• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Kaki dan tangan mungkin akan nampak lebih gelap dari area lainnya karena bagian ini lebih sering terpapar sinar matahari. Tapi jangan putus asa, terdapat banyak cara memutihkan kulit tangan dan kaki secara alami yang dapat kamu coba.

Nah, sebelum kamu menerapkan berbagai cara tersebut, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dulu tentang apa saja yang bisa menjadi penyebab di balik kemunculannya.

Penyebab Kulit Tangan dan Kaki Menghitam

cara memutihkan kulit tangan dan kaki

Kulit yang menghitam disebabkan oleh terlalu banyaknya kandungan melanin - OkayDoc

Warna kulit yang cenderung gelap dapat terjadi karena terlalu banyaknya kandungan melanin atau melanosit yang terlalu aktif. Perubahan warna kulit ini seringkali terjadi secara perlahan. Umumnya, hal ini di mulai dari siku, buku jari, dan lutut lalu menyebar menuju area sekitarnya.

Beberapa kondisi mungkin bisa menyebabkan daerah kulit kaki dan tangan menjadi lebih hitam dari bagian tubuh lainnya. Paparan sinar matahari adalah hal yang paling umum menyebabkan hal ini.

Selain itu, beberapa kondisi medis bisa juga menyebabkan hal ini. Berikut ini adalah kondisi medis yang mungkin akan menyebabkan kulit lebih hitam dari sebelumnya. Namun, umumnya kondisi ini bukan hanya menyerang di wilayah kaki dan tangan:

  • Kelebihan zat besi atau hemokromatis.
  • Penyakit endokrin, misalnya penyakit Addison.
  • Memiliki riwayat peradangan kulit, biasa disebut hiperpigmentasi pasca-inflamasi.
  • Penggunaan obat tertentu, misalnya minocycline.

Baca Juga: Cara Memutihkan Wajah secara Alami Ini Bikin Makin Cantik

Cara Memutihkan Kulit Tangan dan Kaki

Untuk memutihkan kulit kaki dan tangan, kamu bisa menggunakan bahan alami di dapur - OkayDoc

Jika warna kulit lebih gelap disebabkan kondisi medis atau konsumsi obat-obatan, berkonsultasi dengan dokter adalah jalan terbaik. Namun jika sinar matahari yang menjadi biang kerok masalah ini, maka kamu bisa mengatasinya dengan cara memutihkan kulit tangan dan kaki di bawah ini.

1. Yoghurt

Salah satu bahan makanan yang bisa digunakan untuk menghilangkan kulit hitam di daerah tangan dan kaki adalah dengan yoghurt. Minuman ini baik digunakan untuk tujuan tersebut karena mengandung asam laktat alias alfa hidroksi. Ini merupakan asam alami yang ada dalam bahan makanan.

Kulit kering, bersisik, atau gelap bisa dihilangkan oleh senyawa ini dengan cara memicu pengelupasan kulit mati. Gunakan saja yoghurt di daerah yang dikehendaki sebelum tidur. Biarkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat.

2. Lemon atau jus jeruk

Makanan yang mengandung vitamin C bisa juga digunakan untuk mengusir masalah yang bisa mengurangi kepercayaan diri ini. Cukup oleskan lemon atau jus jeruk pada kulit tangan dan kaki dengan bola kapas sebelum kamu tidur.

Biarkan cairan ini bertahan di sana selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat. Tetapi berhati-hatilah bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, ramuan dapat diencerkan dengan dicampurkan sedikit air ke dalam jus lemon atau jus jeruk.

cara memutihkan kulit tangan dan kaki

Gunakan yoghurt dan bubuk kulit jeruk untuk memutihkan kulit tangan dan kaki - OkayDoc

3. Bubuk kulit jeruk dan Yoghurt

Jika jus lemon atau jus jeruk terlalu sayang untuk dioleskan pada tangan dan kaki, kulit jeruk mungkin bisa jadi pilihan lebih mudah. Cukup keringkan kulit jeruk, caranya bisa dengan oven, lalu tumbuk hingga menjadi bubuk dan campur dengan yoghurt polos.

Oleskan pada kulit tangan dan kaki, lalu biarkan selama 15 hingga 20 menit. Kemudian, bilas dengan air hangat hingga bersih. Waktu terbaik memakai ramuan ini adalah sebelum tidur.

4. Timun

Timun mengandung vitamin A yang memiliki peran penting dalam membantu menghilangkan warna lebih gelap di kulit tangan dan kaki. Bahan makanan yang biasa dijadikan lalapan ini juga kaya akan air untuk menghidrasi kulit.

