• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Kamu mungkin termasuk wanita yang mengidam-idamkan rambut panjang, hitam, dan sehat. Mungkin keinginanmu juga terhambat karena rambut yang terasa lama tumbuh. Namun tak perlu khawatir, terdapat berbagai jenis cara memanjangkan rambut menggunakan bahan-bahan alami.

Jangan keliru lagi dalam mengambil tindakan terhadap masalah rambut sulit panjang. Tak semua kasus seperti ini perlu ditangani dengan obat-obatan untuk memanjangkan rambut dengan cepat atau bahkan langsung menjalani terapi hormon.

Fakta Menarik Mengenai Rambut Manusia

Cara-Memanjangkan-Rambut-Lebih-Cepat-dan-Natural-isi1a-OkayDoc.jpg

Memanjangkan rambut akan membutuhkan konsistensi dalam merawat dan memberikan nutrisi tiap hari - OkayDoc

Rambut tumbuh dari lubang-lubang kecil pada kulit yang disebut folikel. Dari lubang kecil tersebut, rambut tumbuh memanjang, serta melewati kelenjar minyak yang ada di permukaan kulit. Di seluruh tubuh manusia terdapat sekitar 5 juta folikel.

Sekitar 100.000 di antaranya terdapat pada kepala yang membuat rambut bisa tumbuh. Dari sekian banyak folikel pada kepala, tidak semuanya menumbuhkan rambut pada waktu bersamaan. Ada sebagian folikel yang baru memulai proses, sementara yang lain sudah menyelesaikan pertumbuhan rambut.

Pertumbuhan rambut manusia diperkirakan mencapai 0,35 mm per hari. Jadi, meski rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang paling cepat berkembang, tetap dibutuhkan waktu yang lama untuk menunggunya sampai panjang.

Waktu yang lama tersebut membuat sebagian orang yang mencoba berbagai cara untuk memanjangkan rambut. Mulai dari cara instan dengan hair extension sampai mencoba beragam produk perawatan rambut.

Sebelum melakukan cara-cara cepat seperti itu, cari tahu cara memanjangkan rambut dengan alami yang telah direkomendasikan seperti di bawah ini ya!

Konsultasi Dokterbabe

"Dok, rambut saya kenapa lama sekali ya panjangnya? Padahal saya sudah memakai beragam cem-ceman seperti minyak rambut dan shampoo khusus agar rambut tumbuh cepat dan lebat. Mohon bantuannya."

Jawaban Dokter

Cara Memanjangkan Rambut yang Dianjurkan

Cara-Memanjangkan-Rambut-Lebih-Cepat-dan-Natural-isi4-OkayDoc.jpg

Konsumsi suplemen diperkirakan bisa menunjang pertumbuhan rambut yang sehat - OkayDoc

Ada beberapa cara memanjangkan rambut secara alami dan minim risiko yang bisa kamu coba. Bahkan kamu bisa melakukannya sendiri di rumah dengan biaya yang relatif murah. 

1. Menjaga Asupan Vitamin dan Nutrisi

Menjaga kandungan vitamin dan nutrisi pada rambut bukan semata-mata dari memberikan suplemen penumbuh rambut. Langkah ini konon tidak efektif untuk mempercepat penambahan panjang pada rambut.

Jika ingin memiliki rambut yang panjang dan sehat, kamu membutuhkan asupan vitamin dan nutrisi untuk seluruh tubuh. Keseimbangan gizi tubuh sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan kesehatan rambutmu.

Terapkan pola makan yang sehat dan seimbang. Kamu bisa melakukannya dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah.

Tambahan suplemen dapat pula dilakukan jika memang perlu. Misalnya, suplemen omega-3, omega-6, zinc, vitamin B5, vitamin C, Vitamin D, biotin, dan zat besi. Beberapa ahli menyatakan bahwa konsumsi suplemen diperkirakan bisa menunjang pertumbuhan rambut yang sehat.

Sebagai salah satu cara memanjangkan rambut secara natural, kamu perlu membaca dengan rinci jenis vitamin dan nutrisi yang penting untuk dijaga asupannya. Berikut ini rincian dari langkah-langkah yang perlu kamu lakukan:

a) Konsumsi Vitamin B

Jenis vitamin B yang berguna untuk memanjangkan rambut adalah vitamin B7. Vitamin ini dikenal juga dengan vitamin H atau biotin. Sebuah penelitian menunjukkan adanya hubungan antara rambut rontok dan penurunan asupan biotin pada tubuh.

