• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Mungkin banyak dari kamu yang menjadikan es teh manis sebagai solusi menyegarkan untuk menghilangkan dahaga. Tapi tahukah kamu? ternyata ada bahaya kesehatan di balik minum es teh manis bila dilakukan terlalu sering.

Es teh manis mungkin minuman favorit bagi sebagian orang. Pasalnya, rasanya enak dan tidak sedikit yang menilainya lebih sehat dari soda. Mungkin, karena tidak menyadari kandungan gula di dalamnya ataupun anggapan kebiasaan minum teh adalah sehat?

Padahal, kadar gula dalam minuman ini bisa jadi setara dengan soda, begitu juga dengan sedikitnya kandungan nutrisi yang dimilikinya. Bahaya minum es teh manis pun tidak berhenti sampai di sini. Lebih lengkap, yuk, simak penjelasan berikut.

Bahaya Kadar Gula Berlebih pada Es Teh Manis

Gula berlebih dapat menyamarkan manfaat teh untuk kesehatan - OkayDoc

Sudah bukan rahasia lagi kalau teh kaya senyawa antioksidan yang berguna untuk menangkal berbagai penyakit. Namun, apabila konsumsinya disertai dengan banyak gula, manfaat tersebut bisa jadi malah tersamarkan.

Asupan gula berlebih, terutama dari minuman manis, bisa menyebabkan kenaikan kadar gula darah. Tingginya kadar gula darah dapat membuat dirimu rentan terkena diabetes dan kondisi lain seperti penyakit jantung, bahkan depresi.

Hal ini terjadi karena ketika mengonsumsi gula, tubuh akan melepaskan hormon insulin untuk mengubahnya menjadi sumber energi. Sayangnya, bila jumlah asupan gula lebih dari yang dibutuhkan, zat ini tidak dibuang, tetapi disimpan dalam bentuk lemak.

Bila kondisi ini terus berulang, bukan tidak mungkin hal ini memicu kelebihan berat badan atau obesitas. Lambat laun, hal ini bisa menyebabkan sel tubuh tidak lagi sensitif terhadap insulin, dan diabetes tipe 2 pun dapat terjadi.

Risiko Lain Minum Es Teh Manis Terlalu Sering

Konsumsi es teh manis berlebihan bisa menyebabkan batu ginjal - OkayDoc

Risiko lain yang dapat muncul dari konsumsi es teh manis berlebih adalah terbentuknya batu ginjal. Meski penyebab batu ginjal umumnya berkaitan dengan kurangnya asupan air mineral, kandungan oksalat di dalam teh juga dapat menjadi salah satu pemicunya.

Terbentuknya batu ginjal akibat konsumsi es teh manis berlebih umumnya terjadi pada orang yang memang berisiko mengalaminya. Contohnya, berjenis kelamin pria, berusia di atas 40 tahun ataupun pernah menderita penyakit ini sebelumnya.

Risiko terbentuknya batu ginjal juga dapat meningkat pada orang yang memiliki anggota keluarga dengan riwayat serupa. Berlebihan dalam mengonsumsi makanan tinggi kadar oksalat, seperti cokelat, bayam, bit, dan kacang tanah juga dapat memicu batu ginjal.

Maka dari itu, untuk mencegah pembentukkan batu ginjal akibat oksalat, batasilah santapan tinggi kadar senyawa ini. Kamu pun disarankan untuk mengurangi konsumsi garam dan menambah asupan kalsium, yang turut dapat mengurangi jumlah penyerapan oksalat.

Selain itu, kamu juga dianjurkan untuk minum air putih yang cukup. Kandungan sitrat yang terdapat pada lemon juga dapat membantu mencegah terbentuknya batu ginjal.

Apakah Ada Manfaat Mengonsumsi Es Teh Manis?

Selama tidak berlebihan, es teh manis juga mempunyai manfaat bagi tubuh - OkayDoc

Minum es teh manis, asal tidak berlebihan ternyata berpotensi memberikan manfaat untuk kita, lho. Mengonsumsi minuman manis dipercaya dapat membantu mengurangi kecenderungan seseorang mengalami suasana hati buruk dalam jangka pendek.

Pasalnya, otak manusia memerlukan glukosa (gula) sebagai sumber energi. Tak hanya itu, perubahan kadar gula dalam tubuh juga dapat memengaruhi fungsi eksekutif otak yang berhubungan dengan kemampuan seseorang untuk mengontrol perilakunya.

Kurangnya kadar glukosa dalam tubuh dipercaya membuat seseorang lebih mudah marah. Sebaliknya, saat kadar glukosa yang cukup, sifat agresi tersebut dapat berkurang.

Namun, wajib diingat bahwa penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mendukung potensi minuman manis ini. Jadi, jangan terlena, kamu tetap perlu menghindari minum es teh manis secara berlebihan, ya.

BACA JUGA
  • Jangan Remehkan Efek Samping Minum Teh Hijau pada Tubuh
  • 10 Manfaat Minum Teh dan Aturan Aman Menyajikannya!

Setelah mengetahui bahaya minum es teh manis berlebih, kamu diharapkan dapat lebih berhati-hati dalam mengonsumsinya. Untuk menghindari risiko yang dapat ditimbulkan, kamu disarankan untuk tidak menambahkan gula berlebih saat minum teh.

Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan manfaat teh secara utuh. Selain itu, jangan lupa juga untuk rutin berolahraga agar tubuh senantiasa sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Sumber

Sugar: Not So Sweet. https://www.everydayhealth.com/healthy-recipes-pictures/sugar-not-so-sweet.aspx#09. Accessed on November 9th, 2018.

15 Sugary Drinks That Are (Almost) as Bad for You as Soda. https://www.health.com/food/sugary-drinks-bad-soda?slide=327251#327251. Accessed on November 9th, 2018.

10 Evidence-Based Health Benefits of Black Tea. https://www.healthline.com/nutrition/black-tea-benefits#section7. Accessed on November 9th, 2018.

Drink A Lot of Iced Tea? Watch Out for Kidney Stones. https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/0803/drink-a-lot-of-iced-tea-watch-out-for-kidney-stones.aspx. Accessed on November 9th, 2018.

Sweet Tea "Soothes Stress". https://www.nhs.uk/news/mental-health/sweet-tea-soothes-stress/. Accessed on November 9th, 2018.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Herba
6 Manfaat Goji Berry, Si Merah dengan Potensi Melimpah!
Annisa Trimirasti
04 Jul 2018
Gangguan Kesehatan
Yakin Kamu Bebas dari Penyebab Diabetes Melitus?
Maya Ligina
24 Nov 2017
Gangguan Kesehatan
Waspada, Ini Bahaya Sering Menahan Kencing Saat Mudik!
Annisa Trimirasti
08 Jun 2018
Pengobatan
Catat 5 Penyebab Batu Ginjal Paling Umum Ini!
Annisa Trimirasti
02 Nov 2017
Gangguan Kesehatan
Gejala dan Jenis Penyakit Thalasemia yang Perlu Kamu Waspadai
Nina Hertiwi
27 Oct 2018
Gangguan Kesehatan
6 Kelainan pada Otot yang Perlu Kamu Waspadai
Vivi Hermin
30 Sep 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...