• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Meski buah dan sayuran dikenal memiliki ragam manfaat sehat, beberapa di antaranya justru diisukan bisa menyebabkan keguguran. Agar tidak salah konsumsi, Bunda perlu mencari tahu jenis buah yang dilarang untuk ibu hamil!

Banyak sekali saran menu makan yang akan Bunda dengar saat hamil karena kesehatan Bunda juga memengaruhi masa depan janin. Salah satu isu yang sering terdengar adalah buah yang tidak boleh dimakan oleh ibu hamil, seperti nanas dan durian. Tapi apakah hal itu benar? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Durian

durian adalah salah satu buah yang dilarang untuk ibu hamil

Durian termasuk buah yang dilarang untuk ibu hamil karena disebut bisa memicu tekanan darah tinggi - OkayDoc

Banyak ibu hamil diminta untuk menghindari durian karena disebut bisa memicu tekanan darah tinggi dan menjadikan area selangkangan bayi yang baru lahir mengalami ruam-ruam merah.

Faktanya, belum ada studi yang membuktikan pernyataan tersebut. Buah berduri ini justru mengandung antioksidan tryptophan dan organo-sulfur, serta memiliki sifat antimikroba, antibakteri juga antijamur yang bermanfaat untuk kehamilan.

Meski begitu, durian termasuk buah tinggi kalori, karbohidrat, dan gula sehingga tidak boleh dimakan secara berlebihan. Karenanya, bila memiliki kondisi diabetes gestasional atau kadar gula darah tinggi, Bunda memang sebaiknya menghindari buah ini.

2. Pepaya

pepaya dilarang untuk ibu hamil

Pepaya mentah tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil - OkayDoc

Tidak diketahui secara pasti apakah ibu hamil boleh mengonsumsi pepaya, meski pepaya matang sepertinya tidak berbahaya.

Konsultasi DokterBabe:

"dok, katanya kalau ibu hamil itu kurang baik konsumsi nanas, itu mitos atau fakta ya?"

Jawaban Dokter

Pepaya sendiri memiliki enzim papain yang dapat meringankan gejala gangguan pencernaan, salah satu kondisi yang sering dialami ibu hamil. Namun konsumsi pepaya mentah atau belum matang tidak disarankan.

Pepaya mentah mengandung getah yang memiliki efek sama seperti hormon oksitosin dan prostaglandin bila dikonsumsi. Kedua hormon tersebut biasa digunakan untuk mendorong kontraksi rahim saat proses melahirkan.

3. Nanas

nanas dilarang untuk ibu hamil

Ibu hamil tetap boleh mengonsumsi nanas dalam jumlah wajar - OkayDoc

Nanas disebut dapat memicu keguguran sehingga dilarang dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun belum ada bukti ilmiah yang mendukung pernyataan ini.

Nanas memang mengandung bromelain yang dapat memicu perdarahan karena bisa memecah protein di tubuh. Namun efek ini baru mungkin terjadi bila Bunda memakan 7 sampai 10 buah nanas utuh sekaligus.

Bila kamu mengonsumsinya dalam jumlah normal, nanas aman dimakan. Tetapi bromelain dalam bentuk pil sebaiknya tetap dihindari.

4. Anggur

buah yang dilarang untuk ibu hamil

Penelitian konsumsi anggur pada ibu hamil belum mencukupi - OkayDoc

Buah ini mengandung antioksidan yang dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner dan kadar kolesterol jahat. Namun secara umum, jumlah yang aman dikonsumsi belum diketahui dengan pasti.

Sebagai upaya pencegahan, cukup konsumsi anggur sekadarnya saja atau tidak mengonsumsinya selama masa kehamilan. Hal yang sama juga berlaku pada ekstrak biji anggur.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

5. Buah-buahan Asam dan Pisang Mentah

buah asam dan pisang mentah

Masih dibutuhkan studi lebih lanjut akan konsumsi pisang mentah untuk ibu hamil - OkayDoc

Buah-buahan asam, seperti jeruk dan lemon, serta pisang mentah disebut bisa menyebabkan keguguran. Oleh karena itu, buah ini disarankan untuk dihindari oleh ibu hamil. Namun, hingga kini, belum ada kasus dan penelitian akan kondisi tersebut.