Vitamin B jenis lain seperti vitamin B12 dapat membantu memperkuat rambut. Selain melalui konsumsi suplemen vitamin B kompleks, kamu bisa mendapatkan asupan vitamin ini dari berbagai jenis makanan seperti gandum, kembang kol, wortel, telur, kacang kedelai, alpukat, hingga kacang-kacangan.

b) Pentingnya Menjaga Asupan Vitamin D

Tahukah kamu? Tubuh yang kekurangan vitamin D terkait erat dengan kasus kebotakan. Sebuah studi menunjukkan bahwa penanganan kebotakan dapat dilakukan dengan pemberian suplemen vitamin D dalam dosis tertentu.

Selain membuat tulang dan kulit menjadi lebih sehat, vitamin D juga membantu menciptakan folikel baru dan mengaktifkan kembali folikel tempat tumbuhnya rambut. Hal tersebut berakibat pada meningkatnya ketebalan rambut dan berkurangnya kerontokan.

Kamu dapat mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D seperti ikan salmon, ikan todak, jamur, dan biji-bijian. Berhati-hatilah saat mengonsumsi suplemen vitamin D. Penggunaannya harus sesuai anjuran dokter ataupun apa yang tertera pada kemasan.

cara memanjangkan rambut dengan mengonsumsi vitamin

Cukupi asupan vitamin A dan vitamin C sebagai cara memanjangkan rambut yang sehat - OkayDoc

c) Cobalah Cukupi Kebutuhan Vitamin E

Sebuah studi berhasil menunjukkan bahwa konsumsi vitamin E selama 8 bulan dapat meningkatkan pertumbuhan rambut hingga 34.5% pada penderita alopesia. Selain mengonsumsi kapsul suplemen, vitamin E juga bisa kamu dapatkan dari biji-bijian, bayam, dan alpukat.

d) Jangan Lupakan Vitamin A

Sel-sel di dalam tubuh membutuhkan vitamin ini selama pertumbuhan. Termasuk juga sel-sel rambut. Selain itu, vitamin A dapat membantu mengendalikan kelenjar minyak dan menjaga kesehatan rambut.

Kamu dapat memperoleh vitamin A melalui konsumsi ubi jalar, wortel, bayam, dan kale yang dikenal sebagai sayuran dengan kandungan beta karoten yang tinggi.

e) Tetap Konsisten Mengonsumsi Vitamin C

Tak hanya vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan untuk tubuh. Vitamin C juga dapat melakukan fungsi yang sama. Nutrisi ini dapat membantu sel-sel tubuh terlindung dari stres oksidatif yang disebabkan senyawa radikal bebas.

Selain itu, vitamin C juga membantu tubuh memproduksi kolagen yang baik bagi kesehatan kulit dan rambut. Vitamin ini juga membantu proses penyerapan zat besi yang sangat dibutuhkan pada pertumbuhan rambut.

Tidak hanya melalui konsumsi suplemen, kamu juga bisa memenuhi asupan vitamin ini melalui konsumsi buah strawbery, jambu, jeruk, atau lemon.

Cara-Memanjangkan-Rambut-Lebih-Cepat-dan-Natural-isi2-OkayDoc.jpg

Penggunaan minyak esensial dipercaya dapat dilakukan sebagai salah satu cara memanjangkan rambut - OkayDoc

f) Perhatikan Kandungan Protein pada Pola Makan Kamu

Rambut terdiri dari protein yang disebut keratin. Memang, kecepatan pertumbuhan rambut setiap orang berbeda-beda tergantung genetik, usia, dan kadar hormon di dalam tubuhnya.

Namun, kekurangan protein terkait dengan lambatnya pertumbuhan rambut. Beberapa ahli menyarankan kamu yang ingin memanjangkan rambut agar mengubah pola makan dan menjadikan asupan protein tercukupi.

g) Pastikan Makananmu Mengandung Zinc dan Zat Besi

Tidak hanya asupan protein, asupan mineral seperti zinc dan dan zat besi juga harus kamu jaga. Zinc adalah unsur yang dibutuhkan dalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan rambut.

Sedangkan kekurangan asupan zat besi berhubungan erat dengan meningkatnya laju kebotakan karena anemia defisiensi besi. Untuk menjaga asupan kedua nutrisi ini cobalah konsumsi kerang, telur, bayam, kacang-kacangan, atau daging sapi.

