• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Bunda, tahukah kamu? Penelitian menunjukkan bahwa, anak dengan berat badan ideal akan memiliki tubuh yang lebih sehat, aktif serta memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi.

Anak dengan berat badan ideal juga memiliki kemampuan belajar yang lebih baik dan memiliki risiko lebih rendah terserang beragam gangguan kesehatan seiring tumbuh kembangnya. Karena itu, penting bagi Bunda untuk mengetahui berat badan ideal anak di setiap tahap pertumbuhannya.

Bagaimana Cara Menghitung Berat Badan Ideal Anak?

Body Mass Index (Indeks Massa Tubuh) penting dipahami untuk mengukur status gizi anak - OkayDoc

Untuk mengetahui status berat badan ideal anak, Bunda perlu memantau pertumbuhan anak berdasarkan status gizi dan perlu mengetahui tentang Indeks Massa Tubuh (IMT). IMT merupakan ukuran yang digunakan untuk memperkirakan jumlah lemak di tubuh yang dimiliki seseorang.

Pada anak, jumlah lemak tubuh yang tinggi dapat memicu penyakit yang berhubungan dengan kelebihan berat badan. Sedangkan apabila jumlah lemak tubuh pada anak kurang dari yang seharusnya, risiko terkena penyakit tertentu juga dapat meningkat.

Untuk mengukur IMT pada anak, faktor penentu yang digunakan adalah berat dan tinggi badan, usia serta jenis kelamin. Bunda dapat menggunakan kalkulator IMT ini untuk mengetahui status berat badan Buah Hati dengan lebih mudah.

Anak dikatakan memiliki berat badan ideal apabila IMT-nya berada pada rentang normal. IMT yang berada di bawah rentang normal menunjukkan bahwa anak mengalami berat badan kurang, begitu juga sebaliknya dengan kelebihan berat badan.

Bunda dapat mengetahui lebih lengkap mengenai status tinggi badan, berat badan, serta IMT yang ideal bagi anak di setiap usia pertumbuhannya melalui daftar yang diterbitkan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia di sini.

Baca Juga: Cara Mendukung Perkembangan Anak Secara Optimal

Cara Agar Anak Memiliki Berat Badan Sehat

Berikan anak asupan sehat seperti sayur serta buah agar berat badan idealnya tercapai - OkayDoc

Untuk membantu anak mencapai berat badan idealnya, peran orang tua tentu sangat dibutuhkan. Berikut cara yang bisa Bunda lakukan untuk menjalankannya.

1. Menjadi Contoh yang Baik bagi Si Buah Hati

Anak belajar melalui perilaku yang dicontohkan orang tuanya. Bunda dapat menjadi panutan bagi Si Kecil untuk tetap aktif dan makan makanan sehat dengan mencontohkannya terlebih dahulu.

Melakukan perubahan pada gaya hidup anak akan lebih mudah diterima apabila dilakukan secara perlahan dan bersama-sama anggota keluarga yang lain.

2. Memberikan Asupan Sehat dan Bergizi

Agar memiliki berat badan yang ideal, anak berusia 5 tahun ke atas dianjurkan untuk mengikuti pola makan sebagai berikut:

  • Mengonsumsi setidaknya 5 porsi buah dan sayur setiap harinya.

  • Penuhi asupan karbohidrat dengan kentang, roti, nasi, atau pasta. Jika memungkinkan, pilih yang berbahan baku gandum utuh.

  • Mengonsumsi susu atau alternatifnya dan pilih yang rendah gula serta lemak.

  • Penuhi asupan protein dengan mengonsumsi kacang-kacangan, telur, ikan, dan daging.

  • Ganti minyak yang digunakan untuk memasak dengan minyak tak jenuh agar lebih sehat dan jangan lupa untuk penuhi kebutuhan cairan harian.

Selain pola makan di atas, jika saat penghitungan ternyata berat badan Si Kecil kurang dari ideal, Bunda bisa menambahkan asupan padatnutrisi seperti Nutrinidrink yang mengandung protein, kalsium, 12 vitamin, dan 7 mineral.

Formula padat nutrisi dapat membantu anak mencapai berat badan idelanya - OkayDoc

Pasalnya, formula ini dapat memberikan energi sebanyak 1,5 kkal/ml nya dan telah terbukti klinis dapat membantu menaikkan berat badan dalam 4 minggu. Nutrinidrink juga mengandung MF6 yang baik bagi saluran pencernaan.

Sebelum memberikan formula yang diperuntukkan untuk anak berusia 1-12 tahun ini kepada Si Kecil, Bunda disarankan untuk mengonsultasikannya terlebih dahulu kepada dokter spesialis anak agar penggunaannya dapat tepat guna.

Klik di sini dan dapatkan Nutrinidrink untuk Si Kecil

3. Mengajak Anak untuk Aktif Olahraga

Anak dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik selama kurang lebih 60 menit setiap harinya. Tetapi, aktivitas tersebut tidak perlu dilakukan dalam satu waktu.

Olahraga selama 5 atau 10 menit selama beberapa kali dalam sehari dapat dicoba. Selain itu, olahraga juga penting dilakukan untuk anak yang kekurangan berat badan.

Hal ini dikarenakan aktivitas fisik dapat membantu Si Buah Hati memiliki tulang serta otot yang sehat dan kuat. Untuk mengetahui olahraga terbaik yang sesuai dengan kondisi Si Kecil, Bunda dapat mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter.

Baca Juga: Pedoman Cara Mengatasi Anak Susah Makan untuk Orang Tua

Nah, setelah mengetahui tentang cara mengukur berat badan ideal anak dan cara mencapainya, Bunda diharapkan bisa menerapkannya demi kesehatan Si Kecil. Tapi, Bunda harus tetap ingat ya, konsultasi dengan dokter terlebih dahulu tentu penting.

Setiap anak memiliki kondisi yang berbeda, sehingga, penyesuaian mungkin perlu dilakukan dalam menerapkan cara-cara di atas, termasuk pemberian asupan tambahan seperti Nutrinidrink.

Nah, jika Si Kecil sudah memiliki berat badan ideal, Bunda bisa mengikuti lomba yang yang diselenggarakan oleh Nutrinidrink di sini.

Caranya, Bunda cukup menceritakan pengalaman sebelum dan sesudah Si Kecl mengonsumsi Nutrinidrink. Jangan lupa sertakan produk Nutrinidrink juga, ya!

Sumber

Underweight children aged 6 to 12. https://www.nhs.uk/live-well/healthy-weight/underweight-children-6-12-advice-for-parents/. Accessed on November 12, 2018.

Your Child's Weight. https://kidshealth.org/en/parents/childs-weight.html. Accessed on November 12, 2018.

About Child and Teen BMI. https://www.cdc.gov/healthyweight/assessing/bmi/childrens_bmi/about_childrens_bmi.html. Accessed on November 12, 2018.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Anak-anak
Pentingnya Tambal Gigi Susu pada Anak
Tyas
13 Sep 2017
Anak-anak
4 Cara Mendukung Pertumbuhan Anak Secara Optimal
Venny Firstyani
01 Jun 2018
Anak-anak
5 Jenis Asupan untuk Menambah Berat Badan Anak
Annisa Trimirasti
05 Sep 2018
Kebugaran
Apakah Air Minum Kamu Sudah Bebas Bakteri Dan Parasit?
Tsalis Annisa
05 Oct 2018
Pasangan
Hubungan Intim Lebih Nikmat, Cobalah 5 Teknik Foreplay Ini!
Diah Ayu Lestari
13 Jul 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...