6. Pare

pare

Termasuk buah yang dilarang untuk ibu hamil, pare cukup dikonsumsi dalam jumlah wajar - OkayDoc

Secara tradisional, pare tumbuk atau dalam bentuk jus digunakan untuk aborsi. Dan studi pada tikus menunjukkan bahwa pare dalam jumlah yang sangat banyak bisa menyebabkan kontraksi.

Hingga saat ini, belum ada bukti bahwa pare menyebabkan kontraksi selama kehamilan. Jika Bunda ingin mengonsumsinya, pastikanlah dalam batas yang wajar.

Selain buah-buahan di atas yang sebaiknya diwaspadai batas konsumsinya, ada beberapa hal lain yang perlu Bunda perhatikan selama masa kehamilan.

Saat mengonsumsi buah-buahan, pastikan kulit buah dan sayuran telah dicuci bersih atau dikupas. Mungkin saja terdapat bakteri seperti E.coli, Salmonella, dan Listeria pada kulit buah yang bisa membahayakan Bunda maupun janin.

Salah satu kemungkinan terburuk adalah janin terkena penyakit toksoplasma. Kondisi ini bisa menyebabkan gangguan intelektual atau kebutaan di kemudian hari.

buah yang tidak boleh dimkana oleh ibu hamil

Ibu hamil sebaiknya menghindari konsumsi jus yang telah jadi - OkayDoc

Selanjutnya, bila ibu hamil ingin mengonsumsi jus buah, disarankan untuk membuatnya sendiri. Di mana tidak ada jaminan buah bersih saat diperas bila membeli jus sudah dalam bentuk jadi.

Bagaimana dengan Makanan Lain?

bagaimana dengan makanan lain?

Berbagai makanan mentah harus dihindari oleh Ibu hamil - OkayDoc

Di samping buah-buahan di atas, ibu hamil juga sebaiknya memperhatikan dan mewaspadai beberapa jenis makanan berikut:

  • Ikan dengan kandungan merkuri yang tinggi, contohnya hiu, tuna, serta king mackarel. Berita baiknya, tidak semua jenis ikan memiliki kandungan merkuri yang tinggi.
  • Kafein. Mungkin sudah rahasia umum bahwa kafein yang berlebihan tidak baik dikonsumsi selama kehamilan. Zat ini tidak hanya terkandung dalam kopi. Teh, minuman bersoda, maupun kokoa bisa mengandung kafein.
  • Alkohol. Konsumsi minuman atau makanan yang mengandung alkohol terbukti membahayakan perkembangan janin.
  • Jeroan, terutama hati. Meski kaya akan vitamin A, konsumsi hati harus dibatasi oleh ibu hamil. Terlalu banyak vitamin A bahkan dapat menyebabkan cacat lahir.
  • Makanan mentah atau belum dimasak hingga matang, termasuk daging sapi, ikan, daging ayam, telur, maupun susu dan produknya. Sama seperti buah yang belum dicuci, makanan ini bisa mengandung Listeria yang berpotensi menyebabkan kematian pada janin.

Baca Juga: Sayuran dan Buah untuk Ibu Hamil Ini Bikin Janinmu Sehat

Setelah mengetahui fakta dan mitos dari makanan serta buah yang dilarang untuk ibu hamil, Bunda dapat memilih menu makan dengan lebih teliti. Pasalnya, bukan hanya Bunda yang bisa mendapatkan efeknya, tapi juga Si Buah Hati dalam kandungan.

Saran terpenting yang perlu diingat, tetaplah menerapkan menu sehat dan seimbang yang kaya gizi, vitamin, dan mineral.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Kebugaran
5 Manfaat Mendaki dan Tips Aman untuk Melakukannya
Rabbani Haddawi
28 Jul 2018
Kesehatan Kandungan
Risiko Hamil di Usia Tua dan Tips untuk Menjalaninya
Rabbani Haddawi
22 Aug 2018
Gangguan Kesehatan
4 Jenis Bakteri Penyebab Diare yang Perlu Kamu Waspadai
Vivi Hermin
04 Aug 2018
Gangguan Kesehatan
Awas, 6 Sumber Penyakit Ini Mengintai dalam Mesin Cucimu!
Diah Ayu Lestari
20 Jun 2018
Gangguan Kesehatan
4 Jenis Bakteri Penyebab Diare yang Perlu Kamu Waspadai
Vivi Hermin
04 Aug 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...