Baca Juga: Cara Mengatasi Rambut Berminyak Demi Rambut Anti Lepek!

2. Oleskan Minyak Esensial

Mengolesi rambut dengan minyak biji labu dipercaya bisa membantu pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat. Sebuah studi menunjukkan minyak ini juga mampu mengurangi kerontokan rambut hingga 40 persen.

Namun hindari pengolesan langsung ke rambut atau kulit kepala. Kamu cukup mencampurkan beberapa tetes minyak biji labu ke sampo yang biasa kamu digunakan.

Mencampurnya dengan minyak esensial lain, seperti minyak jojoba, kelapa, biji bunga matahari, rosemary, atau peppermint, pun bisa kamu coba. Kandungan nutrisi dalam minyak esensial akan membantu pencegahan kerusakan rambut.

Cara-Memanjangkan-Rambut-Lebih-Cepat-dan-Natural-isi1-OkayDoc.jpg

Minyak kelapa murni dan alami bisa untuk mencegah hilangnya protein dari rambut sebelum atau sesudah keramas - OkayDoc

3. Gunakan Salep

Pada umumnya, salep digunakan oleh orang-orang yang mengalami kerontokan rambut berlebihan. Namun sebuah studi menunjukkan bahwa beberapa salep topikal juga efektif dalam menunjang pertumbuhan rambut lebih cepat.

Tapi tidak semua jenis salep cocok. Sejumlah salep yang direkomendasikan adalah topikal melantonin, topikal minoxidil, dan ketoconazole. Obat-obatan tersebut tidak dijual bebas, sehingga memerlukan resep dari dokter untuk mendapatkannya.

4. Suplemen Keratin

Memang tidak banyak penelitian terhadap efek protein, keratin, dan vitamin pada kesehatan rambut. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui keakuratannya.

Meski begitu, ada penelitian yang mengungkapkan bahwa sebuah produk yang mengandung 500 mg keratin, vitamin, dan mineral lainnya mampu mengurangi kerontokan rambut hingga 12,5 persen. Kekuatan rambut juga akan meningkat hingga 5,9 persen dan kecerahan serta kilau rambut akan meningkat.

5. Menggunakan Protein

Protein dapat membantu pertumbuhan rambut dan melindunginya dari kerusakan akibat bahan kimia dan pengaruh lingkungan. Jika rambutmu sering terpapar panas dan sinar matahari, penggunaan suplemen protein mampu melindungi rambutmu.

Kamu bisa menggunakan suplemen protein rambut yang banyak dijual bebas. Jika ingin yang lebih alami, cobalah gunakan minyak kelapa murni. Minyak ini dapat membantu mengurangi protein yang hilang saat sebelum maupun setelah keramas.

Konsultasi Dokterbabe

"Hai dok, mengapa rambut saya selalu kering dan kasar apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya? Trimakasih"

Jawaban Dokter

Namun ada yang harus diperhatikan juga. Terlalu banyak protein pun bisa berdampak buruk pada ginjal.

Meski jarang terjadi, protein yang berlebih bisa menyebabkan rambut menjadi rapuh. Jika kamu ingin mendapatkan hasil maksimal, sangat disarankan untuk mendapatkan manfaat protein melalui makanan sehat, bukan melalui suplemen.

Kandungan protein dari sayur, kacang-kacangan, yoghurt, dan makanan lainnya relatif tidak memiliki efek samping berbahaya bagi kesehatanmu.

Baca Juga : Kamu Wajib Tahu Cara Melembutkan Rambut yang Benar dan Mudah

Tips Memanjangkan Rambut di Keseharianmu

Cara-Memanjangkan-Rambut-Lebih-Cepat-dan-Natural-isi3-OkayDoc.jpg

Lakukan trimming secara teratur agar rambut cepat panjang - OkayDoc

Di samping memberikan asupan-asupan nutrisi untuk rambut, ada beberapa kebiasaan yang bisa menjadi cara memanjangkan rambut. Hasilnya juga cenderung bisa lebih cepat dan lebih sehat.

1. Gunakan Kondisioner Tiap Keramas

Menjaga kelembapan rambut sangat penting. Terlebih lagi bagimu yang ingin mempercepat pertumbuhan rambut yang alami.

Penggunaan kondisioner menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan. Dari waktu ke waktu, pewarnaan, penggunaan pengering rambut, dan pencatok rambut bisa membuat helainya menipis di bagian bawah.

