• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Urusan mencuci rambut atau keramas mungkin tergolong sepele bagi sebagian orang. Meski mudah dan hampir selalu dilakukan di rumah, ternyata tidak semua orang tahu bagaimana cara keramas yang benar.

Terdapat berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga agar rambutmu selalu sehat. Mulai dari memakai bahan alami atau bahkan perawatan di salon kecantikan. Salah satu langkah paling mudah yang dapat kamu terapkan adalah dengan keramas secara rutin.

Ini Cara Keramas yang Benar 

cara keramas yang benar ini caranya okaydoc

Pasalnya salah keramas dianggap dapat merusak rambut - OkayDoc

Walau termasuk rutinitas, keramas tidak boleh kamu lakukan dengan sembarangan. Pasalnya, rambutmu bisa saja rusak akibat cara keramas yang tidak tepat. Untuk menghindatinya, mari simak teknik keramas yang benar di bawah ini:

1. Pilih Sampo yang Sesuai dengan Jenis Rambut

Sebelum keramas, pastikan kamu memilih produk sampo yang sesuai dengan jenis rambutmu. Salah memilih jenis sampo bisa saja memicu kerusakan pada rambut.

Oleh sebab itu, kamu perlu mengenali jenis rambutmu serta memerhatikan kandungan yang tertera pada kemasan produk pencuci rambut. Cara memilih sampo berikut mungkin bisa kamu jadikan acuan:

  • Rambut normal: Pilihlah jenis sampo dengan kandungan deterjen dan pelembap yang seimbang.
  • Rambut berminyak: Pilihlah sampo dengan kandungan sulfat dan asam salisilat, karena kedua komponen ini berfungsi untuk membersihkan minyak pada rambut. 
  • Rambut kering: Untuk rambut kering atau sering terpapar alat styling dan cat rambut, kamu disarankan memilih sampo dengan kandungan dimethicone dan cyclomethicone untuk melembutkan rambut. Sementara kandungan polyquaternium, guar hydroxypropyltrimonium chloride, atau hydroxyethyl dimonium chloride akan melembapkan rambut.
  • Rambut keriting: Selain menggunakan sampo khusus rambut keriting, kamu juga butuh bantuan produk rambut lainnya. Misalnya, cleansing conditioner yang mampu memberikan kelembapan tinggi pada rambut, sehingga mencegah dari rambut kusut dan sulit diatur. 

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Rambut Berminyak Demi Rambut Anti Lepek!

2. Basahi Rambut

Setelah memilih sampo yang sesuai dengan jenis rambut, mulailah proses keramas dengan menyiapkan air hangat untuk membasahi rambut. Hal ini bertujuan membuka kutikula serta membersihkan kotoran dan sebum (minyak) yang menumpuk pada helai rambut. 

3. Teknik Keramas

Tuangkan sampo secukupnya di telapak tangan dan bukan langsung ke rambut. Kemudian, usapkan secara merata, mulai dari akar rambut hingga ke ujungnya.

Setelah sampo rata, pijat kulit kepala dengan lembut menggunakan ujung-ujung jari. Hindari memijat dengan kuku karena bisa melukai kulit kepala. 

4. Gunakan Kondisioner

Setelah membilas rambutmu dari sampo hingga bersih, kamu bisa mengoleskan kondisioner pada ujung-ujung rambut. Langkah ini dipercaya mampu memberikan kelembapan ekstra pada rambut, sekaligus membuatnya lebih mudah diatur.

cara keramas yang benar gunakan kondisioner okaydoc

Mengoleskan kondisioner pada ujung-ujung rambut dipercaya mampu memberikan kelembapan ekstra pada rambut - OkayDoc

5. Hati-hati Saat Mengeringkan Rambut

Untuk mengeringkan rambut yang basah, hindari mengusap atau menggosoknya terlalu keras. Saat basah, rambut berada di posisi terlemah dan lebih rentan terhadap kerusakan.

Sebagai alternatif, kamu disarankan untuk menepuk-nepuk rambut perlahan-lahan dengan handuk kering. Jika ingin menggunakan alat pengering rambut (hair dryer), pastikan jaraknya tidak terlalu dekat dengan rambutmu.

Kamu juga sebaiknya tidak menyiris rambut ketika masih basah karena rambut lebih mudah patah. Tunggulah sampai rambut kering dulu. 

Seberapa Sering Harus Keramas?

cara keramas yang benar seberapa sering okaydoc

Jika kulit kepalamu mulai gatal atau terasa lengket, mungkin sudah saatnya kamu membersihkannya - OkayDoc

Sampo berfungsi membersihkan dan membuang kelebihan minyak yang terdapat pada kulit kepala. Namun, jika terlalu sering digunakan, produk rambut ini justru dapat memicu rambut kering dan rusak.

Frekuensi keramas mungkin berlainan untuk tiap orang dan belum ada penelitian yang mengungkapkan seberapa sering kita harus keramas. Ada orang yang butuh keramas tiap hari, tapi ada juga yang hanya perlu keramas sekali dalam beberapa hari.

Bagimu yang memiliki rambut jenis normal, kamu bisa membersihkan rambut setidaknya 2-3 kali seminggu. Jika kulit kepalamu mulai gatal atau rambutmu terasa lengket, mungkin sudah saatnya kamu membersihkannya.

Sementara orang yang kerap berkeringat atau memiliki rambut berminyak kemungkinan butuh keramas setiap hari. Begitu pula dengan orang yang tinggal di area yang lembap.

Baca Juga: 14 Cara Melembutkan Rambut Kering yang Benar dan Mudah 

Meski tampak mudah, membersihkan rambut tetap tidak bisa dilakukan dengan sembrono, Kamu butuh cara keramas yang benar agar terhindar dari berbagai masalah rambut, seperti rambut kering maupun rusak.

Jika sulit menentukan produk rambut atau memiliki kondisi rambut tertentu, kamu sebaiknya menonsultasikannya ke dokter atau ahli kecantikan. Semoga bermanfaat!

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Rambut
Rambut Kamu Gersang? Vitamin Rambut Kering Ini Wajib Diberikan!
Dedi Irawan
05 Sep 2017
Rambut
6 Cara Merawat Rambut Keriting Kusut yang Membandel!
Annisa Trimirasti
29 Apr 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...