• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Bahaya pergaulan bebas mungkin tidak akan langsung terasa oleh pelakunya. Meski begitu, bukan berarti perbuatan tersebut bisa dianggap sepele. Demi masa depan banyak pihak, perhatian lebih terhadap kondisi ini tetap perlu dilakukan.

Pergaulan bebas diartikan sebagai kebiasaan melakukan hubungan seks dengan pasangan yang berbeda-beda atau bersikap sembarangan dalam memilih pasangan seksual.

Hal ini mungkin merupakan sebuah pengalaman yang menyenangkan dan banyak diidamkan oleh para remaja. Namun di balik itu semua, beragam bahaya ternyata telah mengintainya.

Beragam Bahaya Pergaulan Bebas pada Remaja

bahaya-pergaulan-bebas-OkayDoc-03.jpg

Penyakit menular seksual kerap mengintai dampak dari pergaulan bebas - OkayDoc

Sebelum terlambat, ketahui berbagai bahaya mengerikan di balik fenomena pergaulan bebas di bawah ini:

1. Menjadi Korban Kekerasan Fisik

Mereka yang jatuh dalam pergaulan bebas dan melakukan hubungan seks bebas lebih rentan mengalami pelecehan seksual serta kekerasan fisik.

Jika dibandingkan dengan mereka yang memiliki hubungan resmi, pelaku pergaulan bebas ternyata lebih rentan mengalami kekerasan jenis ini. Nah, kamu masih mau memimpikan hidup seperti ini?

2. Terkena Penyakit Menular Seksual

Berganti pasangan seksual terasa menyenangkan? Tunggu dulu! Risiko dari perilaku seperti ini sangat membahayakan kesehatan. Salah satunya bahaya pergaulan bebas pada remaja adalah rentan tertular penyakit menular seksual.

Virus ini menginfeksi mulut dan organ kelamin. Parahnya, infeksi yang terjadi kadang tidak dirasakan penderitanya. Yang mengenaskan, infeksi virus ini bisa berakhir dengan kanker serviks, kanker mulut, dan kanker tenggorokan. Bagaimana? Masih berminat melakukan seks bebas?

3. Terancam HIV dan AIDS

Jika ancaman HPV dianggap masih ringan, maka sudah seharusnya kamu mewaspadai HIV dan AIDS. Kamu yang melakukan pergaulan bebas dalam jangka panjang sangat rentan menderita penyakit ini.

Meskipun mendapatkan perawatan yang baik atau menerima obat seperti lamivudine dan etravirine, HIV/AIDS masih menjadi penyumbang kematian massal hingga kini. Nah, kamu mau mati sia-sia karena HIV/AIDS?

"Dok, di kantor saya ada yang katanya kena penyakit HIV. Saya jd ketakutan dok ada kemungkinan saya ketularan ga sih dok? Duduknya ga jauh dari saya soalnya."

Jawaban Dokter

4. Meningkatkan Risiko Terserang Berbagai Penyakit

Kamu yang menjalani pergaulan bebas kerap kali mengabaikan pola hidup sehat. Jadi, meskipun kamu lolos dari bahaya di atas, tubuhmu bisa menjadi rentan terkena penyakit jika melakukan gaya hidup pergaulan bebas.

Bukan hal yang aneh jika pelaku seks bebas sering merokok, kecanduan minuman keras, melakukan penyalahgunaan obat-obatan, jam tidur yang berantakan serta memiliki pola makan yang buruk. Kombinasi aneka perilaku tersebutlah yang memengaruhi kesehatan tubuhmu.

5. Rentan Terkena Penyakit Mental

Sebuah riset yang melibatkan 3.900 mahasiswa menyimpulkan bahwa para pelaku seks bebas lebih berisiko menderita gangguan mental seperti depresi, kecemasan dan demensia dibandingkan mereka yang tidak melakukannya.

Meski belum diketahui keterkaitan kedua hal di atas, namun hal ini menjadi alarm yang cukup serius. Terlebih lagi, penyakit mental sulit dideteksi dan memerlukan penanganan yang ekstra.

