• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Menghitamnya kulit pada area selangkangan merupakan kasus umum yang sering terjadi. Kamu mungkin menganggap hal ini dapat menurunkan rasa percaya diri. Namun, jangan khawatir karena masih ada cara memutihkan selangkangan secara alami.

Perubahan warna pada area selangkangan dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Mulai dari iritasi kulit, usia, pakaian dalam yang ketat, sering mencukur, hingga obesitas dapat menjadi pemicu area kewanitaanmu menghitam.

Agar kepercayaan dirimu tidak menurun, kamu wajib tahu cara mencerahkannya

7 Cara Memutihkan Selangkangan Secara Alami

Memutihkan area selangkan dapat lakukan salah satunya dengan cara alami - OkayDoc

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk memutihkan area selangkangan, salah satunya adalah dengan cara alami yang bisa kamu lakukan di rumah seperti di bawah ini.

1. Perasan Jeruk Lemon dan Yoghurt

Ternyata yoghurt sangat bermanfaat bagi tubuh . Kandungan asam sitrat pada lemon dan asam laktat dari yoghurt dianggap sebagai bahan yang dapat mencerahkan kulitmu.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, siapkan 1/4 buah lemon dan satu sendok makan yogurt. Campurkan kedua bahan tersebut, lalu oleskan pada area selangkangan kemudian bilas hingga bersih. Lakukan secara rutin untuk hasil optimal.

Hindari penggunaan ramuan ini pada kulit sensitif atau setelah mencukur, untuk mencegah kulit mengalami iritasi.

2. Susu

Selain memutihkan kulit, susu dipercaya dapat melembapkan kulit, dan mengangkat sel kulit mati. Kamu bisa juga menggunakan susu untuk mencerahkan area kewanitaanmu.

Caranya, tuangkan susu pada wadah yang bersih, dan oleskan menggunakan bantuan kapas dengan gerakan menepuk-nepuk. Untuk hasil yang maksimal kamu bisa menggunakannya setiap hari.

caramemutihkanselangkangan susu okaydoc.jpg

Mengoleskan susu ke area selangkangan bisa membantumu memutihkan area tersebut - OkayDoc

3. Bubuk Kunyit

Tidak hanya lemon dan susu, bubuk kunyit juga dianggap sebagai bahan yang dapat mencerahkan kulit. Kunyit mengandung antioksidan dan komponen antiinflamasi sehingga diyakini dapat mengembalikan warna kulitmu di sekitar selangkangan.

Siapkan bahan yang dibutuhkan, seperti bubuk kunyit, yogurt dan madu secukupnya. Campurkan semua bahan hingga bertekstur seperti pasta dan aplikasikan pada area selangkangan. Diamkan sekitar 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

4. Baking Soda

Baking soda dapat membantu mencerahkan sekaligus mengangkat sel-sel kulit mati. Meski begitu, gunakan dengan hati-hati ya. Pasalnya, baking soda tergolong bahan yang cukup kasar untuk kulit dan mungkin saja menimbulkan iritasi.

Bila memilih bahan ini untuk memutihkan selangkangan, kamu perlu membuat pasta dari campuran baking soda dan air (perbandingan 1:1). Oleskan pasta tersebut ke area selangkangan. Biarkan setidaknya 15 menit kemudian bilas bersih.

caramemutihkanselangkangan bakingsoda okaydoc.jpg

Penggunaan baking soda termasuk cara memutihkan selangkangan - OkayDoc

5. Irisan Kentang

Kentang telah lama dipercaya dapat membantu mengembalikan warna kulit yang menghitam. Pasalnya, umbi-umbian ini mengandung enzim katekolase yang dapat mencerahkan warna kulit.

