• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Susah buang air besar (BAB) bisa membuatmu merasa tidak nyaman dan terganggu. Jangan khawatir, ada banyak cara melancarkan BAB, baik melalui makanan dan pola hidup sehat.

Sembelit atau konstipasi terjadi bila kamu hanya buang air besar tiap 3 hari sekali atau lebih jarang, tinja terasa keras dan sulit keluar, serta proses BAB yang sering terasa menyakitkan. Bila masih dalam tahap ringan, gangguan ini termasuk mudah diatasi. Kamu bahkan bisa menyembuhkannya lewat konsumsi makanan berserat tinggi.

Kenapa Serat Diidentikkan dengan Kelancaran BAB?

cara melancarkan bab dengan makan serat

Serat dapat membuat feses melunak maupun memadat sehingga berperan penting dalam kelancaran pencernaanmu - OkayDoc

Serat berperan penting dalam sistem pencernaan. Kamu yang cukup asupan serat umumnya akan memiliki frekuensi BAB yang stabil dan konsisten.

Kondisi feses bergantung dari zat sisa hasil pencernaan dan absorbsi cairan di usus. Serat dapat menyerap cairan dari feses yang terlalu lunak dan membuatnya menjadi lebih keras. Hal ini juga menjadikan serat sebagai solusi bagi kamu yang sedang mengalami diare.

Jika kekurangan asupan serat, tubuhmu akan kesulitan mengeluarkan feses karena teksturnya menjadi lebih keras dan kering. Kondisi ini pada akhirnya akan berujung pada konstipasi.

12 Makanan dan Minuman Berserat untuk Menu Harianmu

makanan dan minuman berserat

Nasi merah bisa lebih efektif dalam membantumu BAB karena jumlah serat alaminya lebih banyak dibandingkan nasi putih - OkayDoc

Terdapat 12 makanan kaya akan serat dan bisa dikonsumsi sebagai cara melancarkan BAB. Apa saja? Ini daftarnya.

1. Air Putih

Sudah rahasia umum bahwa rajin konsumsi cairan dapat membantu mengatasi sekaligus mencegah konstipasi. Orang dewasa dianjurkan untuk minum air sebanyak 8 gelas atau 2 liter per hari.

Selain air putih yang jadi pilihan terbaik, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan cairan dengan menikmati teh hijau, kopi, maupun jus. Tetapi ingatlah untuk memperhatikan kadar gula atau bahan pengawet yang kamu konsumsi.

2. Nasi Merah

Cobalah ganti nasi putihmu dengan nasi merah karena nasi merah lebih kaya serat. Secangkir nasi merah mengandung 4 gram serat. Jumlah ini jauh lebih baik jika dibandingkan dengan secangkir nasi putih yang hanya menawarkan serat sebanyak 1 gram.

3. Oatmeal

Makanan satu yang populer untuk sarapan ini sudah dikenal dan sering diandalkan untuk melancarkan BAB. Setengah cangkir oatmeal saja sudah mengandung 2 gram serat yang larut dan 2 gram serat tak larut.

Dua jenis serat alami ini efektif dalam memadatkan sekaligus melunakkan feses, dan memudahkannya melewati saluran pencernaan.

4. Bayam

Mengonsumsi sayur bayam secara rutin akan memudahkan proses BAB. Secangkir bayam yang sudah dimasak akan memberimu asupan serat sebanyak 4 gram.

Kandungan magnesium dalam bayam juga tidak sedikit. Magnesium akan meningkatkan kontraksi usus besar dan efek laksatifnya akan membantu feses menyerap cairan sehingga teksturnya lunak dan mudah keluar.

Baca Juga: Rahasia Kandungan Nasi Merah yang Dianggap Lebih Sehat

5. Buah Kiwi

Kamu bisa mendapatkan 5 gram serat alami beserta vitamin C yang melimpah hanya dari secangkir buah kiwi. Kenikmatan mengonsumsi buah kiwi juga tidak menyebabkan perutmu terasa kembung, tapi justru membuatnya terasa lega.

6. Plum Kering

Satu buah plum kering rata-rata memberikan satu gram serat dan kandungan sorbitolnya yang tinggi dapat mempermudah BAB. Untuk melancarkan BAB, orang dewasa dianjurkan meminum segelas (120-250 cc) jus plum kering tiap pagi.

7. Popcorn

Camilan nikmat ini ternyata menyehatkan. Dari tiap 3 cangkir popcorn atau berondong jagung yang dikonsumsi, kamu bisa mendapatkan 3 gram serat alami. Karenanya, jadikan popcorn camilanmu sebagai cara melancarkan BAB setiap hari. Namun ingat , pilih produk popcorn tanpa tambahan perasa.

