• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Tidak melulu soal kelebihan berat badan, kondisi terlalu kurus juga patut jadi perhatian. Meski sulit menambah porsi makan, masih ada cara lain untuk menambah berat badan dengan makan berbagai camilan sehat.

Kondisi tubuh terlalu kurus bisa saja disebabkan karena makanan yang dikonsumsi tidak memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Tentu saja, hal tersebut tidak hanya sekadar asupan karbohidrat atau lemak, mencukupi kebutuhan protein, vitamin, mineral, dan serat juga penting untuk dilakukan.

Sebagai saran untuk menambah berat badanmu secara sehat, beberapa camilan berikut bisa turut kamu masukkan dalam menu makan harianmu:

1. Kacang-kacangan

Setidaknya dalam segenggam kecil kacang almond mengandung 18 gram lemak sehat dan 7 gram protein- Okaydoc

Salah satu makanan ringan sehat yang bikin gemuk untuk menemani santapanmu adalah adalah kacang almond. Dalam segenggam kecil kacang almond, setidaknya, terkandung 18 gram lemak sehat dan 7 gram protein.

Kacang yang satu ini juga mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh, seperti vitamin E serta magnesium. Cara mengonsumi kudapan ini pun bervariasi. Selain bisa disantap secara langsung, kamu juga bisa menambahkannya dalam salad, oatmeal, maupun sup.

2. Buah yang Dikeringkan

Tak hanya pisang, berbagai buah kering lainnya juga bisa kamu coba- Okaydoc

Pilihan camilan sehat untuk menambah berat badanmu selanjutnya adalah buah kering. Pasalnya, makanan manis ini disinyalir memiliki jumlah kalori 2-3 kali lipat lebih tinggi dari buah segar.

Misalnya, dalam 30 gram keripik dari buah pisang yang dikeringkan terkandung sekitar 147 kalori. Tak hanya pisang, berbagai buah kering lainnya yang umum berada di pasaran seperti kismis dan kurma juga bisa kamu coba.

Namun, tetap ingat untuk mengonsumsinya secara bijak ya. Pasalnya, walau buah kering dapat menjadi pilihan camilan sehat nan praktis, buah segar tetaplah lebih sehat karena lebih kaya nutrisi.

3. Snack Bar

Kamu bisa menggabungkan snack bar dengan makanan sehat lainnya- Okaydoc

Snack bar terdiri dari campuran biji-bijian, kacang-kacangan, ataupun buah-buahan kering yang dipadatkan menjadi bentuk batangan, kemudian dilapisi dengan yoghurt atau cokelat.

Makanan ini bisa dijadikan camilan sehat guna menambah berat badan. Tak hanya itu, snack bar pun praktis dan mudah untuk dibawa berpergian. Semakin bergizi, kamu juga bisa menggabungkan snack bar dengan makanan sehat lainnya seperti telur rebus atau minuman protein (protein shake).

Baca Juga: Mengolah Camilan Sehat agar Bisa Diet Seimbang

4. Cokelat Hitam

Setidaknya dalam 100 gram cokelat hitam mengandung 600 kalori - Okaydoc

Dalam 100 gram cokelat hitam, tersimpan sekitar 600 kalori. Hal ini membuatnya bisa menjadi pilihan camilan yang baik untuk menaikkan berat badanmu. Tak berhenti sampai disitu, cokelat hitam pun memiliki berbagai nutrisi sehat, seperti antioksidan, magnesium, juga serat.

Tips Lain untuk Menambah Berat Badan

Menggunakan piring berukuran besar secara otomatis memperbesar porsi makanmu- Okaydoc

Tak hanya jenis makanan, aturan makan yang tepat seperti berikut juga bisa membantumu menaikkan berat badan secara sehat dan aman.

  • Gunakan piring berukuran besar. Trik psikologis ini bisa membuatmu secara otomatis memperbesar porsi makanmu.

  • Makanlah lebih sering misalnya 6 kali per hari setiap 3 jam. Menu makan berat sebaiknya mengandung 500 kalori dan di sela-sela waktu makan berat, coba santap kudapan yang mengandung hingga maksimal 200 kalori.

  • Usahakan tidak terlalu minum banyak sebelum makan. Pasalnya, mengisi perut dengan air di awal sesi makan akan membuatmu lebih cepat kenyang.

Baca Juga: 4 Makanan yang Membuat Gemuk Bantu Capai Berat Badan Ideal

Nah, sekarang kamu sudah tahu beberapa camilan sehat untuk menambah berat badanmu kan? Meski begitu, pastikan pula kamu mengonsumsinya dalam jumlah yang normal dan imbangi dengan olahraga teratur.

Bagi kamu yang memiliki riwayat alergi tertentu, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu ke dokter sebelum makan camilan-camilan di atas ya. Selamat mencoba!

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Diet
Mengolah Camilan Sehat agar Bisa Diet Seimbang
Raditya Wardana
03 Jul 2017
Herba
Fakta Manfaat Kayu Manis untuk Diet Sebelum Ikut Mencoba
Maya Ligina
15 Nov 2017
Diet
Mungkinkah Ada Manfaat Jahe untuk Diet? Ini Jawabannya
Dedi Irawan
16 Dec 2017
Diet
Diet Golongan Darah B Lebih Rumit, Ini Alasannya
Dedi Irawan
02 Oct 2017
Herba
Manfaat Yoghurt untuk Diet yang Perlu Kamu Ketahui
Raditya Wardana
24 Jul 2017
Anak-anak
Jajanan Sehat Anak: Ujian Kecerdasan Bunda Ada di Sini
Dedi Irawan
06 Oct 2017
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...