Apr 2018
Catat, Ini 13 Masker Wajah Alami Untuk Memutihkan Kulit!
Zainabul Khubro
Gigi
05 Sep 2017
Beragam Cara Memutihkan Gigi Beserta Risikonya
Rini
Memuat...
Konsultasi
Memuat...