• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Selain terkenal bermanfaat untuk kecantikan kulit, Vitamin C dibutuhkan juga dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Demi mendapatkan beragam manfaat tersebut, kamu bisa mengonsumsi berbagai buah yang mengandung vitamin C.

Vitamin C dikenal juga sebagai asam askorbat. Asam ini berfungsi untuk memproduksi kolagen, sumber antioksidan, dan melawan infeksi. Selain itu, vitamin larut air ini dapat juga mempercepat penyembuhan luka, meningkatkan fungsi otak, dan membantu penyerapan zat besi. Lebih lanjut, yuk, ketahui berbagai buah kaya akan vitamin C di bawah ini!

1. Jambu Biji

buah yang mengandung vitamin C paling tinggi

Jambu biji adalah buah dengan kandungan vitamin C tertinggi - OkayDoc

Bukan jeruk, tetapi jambu bijilah buah yang mengandung vitamin C paling tinggi. Saat satu jeruk ukuran sedang mengandung 59 hingga 83 mg vitamin C. Satu buah jambu biji mengandung 206 mg vitamin C.

Selain itu, jambu biji juga memiliki ragam manfaat sehat lain. Salah satunya dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) sekaligus meningkatkan kolesterol baik (HDL) sehingga baik untuk kesehatan jantung.

2. Kiwi

kiwi mengandung vitamin c

Berbulu halus dan berdaging hijau, kiwi kaya akan vitamin C - OkayDoc

Kiwi merupakan salah satu buah dengan kandungan vitamin C tertinggi. Di mana satu buah kiwi ukuran besar mengandung 84 mg vitamin C.

Kiwi juga mengandung mineral penting seperti kalium dan tembaga. Kedua nutrisi penting ini berperan dalam menjaga keseimbangan air dalam tubuh dan membantu pembentukan sel darah merah.

3. Pepaya

pepaya mengandung vitamin c

Pepaya ternyata termasuk buah yang mengandung vitamin C - OkayDoc

Buah yang terkenal akan manfaatnya dalam mengatasi sembelit ini ternyata juga tinggi kandungan vitamin C. Di mana satu buah pepaya mengandung 188 mg vitamin C.

Selain itu, buah berdaging oranye ini juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Pepaya dapat menjadikan kulit lebih cerah, lembut dan tampak muda.

4. Stroberi

stroberi mengandung vitamin c

Selain vitamin C, stroberi juga kaya akan antioksidan - OkayDoc

Dalam 125 gram stroberi, terkandung 52 mg vitamin C. Tak hanya itu,salah satu keluarga beri ini tinggi kadar antioksidan polifenol. Antioksidan ini dikenal dapat menurunkan beragam risiko penyakit serius termasuk jantung dan diabetes.

Stroberi juga bagus untuk kamu yang sedang berdiet. Karena buah berbentuk hati ini kaya serat, rendah kalori serta bebas lemak dan sodium.

5. Nanas

nanas mengandung vitamin c

Buah asam-manis ini termasuk buah yang mengandung vitamin C- OkayDoc

Buah berwarna kuning ini mengandung 42 hingga 49 gram vitamin C dalam 125 gram. Selain itu, nanas terkenal bagus untuk kulit karena dapat mencegah penuaan dini. Buah dengan rasa asam-manis ini pun dapat melancarkan pencernaan karena mengandung enzim bromelain.

Bagi kamu yang suka beraktivitas fisik, cobalah menyantap nanas setelah olahraga berat. Karena buah ini memiliki anti-radang alami yang membantumu pulih dengan cepat setelah kelelahan.

Baca Juga: Manfaat Buah Nanas di Dalam Olahan yang Bervariasi

6. Mangga

mangga mengandung vitamin c

Lezat, mangga mengandung beragam vitamin seperti vitamin A, C dan K - OkayDoc

Manis dan enak, mangga pun kaya vitamin C. Di mana dalam satu buah mangga terkandung 76 gram vitamin C. Selain vitamin C, buah berdaging kuning ini juga mengandung vitamin A dan K yang terkenal baik untuk kesehatan mata dan tulang.

Dengan mengonsumsi setidaknya satu buah mangga setiap hari, kamu bisa meningkatkan produksi protein yang disebut kolagen. Protein ini amat penting dalam memelihara kesehatan kulit, kuku, dan rambut.

7. Blackcurrant

buah yang mengandung vitamin c OkayDoc

Blackcurrant termasuk buah yang tinggi antioksidan dan vitamin C - OkayDoc

Buah berwarna gelap ini mungkin belum banyak dikonsumsi di Indonesia. Padahal, blackcurrant mengandung vitamin C dalam jumlah yang tinggi. Sepuluh butir buah blackcurrant atau setara dengan sekitar 50 gram dapat menyediakan lebih dari 100 miligram vitamin C atau melebihi kebutuhan vitamin C dalam sehari.

Blackcurrant juga kaya akan vitamin B, vitamin E, serta berbagai senyawa antioksidan. Dengan seluruh kandungan nutrisi ini, blackcurrant dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan kulit, menunda penuaan, dan menangkal radikal bebas.