Untuk menggunakannya, kamu cukup mengiris-iris kentang. Kemudian gosok irisan kentang ke area selangkangan selama 15 menit atau lebih. Lalu, bilas bersih area tersebut.

caramemutihkanselangkangan aloevera okaydoc.jpg

Cara memutihkan selangkangan bisa menggunakan gel lidah buaya- OkayDoc

6. Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya tidak hanya berpotensi memutihkan kulit namun juga membantu mengatasi iritasi kulit. Kamu bisa mendapatkan gel ini langsung dari potongan tumbuhan lidah buaya atau membelinya di apotek terdekat.

Selanjutnya, cukup oleskan gel ke area selangkangan dan biarkan selama beberapa saat agar produk menyerap ke kulit. Semakin praktis, kamu tidak berlu membilas gel ini.

7. Campuran Pasta Almond

Bahan ini bisa membantu mencerahkan, menghaluskan sekaligus mengangkat sel-sel kulit mati bila digunakan secara rutin. Cara membuatnya pun cukup mudah.

Kamu hanya perlu merendam almond terlebih dahulu selama kurang lebih 24 jam. Selanjutnya, kupas kulit almond, tumbuk dan campurkan merata bersama susu hingga menjadi pasta.

Oleskan pasta ini (seperti lulur) ke area selangkangan dan biarkan selama 1 jam. Kemudian, bilas lulur dengan air hangat. Mudah bukan?

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini Manfaat Kunyit Putih Bagi Kesehatan!

Cara Mencegah Menghitamnya Area Selangkangan

cegah area di sekitar selangkangan

Dalam memutihkan area selangkangan, kamu harus menghindari beberapa hal, guna mencegah menghitamnya area selangkangan - OkayDoc

Setelah mencoba bahan alami, kamu juga bisa mencegah menghitamnya area selangkangan dengan melakukan beberapa hal berikut:

  • Hindari pemakaian pakaian dalam yang terlalu ketat. Produksi keringat berlebih ditambah gesekan pada area selangkangan dipercaya dapat menggelapkan kulit area intimmu. Oleh karena itu, usahakan pilih pakaian dalam yang mudah menyerap keringat seperti bahan katun.
  • Menggunakan pisau cukur terlalu sering dianggap dapat menghitamkan area kewanitaanmu. Hal ini disebabkan oleh gesekan secara terus-menerus antara alat cukur dengan kulit. Selain mencukur, menggunakan metode waxing dengan cairan yang terlalu panas dapat membuat kulitmu mudah teriritasi dan nampak lebih gelap.
  • Salah satu cara yang dapat kamu lakukan agar mengurangi kehitaman pada area selangkangan ialah menggunakan tabir surya sebelum berenang ataupun saat ke pantai.
  • Eksfoliasi juga berfungsi dalam mengangkat sel kulit mati dan kusam. Kamu bisa menggunakan scrub dan gosok secara perlahan. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

Penyebab lain menghitamnya selangkangan adalah akantosis nigrikans. Kondisi ini adalah sebuah gangguan pada kulit yang ditandai dengan warna kulit yang lebih gelap, bila dibandingkan area lainnya. Kelebihan berat badan (obesitas) serta kondisi medis seperti diabetes melitus bisa menjadi pemicu kondisi ini.

Tidak hanya pada area selangkangan, gangguan kulit tersebut juga dapat muncul pada area yang memiliki lipatan-lipatan pada kulit, seperti pada leher, ketiak, ataupun belakang lutut. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengurangi berat badanmu dan rajin memeriksakan kondisi kesehatanmu secara berkala.

Baca Juga: Baca Ini Sebelum Mencukur Bulu Kemaluan

Jika kamu sudah melakukan cara memutihkan selangkangan secara alami seperti diatas, namun hasil yang didapatkan masih kurang maksimal, kamu bisa melakukan konsultasi kepada dokter kulit untuk mendapatkan penanganan lebih baik.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Wajah
Catat, Ini 13 Masker Wajah Alami Untuk Memutihkan Kulit!
Zainabul Khubro
16 Apr 2018
Kulit
Catat, Ini 10 Cara Memutihkan Kulit Tangan dan Kaki
Dedi Irawan
23 Oct 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...