• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Beberapa khawatir apakah berhubungan intim saat hamil muda boleh dilakukan. Karena ada yang menyebutkan hal itu menyebabkan keguguran atau masalah lain pada janin. Daripada bertanya-tanya. Cek faktanya disini.

Hamil muda terhitung sejak awal ovulasi di mana sperma masuk dalam sel telur hingga 12 minggu kemudian Pada tahap ini fetus berkembang pesat. Kemudian, otak, tulang belakang hingga beberapa organ akan terbentuk. Detak jantung juga muncul pada tahap ini.

Karena tahap ini merupakan awal mula janin berkembang, wajar bila banyak orang takut melakukan berhubungan seks. Tapi, amankah?

Aman, Tapi ...

berhubungan intim saat hamil muda OkayDoc.jpg

Berhubungan intim saat hamil muda sebaiknya tidak dilakukan saat mengalami kram atau sakit perut - OkayDoc

Berhubungan seks saat hamil muda umumnya boleh dilakukan. Dan hal itu tidak membahayakan janin dalam kandunganmu. Janin terlindung aman dalam cairan ketuban dan lapisan otot-otot rahim.

Meski begitu, ibu hamil dengan kondisi tertentu tidak disarankan melakukan hubungan intim saat hamil muda. Karena dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin. Berikut ini adalah beberapa kondisi tersebut,

  • Pernah mengalami kelahiran prematur sebelumnya
  • Menderita plasenta previa, plasenta menutupi mulut rahim
  • Rahim terbuka prematur
  • Ketuban bocor
  • Perdarahan pada vagina

Konsultasi Terkait

"Siang dok, istri saya sedang hamil muda dan kami jadi takut untuk berhubungan intim. Sebenarnya berapa usia kandungan yang aman untuk berhubungan intim saat hamil?"

Jawaban Dokter

Selain itu, melakukan hubungan intim saat hamil di tiap trimester juga sebaiknya dihindari jika mengalami kondisi berikut,

Begitu juga bila kamu mengalami atau memiliki riwayat penyakit menular seksual seperti herpes, kutil kelamin, klamidia, dan HIV.

Bila mengalami tanda-tanda diatas, berdiskusilah terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan hubungan seksual.

Dan bila dokter menyarankanmu tidak melakukan hubungan seks, hal tersebut juga termasuk orgasme atau dorongan lain. Orgasme dan stimulan seperti sentuhan pada payudara dapat menyebabkan kontraksi ringan pada uterus.

Baca Juga : Mau Berhubungan Intim Saat Haid? Cek Dulu 5 Hal Ini

Posisi Terbaik untuk Berhubungan Intim Saat Hamil Muda

posisi berhubungan intim saat hamil muda

Hindari berhubungan intim dengan posisi missionaris, lebih baik pilih posisi menyamping - OkayDoc

Dalam tiga bulan pertama masa kehamilan, banyak wanita mengeluh mual atau merasa sangat lelah. Hal tersebut wajar terjadi sebagai respon tubuh akan perubahan fisik, hormon, juga emosi akibat kehadiran janin.

Pada beberapa wanita kondisi tersebut menyebabkan gairah seksualnya turun sehingga enggan untuk berhubungan intim. Namun beberapa yang lain justru lebih terdorong untuk melakukannya.

Bila kamu dan pasangan setuju untuk berhubungan intim saat hamil muda, posisi apapun boleh dicoba. Namun beberapa wanita kurang merasa nyaman saat berhubungan dalam posisi misionaris di mana wanita di bawah dan pria di atas.

Hal itu disebabkan karena pada masa awal kehamilan beberapa bagian tubuh menjadi lebih besar dan sangat sensitif. Termasuk payudaramu. Bagian ini dapat terasa sakit dan kencang sehingga posisi misionaris membuatmu tidak nyaman.

Kemudian, posisi misionaris pun memungkinkan penis pasangan dapat masuk lebih dalam. Di mana beberapa wanita mengganggapnya kurang nyaman selama masa kehamilan.

Baca Juga : Seperti Apa Posisi Bercinta saat Hamil yang Dinilai Aman?

Oleh karena itu, kamu bisa melakukan hubungan seks dengan posisi menyamping baik secara berhadapan atau menghadap satu sisi yang sama.

Berhubungan intim saat hamil muda tergolong aman dilakukan, meski begitu, tentu tidak ada salahnya untuk mengonsultasikan hal ini terlebih dahulu kepada dokter. Guna memastikan kondisi janinmu kuat dan sehat.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Pasangan
Tips Berhubungan Intim Saat Hamil pada Tiap Trimester
Ayu Winarni Lanjani
07 Nov 2017
Pasangan
Cara Memuaskan Suami Saat Hamil Ada Rambu-Rambunya
Dewangga
01 Sep 2017
Olahraga Kehamilan
Syukurlah, Kini Sudah Ada Pedoman Olahraga untuk Ibu Hamil Muda
Veronica
19 Sep 2017
Kesehatan Ibu
Posisi Tidur Ibu Hamil Muda yang Aman Bagi Ibu dan Janin
Annisa Trimirasti
09 Oct 2018
Pasangan
Mau Berhubungan Intim Saat Haid? Cek Dulu 5 Hal Ini
Annisa Trimirasti
24 Oct 2017
Pasangan
Begini Cara Memakai Kondom Wanita Agar Tidak Hamil
Annisa Trimirasti
02 Nov 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...