8. Blueberry

 Buah blueberry okaydoc

Bluebbery tinggi vitamin C dan kandungan air sehingga cocok dijadikan camilan diet - OkayDoc

Buah ini ternyata tidak hanya tinggi antioksidan tetapi juga mengandung berbagai vitamin seperti vitamin C dan K. Semangkuk blueberry dengan berat sekitar 150 gram, mengandung vitamin C berkisar 24% dari kebutuhan harian.

Rutin mengonsumsi buah ini juga tidak membuatmu cepat gemuk. Pasalnya, blueberry hanya menyimpan 85 kalori dan 15 gram karbohidrat. Selain itu, blueberry tergolong buah tinggi air, yaitu sekitar 85%.

9. Lemon

buah yang mengandung vitamin c OkayDoc

Manfaat lemon yang kaya vitamin C tidak hanya terbatas untuk kesehatan - OkayDoc

Siapa yang tidak kenal buah yang satu ini? Sebutir buah lemon lengkap dengan kulitnya dapat menyediakan lebih dari 80 miligram vitamin C atau hampir memenuhi kebutuhan vitamin C harian.

Selain bermanfaat bagi kesehatan, lemon juga dapat mencegah proses oksidasi yang ditandai perubahan warna menjadi kecoklatan pada buah dan sayur. Perasan air lemon dapat melindungi permukaan sayur dan buah dari paparan oksigen sehingga tetap segar sekalipun telah dipotong.

10. Jeruk Limau Gedang (Grapefruit)

buah yang mengandung vitamin c OkayDoc

Jeruk limau gedang yang masam ternyata menyimpan vitamin C yang tinggi - OkayDoc

Jeruk limau gedang atau grapefruit juga memiliki vitamin C dalam jumlah yang tinggi. Juga tenar sebagai jeruk bali, buah ini mengandung vitamin C sebanyak 45 miligram. Buah berukuran besar ini juga kaya akan serat, kalium, dan vitamin A.

Jeruk limau gedang memiliki rasa masam yang cukup kuat. Agar tetap bisa menikmatinya, cobalah tambahkan sedikit gula pasir atau pemanis lain untuk mengimbangi cita rasa khas buah ini.

Namun perlu kamu perhatikan, jeruk ini dapat memengaruhi kerja beberapa obat. Konsultasikan dahulu pada dokter terkait kemungkinan pengaruh grapefruit terhadap obat yang rutin kamu konsumsi.

11. Blewah

 Blewah okaydoc

Sajian buah blewah tinggi vitamin C dan antioksidan untuk tubuhmu - OkayDoc

Dikenal menyegarkan, berdaging tebal, sekaligus beraroma manis adalah kelebihan buah blewah. Kamu juga perlu tahu kalau ini mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Dalam semangkuk blewah dengan berat sekitar 150 gram terkandung 60 mg vitamin C.

Tak hanya itu, buah yang kerap dijadikan sajian penutup ini juga kaya akan senyawa antioksidan seperti betakaroten dan zeaxanthine yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

12. Buah Naga

 Buah naga okaydoc

Buah naga kaya vitamin C dan rendah kalori - OkayDoc

Buah naga ternyata juga melimpah oleh kandungan vitamin C. Dalam 100 gram daging buah ini kebutuhan harian vitamin C dalam tubuh sudah tercukupi sebesar 34%. Di samping itu, buah naga juga rendah kalori, sehingga cocok dijadikan kudapan diet yang menyehatkan.

Selain vitamin C, buah naga juga kaya akan ragam antioksidan yang dipercaya melindungi tubuh dari berbagai gangguan radikal bebas, menjaga kesehatan otak, dan menurunkan risiko kamu menderita penyakit jantung. 

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil yang Patut Disimak!

Sebenarnya, kebutuhan vitamin C setiap orang berbeda-beda. Pengaturan batas asupan harian vitamin ini akan diatur sesuai usia dan jenis kelamin. Hati-hati selama mengonsumsinya, terdapat berbagai risiko berbahaya jika kamu kelebihan vitamin C, lho!

Setelah mengetahui rekomendasi asupan vitamin ini, yuk, mulai jaga kesehatan tubuhmu dengan memenuhi kebutuhan vitamin C secara rutin. Dengan begitu, tubuhmu lebih sehat dan kamu bisa lebih produktif setiap hari.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Kebugaran
Disebut Baik untuk Kulit, Ini Fakta Seputar Fungsi Vitamin E!
Annisa Trimirasti
28 Nov 2017
Kebugaran
3 Manfaat Mandi Pagi untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui
Laila Adila
11 Aug 2017
Psikologi
Semangat Belajar Menurun? Kembalikan dengan 5 Cara Jitu Ini!
Annisa Trimirasti
12 Nov 2017
Kebugaran
Ragam Manfaat Jagung: Sebagai Makanan Diet hingga Antidiabetes!
Maya Ligina
09 Dec 2017
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...