• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Hubungan seks menyenangkan sekaligus menyehatkan fisik maupun mental bagi kedua belah pihak. Namun bagaimana jika pasangan sedang haid? Bolehkah tetap melakukan seks?

Hubungan intim boleh dilakukan kapan saja, termasuk saat pasangan datang bulan. Sebelum melakukannya, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui seputar berhubungan intim saat haid.

Fakta Menyenangkan Berhubungan Intim Saat Haid

berhubungan intim saat haid

Berhubungan intim saat haid dapat meredakan sakit sekaligus meningkatkan gairah seksual - OkayDoc

Berhubungan saat haid bagi sebagian orang dapat memberikan kenikmatan tersendiri. Bahkan dari segi medis, hal ini memiliki manfaat seperti berikut.

Meredakan Sakit

Saat haid, gejala seperti kram hingga merasa sedih kadang dialami beberapa wanita. Melakukan seks di waktu ini bisa sangat bermanfaat.

Seks mendorong orgasme yang dapat melepaskan endorfin, yaitu hormon pereda rasa sakit serta menimbulkan rasa senang, dan hormon oksitosin yang juga memicu perasaan senang serta meningkatkan perasaan positif.

Pelumas Kurang Dibutuhkan

Bagi kamu yang biasa membutuhkan pelumas karena kondisi vagina kering, menstruasi bisa membantu. Darah haid dapat menjadi pelumas alami untukmu.

Tapi jika kamu tetap menginginkan pelumas, pilihlah yang terbuat dari air atau silikon. Karena lebih aman untuk alat kontrasepsi dan hubungan seks. Hindari pelumas dari minyak seperti mineral oil karena dapat merusak alat kontrasepsi.

Meningkatnya Gairah Seksual

Pada hari pertama haid hormon estrogen dan testosteron turun tapi kemudian naik pada hari ketiga dan seterusnya. Perubahan tersebut menjadikan wanita merasa lebih bergairah dan sensitif sehingga seks terasa lebih nikmat.

Baca Juga : Cara Mencegah Kehamilan yang Mudah dan Aman

Kenali Juga Risiko Berhubungan Intim Saat Haid

resiko berhubungan intim saat haid

Kemungkinan hamil akibat berhubungan intim meksi sedang haid tetap ada - OkayDoc

Sebelum kamu tergoda untuk melakukannya, sebaiknya kenali juga beberapa risiko berhubungan intim saat datang bulan yang mungkin terjadi di bawah ini.

Penularan Infeksi Dapat Meningkat

HIV dan infeksi menular seksual lain lebih mudah menular, baik dari pria ke wanita ataupun sebaliknya, saat seks selama menstruasi. Hal ini dikarenakan semua cairan tubuh penderita dapat menularkan penyakit termasuk darah.

Selain itu, saat haid, leher rahim wanita lebih terbuka sedikit sehingga virus mudah masuk. Kemudian, pH vagina yang biasanya pada kondisi asam yaitu 3,8 hingga 4,5 naik menjadi lebih basa sehingga jamur mudah tumbuh.

Oleh karena itu, bila berhubungan intim saat datang bulan, penggunaan alat kontrasepsi sangat disarankan.

Tetap Bisa Hamil

Meski kecil kemungkinannya, wanita tetap bisa hamil saat berhubungan intim dalam kondisi haid. Normalnya, ovulasi memang terjadi beberapa hari setelah haid.

Pada beberapa wanita, terutama dengan siklus menstruasi cepat, sekitar 21 hingga 24 hari, ovulasi dan haid dapat terjadi bersamaan. Kemungkinan ovulasi pada hari pertama atau kedua haid hampir mendekati nol namun terus naik pada hari berikutnya.

Fakta ini juga didukung dengan kemampuan sperma yang dapat bertahan hidup selama 3 hingga 7 hari dalam tubuh wanita.

Kemungkinan kehamilan saat haid dapat berkurang bila kamu sedang mengonsumsi pil KB. Namun, jika tidak mengharapkan kehadiran buah hati, lebih baik gunakan pelindung saat berhubungan intim.

Tips Tetap Bersih Meski Berhubungan Intim Saat Haid

tips berhubungan intim saat haid

Posisi misionaris bisa jadi solusi dalam berhubungan intim saat haid agar darah tidak berceceran - OkayDoc

Bila kamu ingin berhubungan saat menstruasi namun takut berantakan akibat keluarnya darah. Coba gunakan alat kontrasepsi untuk wanita atau alasi dengan handuk.

Disarankan juga untuk melakukan seks dengan posisi misionaris di mana wanita berbaring di bawah pria. Cara ini dapat membantu mengurangi keluarnya darah. Atau lakukanlah seks pada akhir masa haid saat darah tinggal sedikit.

Kemudian, kamu tidak perlu khawatir bila melihat gumpalan merah atau cokelat gelap selama atau setelah seks saat haid. Gumpalan tersebut adalah darah tua dari sel pada lapisan rahim dan kondisi tersebut normal terjadi.

Baca Juga : Ketahui 4 Waktu Ideal Untuk Berhubungan Intim

Seks tetap dapat dilakukan saat haid meski ada untung ruginya. Wanita bisa lebih bergairah saat haid namun seks pada waktu ini juga meningkatkan kemungkinan terjadinya infeksi menular seksual.

Perlu diingat bahwa hubungan seksual yang sehat adalah persetujuan kedua belah pihak. Jadi, bila pasanganmu tidak nyaman melakukan seks saat haid, tidak perlu dilakukan. Berkomunikasilah secara jujur dan terbuka setiap ingin melakukan sesuatu bersama.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Penyakit Seksual
Penyakit Sifilis: Efek Negatif Seks Bebas Paling Sering dan Mematikan
Dedi Irawan
02 Aug 2017
Remaja
Bahaya Pergaulan Bebas pada Remaja yang Kian Mengerikan
Dedi Irawan
12 Jul 2017
Pasangan
Intip Foreplay yang Disukai Wanita dan Jadikan Ia Ratu
Dedi Irawan
16 Sep 2017
Penyakit Seksual
10 Penyakit Menular Seksual yang Perlu Kamu Hindari!
Tsalis Annisa
16 Mar 2018
Remaja
5 Penyebab Terlambat Menstruasi Pertama Anak Perempuan
Arief Tirtana
08 Sep 2017
Kebugaran
8 Pantangan Saat Haid Ini Ternyata Sering Dilakukan!
Vivi Hermin
07 Jul 2018
Kebugaran
Apakah Air Minum Kamu Sudah Bebas Bakteri Dan Parasit?
Tsalis Annisa
05 Oct 2018
Pasangan
Hubungan Intim Lebih Nikmat, Cobalah 5 Teknik Foreplay Ini!
Diah Ayu Lestari
13 Jul 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...