Pemakaian kondisioner akan membantu rambut mengganti lipid dan protein yang hilang pada tiap helainya. Kondisioner juga bisa mencegah kerusakan pada lapisan pelindung rambut (kutikula), sehingga rambut bisa tetap tumbuh dengan baik dan terlihat sehat.

2. Tidak Perlu Keramas Tiap Kali Mandi

Kebiasaan kedua yang sering dilakukan banyak orang adalah terlalu sering keramas menggunakan sampo. Ada yang merasa harus keramas tiap hari.

Penggunaan sampo umumnya dilakukan untuk membersihkan kulit kepala dan rambut dari kotoran atau bahan kimia produk penataan rambut. Namun sampo juga bisa menghilangkan kandungan minyak alami rambut. Padahal kandungan ini berfungsi menjaga rambut tumbuh dengan sehat dan berkilau.

Jika kamu benar-benar memerlukan sampo untuk keramas, cukup usapkan sedikit pada bagian kulit kepala. Kemudian biarkan busa mengalir sampai ke ujung rambut. Terakhir, segera bilas dengan air.

Cara-Memanjangkan-Rambut-Lebih-Cepat-dan-Natural-isi6-OkayDoc.jpg

Keramas tiap hari berisiko menghilangkan kandungan minyak alami pada rambut - OkayDoc

3. Terapkan Minyak atau Masker Perawatan Mingguan

Ujung rambut yang telah menyentuh bahu biasanya berusia lebih dari beberapa tahun. Bagian tersebut membutuhkan perawatan lebih dari sekadar pemakaian kondisioner.

Kamu bisa menggunakan masker berbahan minyak alami tiap minggu. Langkah ini akan menjaga kelembapannya. Minyak esensial juga bisa kamu oleskan pada rambut selama 10 menit sebelum keramas. Lakukan ini sekali dalam seminggu.

Untuk menghilangkan residu yang berlebihan, kamu bisa keramas dengan sampo. Tetapi jangan lupa untuk menggunakan kondisioner.

Konsultasi Dokterbabe

"Hi Dok, Saya ingin bertanya tentang rambut putih atau uban. Kebetulan semenjak usia belia, saya sudah memiliki rambut putih atau belia. Apakah ini faktor keturunan atau mungkin dari penggunaan shampo yang kurang cocok ya?"

Jawaban Dokter

4. Potong Ujung Rambut secara Teratur

Meskipun terdengar aneh bagi yang ingin memanjangkan rambut, memotong sedikit ujung rambut bisa bermanfaat dan perlu dilakukan. Proses ini sering disebut dengan istilah trimming.

Cara ini mungkin tidak akan merangsang rambutmu tumbuh lebih cepat secara otomatis. Tetapi trimming terbukti berguna dalam menjaga rambut agar tetap sehat dan mencegah rambut bercabang.

Rutin melakukan trimming akan mencegah pemotongan rambut yang lebih banyak akibat ujung yang bercabang. Cukup potong ujung rambutmu sebanyak 1-3 cm tiap minggu.

Baca Juga : 3 Bahan Alami untuk Mengatasi Rambut Rontok

Setelah menerapkan semua cara memanjangkan rambut di atas, kamu harus tetap ingat bahwa rambut tidak akan tumbuh panjang dalam waktu dekat. Diperlukan konsistensi dalam menjalani perawatan yang diperlukan. Selamat mencoba!

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Diet
Lezatnya Kacang dan Buah yang Mengandung Vitamin E Ini!
Annisa Trimirasti
07 Oct 2018
Gangguan Kesehatan
Kenali Gejala Saraf Kejepit agar Bisa Ditangani Secepatnya
Rabbani Haddawi
28 Jul 2018
Gangguan Kesehatan
Mengenali Ciri-ciri Kelenjar Getah Bening yang Bermasalah
Dedi Irawan
05 Oct 2018
Gigi
Ikuti Cara Merawat Gigi Palsu Ini untuk Hindari Komplikasinya!
Nina Hertiwi
12 Oct 2018
Kesehatan Ibu
Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil yang Tak Boleh Dilewatkan
Vivi Hermin
26 Aug 2018
Kebugaran
5 Manfaat Mendaki dan Tips Aman untuk Melakukannya
Rabbani Haddawi
28 Jul 2018
Memuat...
Tanya Dokter
Memuat...