• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Antioksidan adalah senyawa yang dapat melawan radikal bebas, unsur kimia yang tidak stabil dan mampu merusak sel serta menyebabkan ragam penyakit juga penuaan dini. Mengonsumsi buah tinggi antioksidan dapat membantu tubuhmu tetap terlindungi.

Berikut adalah beberapa pilihan buah yang dinilai memiliki kadar antioksidan lebih tinggi dari yang lain. Buah-buahan tersebut meliputi:

1. Anggur

BuahTinggiAntioksidan-Anggur-OkayDoc.jpg

Anggur temasuk buah tinggi antioksidan - OkayDoc

Anggur, terutama yang berwarna gelap kaya akan beragam jenis antioksidan. Misalnya saja, kulit anggur mengandung resveratrol, salah satu jenis antioksidan dalam bentuk polifenol, yang dikenal mampu membantu mencegah ragam penyakit kronis, seperti penyakit jantung, serta kanker.

Tak hanya itu, buah lezat ini juga mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin yang baik untuk kesehatan mata, serta antosianin dan proantosianidum yang bermanfaat untuk menjaga sistem imun. Anggur pun mengandung nutrisi sehat lain seperti vitamin C dan selenium.

2. Blueberry

BuahTinggiAntioksidan-Blueberry-OkayDoc.jpg

Blueberry tinggi antioksidan dan menyimpan ragam manfaat sehat - OkayDoc

Blueberry mengandung 9,2 mmol antioksidan per 100 gram. Angka ini menjadikannya sajian dengan kadar antioksidan tertinggi di antara sayur dan buah yang sering dikonsumsi.

Penelitian juga menyebutkan bahwa antioksidan dalam blueberry mampu menetralkan radikal bebas berbahaya dan mengurangi peradangan yang memicu penyakit kronis. Hal ini membuat buah blueberry dianggap mampu menunda penurunan fungsi otak yang cenderung terjadi akibat penuaan.

Terlebih, antosianin, antioksidan pemberi semu biru pada buah ini, berdampak positif pada berbagai kondisi kesehatan seperti mencegah penyakit jantung, kanker, serta menurunkan kadar kolesterol LDL, hingga tekanan darah tinggi.

Tak hanya itu, buah rendah kalori ini pun kaya vitamin C, K, serta mineral mangan yang turut mendukung kesehatan jantung dan menunda pikun akibat pertambahan usia.

Baca Juga: 9 Manfaat Buah Pepaya dan Trik Tepat Memilihnya!

3. Stroberi

BuahTinggiAntioksidan-Stroberi-OkayDoc.jpg

Buah tinggi antioksidan seperti stroberi menyegarkan sekaligus menyehatkan tubuh - OkayDoc

Dinobatkan sebagai jenis buah beri paling terkenal, stroberi mengandung 5,4 mmol antioksidan per 100 gram.

Buah segar ini juga mengandung antioksidan antosianin yang disebut mampu mengurangi risiko penyakit jantung, menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) sekaligus meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik). Semakin merah cerah warna stroberi maka semakin tinggi kadar antosianinnya.

Di samping itu, buah manis ini pun kaya vitamin C dan antioksidan lain yang mampu mengembalikan rona kulit yang kusam akibat paparan sinar UV dan polusi. Semakin bermanfaat, stroberi juga dikenal mampu memutihkan gigi serta mengandung folat yang dapat melindungi jantung.

4. Goji Berry

BuahTinggiAntioksidan-GojiBerry-OkayDoc.jpg

Meski jarang ditemui, buah goji berry ternyata kaya antioksidan - OkayDoc

Telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional cina, goji berry (Lycium barbarum) mengandung 4,3 mmol antioksidan per 100 gram. Maka dari itu, tidak heran bila buah ini disebut baik untuk kesehatan mata serta mampu melindungimu dari penyakit jantung juga kanker.

Buah ini pun memiliki antioksidan unik dan disebut polisakarida Lycium barbarum. Senyawa ini membuat goji berry juga disebut mampu melawan penuaan kulit. Di samping itu, goji berry juga dinilai sangat efektif meningkatkan kadar antioksidan dalam darah. Meski begitu, buah merah ini tergolong mahal jika dijadikan santapan harian.

5. Ceri

BuahTinggiAntioksidan-Ceri-OkayDoc.jpg

Ceri manis dan tinggi kandungan oksidan - OkayDoc

Sama seperti buah-buahan berwarna cerah lain, ceri juga tinggi kandungan antioksidan antosianin. Hal ini menjadikannya berpotensi mengurangi inflamasi yang disebabkan oleh senyawa radikal bebas, meredakan nyeri pada sendi, sekaligus menurunkan kadar kolesterol.

Ceri pun mengandung antioksidan jenis flavonoid yang dikenal mampu membantu tubuh melawan infeksi serta meningkatkan sistem imun. Semakin sempurna, penelitian juga menyebutkan bahwa buah ini mengandung melatonin, hormon yang membantumu tidur nyenyak.

Baca Juga: Selain Jeruk, Ini 9 Buah yang Mengandung Vitamin C!

Buah tinggi antioksidan ternyata sering dijumpai, seperti stroberi dan anggur. Bila kamu tidak menyukai buah-buahan tersebut, masih banyak jenis buah lain yang kaya antioksidan.

Buah-buahan ini umumnya berwarna cerah. Misalnya, plum, jeruk, nanas, pepaya dan masih banyak lagi. Kesimpulannya, demi tubuh yang lebih sehat, perbanyaklah makan buah mulai sekarang, ya!

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Diet Ibu Hamil
Makanan Ibu Hamil Trimester Pertama agar Janin Sehat
Tsalis Annisa
28 Mar 2018
Diet
8 Makanan Pengganti Nasi untuk Tubuh Lebih Sehat
Eka Aulia
08 Sep 2018
Herba
6 Manfaat Goji Berry, Si Merah dengan Potensi Melimpah!
Annisa Trimirasti
04 Jul 2018
Diet
Jangan Sia-siakan 7 Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan Ini
Annisa Trimirasti
31 Aug 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...