4 Tahap Menghindari Bahaya Pergaulan Bebas pada Remaja

bahaya-pergaulan-bebas-OkayDoc-04.jpg

Pendidikan seks sejak dini adalah upaya terbaik dalam menghindari anak dari bahaya pergaulan bebas - OkayDoc

Meski mengerikan, bukan berarti bahaya pergaulan bebas tidak bisa diantisipasi. Ada banyak cara untuk menyelamatkan mereka yang sudah terlanjur melakukan hal tersebut. Adapun cara yang bisa ditempuh antara lain:

Pendidikan Seks Sejak Dini

Salah satu biang kerok seks bebas adalah rasa penasaran yang tinggi di kalangan remaja, termasuk kamu. Agar tak berujung pada tindakan tidak bertanggung jawab, sudah seharusnya pendidikan seks dilakukan sejak dini.

Pengetahuan yang memadai terkait dampak negatif pergaulan bebas membuatmu lebih mengerti alasan untuk menghindarinya. Rumah juga harus menjadi tempat yang nyaman untuk berbicara terbuka tentang apa yang dirasakan kepada keluarga.

Hal ini penting karena berdasarkan riset, mereka yang berasal dari keluarga bahagia nan harmonis lebih kuat menghadapi godaan pergaulan bebas.

Jadikan Orang Tua Sebagai Teladan

Orang tua adalah contoh paling dekat denganmu. Untuk itu, tidak ada salahnya meminta orang tua membagikan kisah tentang kehidupan mereka.

Hal ini membantu kamu untuk mengerti bahwa melakukan hubungan seksual bersama pasangan sah akan lebih berharga. Selain itu, kamu juga bisa memahami manfaat berhubungan intim hanya dengan satu pasangan.

Pendekatan sedemikian rupa akan lebih mengena sehingga kamu tidak mudah diprovokasi oleh teman-teman untuk terjerumus dalam seks bebas.

Kenali dan Pahami Risiko Bersama-sama

Banyak remaja yang tidak memahami dengan baik mengenai risiko melakukan seks bebas. Kamu sebaiknya mencari informasi terkait bahaya seks bebas sebanyak dan selengkap mungkin. Selain karena penyakit menular seksual yang mengancam, bahaya pergaulan bebas salah satunya adalah kehamilan dini.

Sebagaimana kita tahu, kehamilan dini amat dekat dengan putus sekolah. Menurut riset, mereka yang putus sekolah lebih banyak yang menjalani kehidupan tidak menyenangkan. Pelaku putus sekolah kemungkinan akan menjalani hidup yang diliputi kesulitan ekonomi dan ketidakbahagiaan.

Beranikan Diri untuk Berkata Tidak

Sejak dini, kamu harus menanamkan keberanian untuk berkata tidak. Hal ini penting karena sebagian dari mereka yang terjerembab pada seks bebas adalah anak-anak remaja yang tidak berani mengungkapkan ketidaksetujuannya ketika dipengaruhi teman.

Itulah alasan mengapa berdiskusi dengan saudara dan keluarga menjadi hal penting yang perlu kamu lakukan.

Jika kamu memang sudah terlanjur jatuh dan sulit lepas dari bahaya pergaulan bebas pada remaja, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater. Menghubungi mereka bukan berarti kamu mengalami gangguan mental, tapi lebih mengarah pada mencari solusi terbaik bagi kehidupan remajamu.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Penyakit Seksual
Penyakit Sifilis: Efek Negatif Seks Bebas Paling Sering dan Mematikan
Dedi Irawan
02 Aug 2017
Pasangan
Mau Berhubungan Intim Saat Haid? Cek Dulu 5 Hal Ini
Annisa Trimirasti
24 Oct 2017
Penyakit Seksual
Penyakit Sifilis: Efek Negatif Seks Bebas Paling Sering dan Mematikan
Dedi Irawan
02 Aug 2017
Remaja
Bully di Sekolah harus Dihentikan, Ini Dampak Terburuknya!
Raditya Wardana
19 Jul 2017
Gangguan Kesehatan
Arti Warna Darah Haid yang Perlu Kamu Ketahui
Annisa Trimirasti
05 Nov 2018
Pasangan
Intip Foreplay yang Disukai Wanita dan Jadikan Ia Ratu
Dedi Irawan
16 Sep 2017
Remaja
Perhatian! Ini Dia Cara Mencegah Anak Terjerumus Pergaulan Bebas
Vivi Hermin
12 Nov 2017
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...