8. Jeruk

Sama seperti bayam, mengonsumsi satu buah jeruk dapat memberimu 4 gram serat alami. Flavonol dalam buah ini juga dipercaya dapat memberikan efek laksatif yang akan mempermudah proses BAB.

jeruk untuk melancarkan bab

Buah kiwi, apel, oatmeal, maupun yoghurt, termasuk dalam deretan makanan dan minuman yang dapat melancarkan BAB - OkayDoc

9. Kacang-kacangan

Terdapat begitu banyak jenis kacang-kacangan dan hampir semuanya tinggi kandungan serat. Bagaimana tidak? Dalam secangkir kacang-kacangan terdapat 10 gram serat alami.

Kandungan seratnya meningkatkan waktu transit di usus besar. Oleh karena itu, coba variasikan camilan dengan menambah kacang-kacangan untuk menjaga keseimbangan bakteri dalam saluran pencernaan.

Namun ingatlah untuk membatasi konsumsinya karena makan kacang-kacangan dalam jumlah besar sekaligus kerap memicu kembung.

10. Buncis

Sekitar 220 gram sayuran hijau ini menyuguhkan jumlah serat alami yang sama dengan nasi merah, yaitu 4 gram. Tidak hanya itu, kandungan gulanya yang sedikit akan menghindarkanmu dari efek perut kembung.

11. Yoghurt

Menjadikan yoghurt sebagai menu sarapan atau camilan barumu adalah langkah yang cerdas. Namun kamu sebaiknya memilih yoghurt tanpa tambahan perasa (plain).

Kandungan probiotik dalam susu fermentasi ini efektif dalam meningkatkan jumlah bakteri baik yang akan menyehatkan sistem pencernaanmu. Bila aluran cernamu sehat, BAB-mu pun akan lancar.

12. Apel

Apa kamu pernah mendengar ungkapan ‘satu buah apel setiap hari akan menjauhkanmu dari dokter’? Anggapan ini benar, lho. Pasalnya, terdapat setidaknya 5 gram serat alami dalam tiap apel yang akan menjauhkanmu dari konstipasi.

Cara Melancarkan BAB dengan Cepat Tanpa Obat

cara-melancarkan-BAB-okaydoc

Menahan dorongan BAB dapat membuat tinja semakin lama berada di dalam usus, yang bisa menyebabkan konstipasi - OkayDoc

Selain mencoba beragam pilihan makanan di atas, kamu juga bisa menerapkan cara-cara yang aman untuk melancarkan BAB berikut ini:

  • Jangan Menunda Keinginan BAB

Jika kamu ingin buang air besar, jangan menundanya. Menahan dorongan BAB membuat tinja semakin lama berada di dalam usus. Hal ini bisa menyebabkan konstipasi.

  • Berolahraga Secara Teratur.

Rutin berolahraga dapat menjadi langkah penanganan susah BAB. Olahraga ternyata bisa merangsang usus untuk bergerak lebih aktif.

Pilihan olahraga yang bisa kamu lakukan pun bervariasi. Mulai dari jalan santai, berenang, senam, atau yoga. Setidaknya, lakukanlah latihan ini selama 15-30 menit setiap harinya.

cara-melancarkan-BAB-rajin-berolahraga-okaydoc

Olahraga yang bisa kamu lakukan pun bervariasi. Kamu bisa melakukan latihan ini selama 15-30 menit - OkayDoc

  • Kelola Stres

Stres seringkali dikaitkan dengan sembelit dan membuatmu sulit untuk buang air besar. Oleh sebab itu, cobalah kelola stresmu dengan melakukan teknik-teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, maupun olahraga secara rutin.

  • Coba Posisi Jongkok

BAB dalam posisi jongkok dinilai dapat membantu proses ini berjalan lebih lancar. Jika kamu hanya memiliki toilet duduk, sebagai alternatif kamu bisa membawa bangku kecil saat ingin buang air besar.

Coba tempatkan kaki di atas bangku tersebut ketika BAB, sehingga tubuh seolah-olah sedang berada di posisi jongkok dan bukan dalam posisi duduk.

Baca Juga: Makanan Penyebab Sembelit yang Membuatmu Susah BAB

Nah, itulah tadi daftar makanan dan beberapa langkah lainnya yang bisa kamu manfaatkan sebagai cara melancarkan BAB. Jika sembelit yang kamu alami terus berlanjut meski sudah mengubah pola makan dan aktif bergerak, kamu sebaiknya memeriksakan diri ke dokter.

Langkah ini akan membantumu dalam menyelidiki penyebab di balik konstipasimu. Jadi, jangan menunggu kondisimu makin parah, ya.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Kesehatan Ibu
Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil yang Tak Boleh Dilewatkan
Vivi Hermin
26 Aug 2018
Kesehatan Bayi
Bunda, Jangan Salah Menangani Bayi Susah BAB
Maya Ligina
27 Apr 2018
Kesehatan Ibu
Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil yang Tak Boleh Dilewatkan
Vivi Hermin
26 Aug 2018
Kesehatan Bayi
Bunda, Jangan Salah Menangani Bayi Susah BAB
Maya Ligina
27 Apr 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...