Gosokkan irisan bahan ini pada kulit yang berwarna gelap selama 5 menit. Tunggu selama 15 menit agar kulit menyerap nutrisi dari timun. Setelah itu, bilas hingga bersih dengan air.

cara memutihkan kulit tangan dan kaki dengan lidah buaya

Gel lidah buaya juga dapat digunakan untuk memutihkan kulit tangan dan kaki - OkayDoc

5. Lidah buaya

Bahan lain yang bisa digunakan adalah lidah buaya. Bahan ini bisa membantu mengurangi kulit yang lebih gelap di tangan dan kaki sekaligus melembapkannya. Gunakan gel lidah buaya pada tangan dan kaki selama 5 menit. Tunggu hingga setengah jam lalu bilas dengan air.

6. Kentang

Kentang mengandung enzim cathecolase dan banyak mengandung pati. Kedua bahan ini dipercaya mampu mencerahkan kulit. Untuk menggunakan kentang sebagai bahan pemutih kulit tangan dan kaki, kamu bisa memotong kentang tipis-tipis dan menempelkannya pada tangan dan kaki.

Cara lainnya, buatlah jus kentang dan tempelkan pada bagian tangan dan kaki secara rutin setiap hari.

cara memutihkan kulit tangan dan kaki

Masker susu kefir mengandung asam laktat yang dapat membantu proses pengelupasan kulit - OkayDoc

7. Susu Kefir

Cara memutihkan kulit tangan dan kaki selain dengan yoghurt dapat juga menggunakan susu kefir. Kefir adalah susu fermentasi yang kaya akan asam laktat. Senyawa ini dapat membantu proses pengelupasan kulit mati dan membantu mencerahkan kulit tangan dan kaki yang menghitam.

Tak hanya memiliki efek memutihkan kulit, manfaat masker kefir juga dapat menurunkan efek penuaan pada kulit kamu. Sebagai catatan, gunakan masker berbahan susu kefir di malam hari secara rutin.

8. Kunyit

Kunyit adalah bumbu dapur yang dipercaya memiliki berbagai khasiat untuk kulit. Tidak hanya mencerahkan, kunyit juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka dan menangani masalah kulit akibat psoriasis.

Untuk kegunaan memutihkan kulit, kamu bisa mencampurkan bubuk kunyit dengan yoghurt dan madu. Tempelkan pada kulit tangan dan kaki, diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Coba lakukan prosedur tersebut setiap hari.

cara-memutihkan-kulit-tangan-dan-kaki-2.jpg

Minyak zaitun dapat melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet - OkayDoc

9. Minyak Zaitun

Mengoleskan minyak zaitun dipercaya dapat melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet hingga sekitar 20%. Selain itu, minyak zaitun jenis Extra Virgin Olive Oil (EVOO) juga dianggap memiliki sedikit potensi guna mencerahkan kulit.

EVOO tidak dapat mengurangi produksi melanin maupun memicu eksfoliasi (pengelupasan), namun minyak ini dapat mengurangi kerusakan dan pigmentasi kulit yang terjadi akibat paparan sinar matahari. EVOO juga dapat mengurangi kemerahan serta kerutan di kulit.

10. Minyak Kacang Hazelnut

Perubahan warna kulit tangan dan kakimu dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari yang memicu terjadinya hiperpigmentasi. Selain itu, keadaan ini juga dapat muncul karena jerawat, kehamilan, atau luka yang terjadi pada kulit.

Minyak kacang hazelnut kaya akan kandungan vitamin E. Vitamin tersebut dipercaya dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi. Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk membuktikannya secara klinis.

Baca Juga: Cara Memutihkan Badan secara Alami yang Bebas Efek Samping

Sekarang kamu sudah tahu cara alaminya, bukan? Cara memutihkan kulit tangan dan kaki di atas sebaiknya dilakukan rutin agar hasilnya optimal. Selain itu, hindari juga pemicunya agar daerah ini tidak menghitam kembali.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Wajah
Manfaat Jahe untuk Wajah Ternyata Bukan Sekedar Mitos!
Dedi Irawan
02 Apr 2018
Kulit
Manfaat Mandi Susu: Cantik dari Ujung Rambut Hingga ke Ujung Kuku
Dedi Irawan
11 Nov 2017
Kulit
Manfaat Mandi Susu: Cantik dari Ujung Rambut Hingga ke Ujung Kuku
Dedi Irawan
11 Nov 2017
Kulit
5 Cara Menghilangkan Panu yang Jitu dan Memuaskan!
Dedi Irawan
02 Oct 2017
Wajah
Catat, Ini 13 Masker Wajah Alami Untuk Memutihkan Kulit!
Zainabul Khubro
16 Apr 2018
Wajah
9 Cara Memutihkan Wajah secara Alami Ini Bikin Makin Cantik
Dedi Irawan
08 Sep 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...